Cara Menghilangkan Ketombe Membandel Dan Gatal, Pasti Ampuh!


  • Cara Menghilangkan Ketombe Membandel Dan Gatal, Pasti Ampuh!
    (4 Cara Menghilangkan Ketombe Membandel dan Gatal. Foto: Dok. VladimirFLoyd/iStock)

    Siapa yang tidak kesal dengan munculnya ketombe pada rambut? Ketombe yang ditandai dengan rasa gatal serta serpihan putih pada kulit kepala tentu akan membuat kamu merasa tidak nyaman dan tidak percaya diri. Menurut Journal of Clinical and Investigative Dermatology, ketombe mulai muncul pada masa pubertas dan mulai mereda di umur 50.


    Sama seperti kulit pada bagian tubuh lainnya, sel-sel kulit mati akan keluar dan mengelupas untuk digantikan dengan kulit baru. Meskipun sel-sel kulit mati biasanya berukuran kecil dan tak kasat mata, sel-sel kulit dapat mengelupas lebih cepat daripada siklus normal. Inilah yang menyebabkan kulit mengelupas dalam gumpalan lebih besar dan berminyak.




    Tingkat keparahan ketombe berbeda untuk setiap orang, ada yang mudah diobati, namun ada juga yang memerlukan perawatan obat yang disetujui oleh dokter kulit. Sebelum mengetahui cara menghilangkan ketombe membandel dan gatal, kamu harus tahu terlebih dahulu faktor-faktor yang memicu munculnya ketombe.


    (Baca Juga: Penyebab Ketombe Dan Produk Untuk Mengatasinya)


    Apa Penyebab Munculnya Ketombe Membandel dan Gatal?

    Cara Menghilangkan Ketombe Membandel dan Gatal

    (Penyebab Munculnya Ketombe Membandel dan Gatal. Foto: Dok. Jay_Zynism/iStock)

    Kulit kering dan sensitif merupakan penyebab umum munculnya ketombe membandel dan gatal. Selain kulit sensitif, ketombe akan semakin merajalela ketika kamu sedang stres atau sakit. Sebuah jamur bernama malassezia melakukan reaksi berlebihan ketika kekebalan tubuh sedang lemah. Malassezia merupakan jenis jamur yang terdapat pada kulit kepala dan menyebabkan kulit berketombe.


    Penyebab lainnya adalah kebersihan kulit kepala. Semakin lama kamu membiarkan rambut kamu tanpa mencucinya, semakin banyak juga ketombe yang akan muncul. Perlu diingat bahwa rambut yang kotor dapat menyebabkan minyak dan sel-sel kulit mengendap, inilah yang menyebabkan ketombe semakin terlihat.


    Di sisi lain, keramas terlalu sering juga menyebabkan kulit kepala kering dan memicu munculnya ketombe. Jadi, kamu perlu menemukan keseimbangan di antara keduanya agar kulit kepala tetap lembap namun bebas dari ketombe membandel dan gatal.


    (Baca Juga: Intip 5 Cara Alami Menghilangkan Ketombe Basah Untuk Dicoba)


    Cara Menghilangkan Ketombe Membandel dan Gatal

    Cara Menghilangkan Ketombe Membandel dan Gatal

    (Coba Beberapa Cara Menghilangkan Ketombe Membandel dan Gatal. Foto: Dok. AndreyPopov/iStock)

    Tak perlu panik dengan ketombe yang mengganggu penampilanmu. Beberapa cara menghilangkan ketombe membandel dan gatal berikut ini bisa kamu coba agar kamu bisa tampil lebih percaya diri. Simak beberapa cara berikut ini, yuk!


    1. Penuhi Kebutuhan Probiotik Tubuh

    Cara menghilangkan ketombe membandel dan gatal harus dimulai dari dalam, yaitu dengan mengonsumsi probiotik. Probiotik berfungsi untuk membantu meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan melawan infeksi jamur penyebab ketombe.


    Sebuah penelitian berjudul Beneficial Microbes Journal mengungkapkan bahwa mengonsumsi probiotik selama 56 hari membantu mengurangi ketombe pada 60 orang. Beberapa makanan yang mengandung probiotik adalah tempe, yoghurt, keju, kimchi, dan acar.


    2. Mengganti Sampo dan Mengubah Cara Keramas

    Cara Menghilangkan Ketombe Membandel dan Gatal

    (Gunakan Sampo Yang Tepat dan Ubah Cara Keramas. Foto: Dok. skynesher/iStock)

    Untuk kamu yang memiliki kulit kepala sensitif, kamu harus memilih sampo dengan beberapa kandungan khusus yang cocok untuk menghempaskan ketombe. Kandungan yang harus ada dalam sampo kamu antara lain, tea tree oil, salicylic acids, ketonocazole, coal tar, selenium sulfide, zinc pyritione, sulfur, climbazole, green tea, dan ciclopirox olamin. Kamu bisa mencoba produk Selsun Blue, L’Oreal SerieExpert Instant Clear, Dove Dandruff Care, Pantene Anti Dandruff, dan Erhair Scalp Care.


    Menjaga kebersihan rambut adalah cara menghilangkan ketombe membandel dan gatal paling penting. Kamu harus mengenal jenis kulit kepala kamu terlebih dahuu, Apabila kamu memiliki kulit kepala berminyak, kamu bisa keramas lebih sering. Sedangkan untuk kamu yang memiliki kulit kepala sering, berikanlah beberapa waktu sebelum kamu keramas lagi.


    3. Minyak Zaitun

    Mengandung asam salisilat, selenium sulfide, dan zinc pyrithone, minyak zaitun adalah jawaban untuk masalah ketombe membandel dan gatal. Caranya adalah dengan menyiapkan satu atau dua sendok makan minyak zaitun dan mengoleskannya pada kulit kepala secara merata. Diamkan minyak zaitun selama 10 menit sembari memijat kepala, lalu besihkan ketombe dengan sisir.


    (Baca Juga: 6 Manfaat Baik Minyak Zaitun Untuk Rambut Sehat nan Indah)


    4. Lidah Buaya

    Cara Menghilangkan Ketombe Membandel dan Gatal

    (Lidah Buaya Bantu Hilangkan Ketombe. Foto: Dok. mashuk/iStock)

    Tidak asing lagi, lidah buaya memang sering digunakan untuk produk kosmetik ataupun losion. Lidah buaya mengandung bahan antijamur dan antiradang yang dapat menghilangkan ketombe membandel dan gatal. Untuk menggunakannya, oleskan gel lidah buaya ke atas kulit kepala dan diamkan selama satu jam. Kemudian, bilas kulit kepada dengan air hingga bersih. Cara ini dapat kamu lakukan secara rutin untuk memperoleh hasil maksimal.


    Inilah beberapa cara menghilangkan ketombe membandel dan gatal yang pasti ampuh. Semoga bermanfaat!


    (Penulis: Audrey Josephine)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below