Penyebab Ketombe Dan Produk Untuk Mengatasinya


  • Penyebab Ketombe Dan Produk Untuk Mengatasinya
    Ketombe bisa membuat seseorang tidak percaya diri dengan rambutnya. (Foto: Dok. Rocky89/iStock)

    Ketombe adalah salah satu masalah rambut menyebalkan yang dapat dialami pada kulit kepala dan jenis rambut apa pun. Pada rambut orang Indonesia khususnya, ketombe yang berwarna putih sangat bertolak belakang dengan warna hitam, jadi akan sangat terlihat. Hal ini dapat membuat kamu yang mempunyai ketombe menjadi tidak percaya diri.


    Penyebab ketombe

    Ketombe dapat disebabkan oleh beberapa hal. Perhatikan beberapa di antaranya berikut ini.




    1. Tidak mencuci rambut

    Pada dasarnya, frekuensi mencuci rambut setiap orang berbeda tergantung pada kulit kepala orang tersebut juga. Ada yang satu hari setelah keramas sudah berminyak lagi hingga harus mencucinya, ada juga yang sampai hari ketiga masih bertahan sehingga bisa lebih menghemat shampo. Namun, jika mendiamkan rambutmu tidak dicuci karena malas dan sebagainya, rasa gatal akan menyerang.


    Mungkin kamu pernah tahu bahwa minyak alami yang dikeluarkan kulit kepala adalah sebum. Itu benar, dan fungsi sebum untuk melembapkan rambut secara alami dan melindungi setiap helai rambut agar tetap sehat juga benar. Namun, kita juga tetap harus mencuci rambut kita karena akan terasa gatal. Tidak hanya itu, rambut yang tidak dicuci juga akan menimbulkan bau. Terlebih lagi minyak itu dan sel kulit mati akan menumpuk di kulit hingga menyebabkan ketombe.


    penyebab ketombe

    (Rambut berminyak karena tidak mencuci rambut. Foto: Dok. Russaquarius/iStock)


    2. Iritasi kulit kepala


    Iritasi kulit kepala disebut juga dengan dermatitis seboroik. Iritasi kulit kepala ini berupa kulit yang memerah dan juga berminyak. Area kemerahan ini juga dilapisi oleh serpihan kulit kepala berwana putih kekuningan. Iritasi ini juga bisa menyerang bagian tubuh lain yang memiliki banyak kelenjar minyak. Iritasi ini bisa menyebabkan ketombe yang membandel.


    Kamu harus menghindari stres karena dermatitis seboroik ini dikatakan bisa timbul atau bertambah parah saat si penderita sedang stres. Iritasi ini biasanya muncul di kulit kepala. Jangan meremehkan iritasi ini karena bisa menimbulkan infeksi kulit. Meski begitu, dermatis seboroik ini bisa diatasi dengan sampo anti ketombe. Lalu, rajinlah untuk mencuci rambutmu.


    (Baca Juga: 5 Cara Menghilangkan Ketombe)


    penyebab ketombe

    (Kulit kepala kemerahan akibat iritasi. Foto: Dok. Logolis/iStock)


    3. Jamur malassezia sp.


    Jamur malassezia sp ini adalah jamur yang memang hidup di kulit kepala kamu sebagai flora. Kondisi udara yang panas dan lembap biasanya membuat kamu berkeringat. Ini bisa menjadi penyebab pertumbuhan jamur meningkat. Jamur malassezia sp ini menyebabkan penumpukan asam lemak yang tidak tersaturasi sehingga terjadi peradangan yang akhirnya menimbulkan ketombe.


    Beberapa penyebab ini tentunya bisa kita cegah ya dan ada beberapa produk yang bisa kamu pakai untuk mengatasinya


    Rekomendasi produk untuk mengatasi

    Untuk menghilangkan ketombe, ada beberapa produk yang bisa kamu pakai.


    1. Selsun Blue Deep Cleansing

    penyebab ketombe

    (Selsun Blue Deep Cleansing Shampoo. Foto: selsun.com.au)


    Sampo anti ketombe dari Selsun ini mengandung selenium sulfida untuk mengontrol ketombe serta pengelupasan dan gatal-gatal yang kambuh berhubungan dengan ketombe. Diformulasikan dengan campuran pembersih dan conditioner yang baik untuk kulit kepala dan menampilkan hasil rambut kamu yang sehat, lembut, dan teratur. Sampo ini bisa juga digunakan pada jenis rambut normal sampai berminyak.


    2. Natur Shampoo Tea Tree Oil


    Kandungan utama tea tree oil dari produk Natur ini tidak hanya bisa membasmi ketombo, tapi juga kutu rambut. Selain itu, produk shampo ini juga bisa mencegah kulit kepala yang kering dan berminyak jika memiliki kelenjak minyak yang berlebih. Variasi lain dari shampo Natur yang bisa kamu gunakan adalah ekstrak ginseng, yang bisa menghilangkan gatal-gatal akibat ketombe.



    3. L'Oréal Serie Expert Instant Clear


    Salah satu kandungan baik dalam produk shampoo L'Oréal ini adalah alpha phiritone yang bekerja ekstra dalam mengontrol ketombe. Selain itu, kamu bisa mendapatkan efek segar pada kulit kepala sehabis keramas yang tahan lama karena ada kandungan bisabolo juga di dalamnya. Shampo ini juga bisa digunakan untuk kamu yang mempunyai rambut normal sampai berminyak.


    (Baca Juga: 5 Bahan Yang Dapat Menghilangkan Ketombe Membandel)


    Itulah penjelasan mengenai penyebab ketombe dan beberapa rekomendasi produk yang bisa kamu coba. Rambut ketombe yang ringan sebenarnya bisa diatasi hanya dengan shampo anti ketombe yang dijual di pasaran, tapi jika sudah parah segera pergi ke dokter untuk tanya bagaimana cara mengatasinya. Jangan didiamkan hingga menjadi infeksi yang berbahaya ya.


    (Penulis: Vania Ramadina)





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below