Intip 5 Cara Alami Menghilangkan Ketombe Basah Untuk Dicoba


  • Intip 5 Cara Alami Menghilangkan Ketombe Basah Untuk Dicoba
    Cara alami menghilangkan ketombe basah. (Foto: Dok. Tim Mossholder/Pexels)

    Mungkin rasa gatal, bisa juga butiran putih dari kulit kepalamu, ketombe dengan ragam bentuknya sudah jadi salah satu masalah rambut yang sudah dialami oleh tak sedikit orang. Namun, ketika ketombe bercampur dengan produksi sebum berlebihan di kulit kepala, ketombe basah menjadi masalah rambut yang benar-benar harus dicari solusinya.


    Jika sampo hingga produk perawatan rambut yang menjanjikan rambut bebas ketombe belum bisa atasi masalah rambutmu satu ini, mungkin beberapa cara alami menghilangkan ketombe basah bisa jadi solusi yang perlu kamu coba. Penasaran apa saja caranya?




    (Baca Juga: Penyebab Ketombe Dan Produk Untuk Mengatasinya)


    1. Gel lidah buaya


    cara alami menghilangkan ketombe basah

    (Gel lidah buaya. Foto: Dok. Temmuzcan/iStock)


    Banyak khasiat yang tersimpan dalam lidah buaya, memberi manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Tak hanya wajah, gel lidah buaya juga dikenal memiliki manfaat bagi rambut, termasuk mengatasi ketombe basah.


    Dengan kandungan vitamin B, C, dan E sekaligus berbagai enzim yang bersifat membersihkan, gel lidah buaya bisa jadi solusi untuk mengangkat sel kulit mati, minyak menumpukkan, dan membersihkan folikel-folikel rambut yang jadi penyebab munculnya ketombe basah.


    Kamu cukup mengaplikasikan tiga hingga empat sendok makan gel lidah buaya ke seluruh kulit kepala. Lalu, rendam handuk ke air panas dan peras sebelum kamu membungkus rambutmu dengan handuk tersebut. Diamkan selama 30 menit sebelum kamu membilasnya dengan mild shampoo. Perawatan ini bisa kamu lakukan tiga kali seminggu.


    2. Biji kelabat


    cara alami menghilangkan ketombe basah

    (Fenugreek seeds atau biji kelabat. Foto: Dok. Eva Elijas/Pexels)


    Mungkin kamu tak sering mendengar biji-bijian satu ini, tapi bisa jadi biji kelabat adalah solusi yang kamu cari. Banyak orang lebih mengenalnya dengan nama fenugreek, tanaman herbal yang ampuh untuk menyembuhkan berbagai penyakit berat, lalu menurunkan berat badan, sekaligus memiliki manfaat bagi kesehatan.


    Kandungan anti bakteri dan anti jamur di dalam biji satu ini bisa melawan berbagai infeksi yang memperparah kondisi ketombe basah pada rambutmu. Untuk rasakan manfaatnya pada rambutmu, biji kelabat ini kamu rendam semalaman lalu dihancurkan hingga menjadi pasta halus.


    Setelah halus, aplikasikan pada kulit kepala dan diamkan selama 30 menit sebelum kamu cuci dengan sampo ringan. Lakukan perawatan alami ini dua kali seminggu untuk hasil maksimal.


    3. Cuka apel


    cara alami menghilangkan ketombe basah

    (Cuka apel yang menyimpan banyak manfaat. Foto: Dok. Laflor/iStock)


    Cara alami untuk menghilangkan ketombe basah pada rambut juga bisa memanfaatkan apple cider vinegar alias cuka apel. Tak hanya dikenal untuk bantu jaga kesehatan kulit (dan membebaskannya dari jerawat), cuka apel juga bisa jadi obat penghilang ketombe basah.


    Cuka apel yang asam bisa membantu seimbangkan kadar pH di kulit kepalamu sehingga sulit bagi jamur penyebab ketombe untuk tumbuh. Kamu cukup mengisi separuh gelas dengan cuka apel lalu aplikasikan ke seluruh kulit kepala dan memijatnya perlahan. Diamkan selama 10 menit sebelum kamu mencucinya dengan sampo ringan. Pastikan kamu menggunakan kondisioner untuk memastikan helaian rambutmu tetap halus. Tak perlu sering-sering, kamu cukup melakukan perawatan ini satu minggu sekali.


    (Baca Juga: Ketahui 7 Manfaat Lidah Buaya Untuk Rambut)


    4. Minyak kelapa


    cara alami menghilangkan ketombe basah

    (Minyak kelapa bisa atasi ketombe basah. Foto: Dok. Dana Tentis/Pexels)


    Kelapa menyimpan banyak manfaat pada setiap bagiannya, termasuk minyak yang diperas dari daging-daging buahnya. Tak hanya jadi pilihan bagi sebagian orang untuk menurunkan berat badannya dengan pola hidup lebih sehat, minyak kelapa juga jadi memiliki manfaat untuk hilangkan masalah pada rambut. Ketombe basah bukan pengecualian.



    Minyak kelapa memiliki peran untuk meningkatkan kelembapan kulit kepala sehingga mengurangi produksi ketombe, baik basah maupun kering. Perawatannya pun cukup mudah dan bisa kamu lakukan di rumah. Kamu membutuhkan 1-2 sendok makan minyak kelapa untuk diaplikasikan ke seluruh kulit kepala secara merata.



    Diamkan selama 30 hingga 60 menit sebelum membilasnya dengan sampo ringan. Pastikan kamu benar-benar membilasnya hingga bersihkan, kamu tak ingin selesai perawatan malah menghasilkan rambut yang berminyak bukan? Setelah setengah kering, perlahan sisir rambut dari akar hingga ujung rambut untuk memastikan tak ada ketombe yang tersisa.


    5. Minyak pohon teh


    cara alami menghilangkan ketombe basah

    (Tea tree oil bisa jadi solusinya. Foto: Dok. Ronstik/iStock)


    Mungkin kamu lebih familier dengan sebutan tea tree oil, berikut manfaatnya dalam mengatasi jerawat dan psoriasis pada kulit. Kandungan anti mikroba dan anti radang di dalam minyak satu ini rupanya juga terbukti bisa jadi solusi untuk atasi ketombe basah. Tea tree oil menjadi salah satu andalan untuk melawan jamur penyebab ketombe secara efektif.


    Memang kamu tak bisa langsung mengaplikasikan minyak pohon teh ini ke kulit kepala, tapi ada banyak produk yang bisa kamu gunakan untuk merasakan manfaat dari tea tree oil. Kamu bisa membeli produk sampo dengan kandungan tea tree oil sebanyak lima persen atau menambahkan 5-10 tetes minyak esensial pohon teh ke sampo yang kamu pakai sekarang, mengocokknya, lalu aplikasikan ke kulit kepala seperti kamu keramas biasa.


    (Baca Juga: 7 Manfaat Kopi Untuk Rambut Yang Perlu Kamu Tahu)


    Inilah beberapa cara alami menghilangkan ketombe basah yang bisa kamu coba di rumah. Selamat mencoba!





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below