Fashion

Simak 6 Cara Mudah Hilangkan Noda Luntur Pada Baju Berwarna

By : Her World Indonesia - 2023-01-18 16:00:02 Simak 6 Cara Mudah Hilangkan Noda Luntur Pada Baju Berwarna

Saat sedang menyuci pakaian, memang sangat disarankan untuk memisahkan antara baju berwarna dengan baju putih. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi kemungkinan terjadinya noda luntur yang menempel pada baju berwarna putih. Faktanya, terkadang baju bewarna kita juga bisa mendapatkan noda luntur dari baju lainnya. Permasalahannya kita tidak bisa menyelesaikannya dengan menggunakan pemutih pakaian karena malah dapat merubah warna baju.

Tidak perlu khawatir, berikut ini Her World rangkumkan beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan noda luntur pada baju berwarna. Let’s take a look!


1. Campurkan MSG dengan deterjen


(MSG bantu hilangkan noda luntur pada baju berwarna. Foto: Dok.KamranAydinov/Freepik)


Siapa yang sangka MSG ternyata tidak hanya berfungsi sebagai penyedap makanan saja. MSG yang biasanya kita temui dibeberapa jajanan ternyata dapat membantu menghilangkan noda luntur pada pakaian berwarna bila dilarutkan dengan air hangat bersama deterjen. Setelah direndam dengan takaran dua banding tiga selama 10-15 menit kamu bisa langsung mengucek, membilas lalu masukan kembali ke dalam mesin cuci untuk hasil yang maksimal.


2. Meneteskan alkohol


(Tetesan alkohol bantu hilangkan noda luntur pada baju berwarna. Foto: Dok.pvproductions/Freepik)


Cara yang satu ini mungkin sangat efektif bila noda luntur yang kamu dapatkan hanya sedikit. Kamu bisa meneteskan alkohol pada noda luntur hingga noda perlahan mulai memudar. Setelah noda mulai memudar, kamu bisa menyuci kembali pakaian tersebut. Sementara jangan campur pakaian dengan baju lain untuk mencegah terjadinya kelunturan pada baju berikutnya.


(Baca Juga: Cara Cuci Baju Tie Dye Agar Tetap Terawat)


3. Belimbing wuluh


(Belimbing wuluh dapat dengan mudah hilangkan noda membandal. Foto: Dok.edoh_lukman/Instagram)


Bila kamu mencari cara yang alami dan murah, mungkin kamu bisa mencoba menggunakan belimbing wuluh untuk menghilangkan noda luntur pada pakaian kamu. Cara yang perlu dilakukan pun terbilang cukup mudah, kamu tinggal membelah belimbing wuluh menjadi dua bagian. Setelah itu gosokan belimbing wuluh kepada noda yang menggangu. Diamkan baju yang telah digosok selama 30 menit, setelah noda mulai memudar cobalah untuk mencuci kembali baju.


4. Jeruk Nipis dan Garam


(Larutan garam dan jeruk nipis mampu hilangkan noda luntur. Foto: Dok.8photo/Freepik)


Ternyata ada bumbu dapur lain yang dapat kamu gunakan untuk menghilangkan noda luntur pada pakaian. Cobalah untuk menggunakan campuran garam dan jeruk nipis. Cara pengapilakasiannya pun juga sangat mudah, kamu tinggal menggosok noda luntur menggunakan bantuan sikat gigi yang diberikan larutan garam dan jeruk nipis. Pastikan untuk menggosok dengan perlahan untuk menghindari terjadinya kerusakan pada baju. Setelah itu cuci kembali baju hingga bersih.


(Baca Juga: Tips Merawat Baju Warna Hitam Agar Tidak Mudah Pudar)


5. Air soda


(Air soda yang murni bantu menghilangkan noda luntur yang suda lama. Foto: Dok.Patrick Hofrichter/Pexels)


Apakah kamu baru menyadari baju kamu untur beberapa hari setelah dicuci? Tidak perlu khawatir lagi, kamu bisa menggunakan air soda untuk menghilangkan noda luntur sudah cukup lama. Langkah yang harus kamu lakukan ialah merendam pakaian yang luntur dengan menggunakan campuran air soda dan air biasa selama semalaman. Memang terbilang cukup lama, tapi cara ini terbilang efektif untuk menghilangkan noda luntur yang sudah cukup lama. Pastikan untuk menggunakan air soda murni tanpa adanya tambahan gula atau perasa agar tidak membuat baju semakin kotor.



6. Aseton


(Bukan hanya untuk kutek, aseton bantu hilangkan noda akibat luntur pada pakaian berwarna. Foto: Dok.Freepik)


Bagi kamu yang suka mewarnai kuku pasti sudah tidak asing lagi dengan larutan aseton. Cairan ini biasanya digunakan untuk menghapus kutek pada kuku. Faktanya larutan yang satu ini juga dapat kamu gunakan untuk menghilangkan noda luntur pada pakaian kamu. Cukup oleskan larutan aseton hingga noda mulai memudar, setelah itu cuci baju seperti biasa.


(Baca Juga: Cara Menghilangkan Noda Tinta Di Baju)


Berikut itu telah Her World rangkumkan beberapa cara untuk menghilangkan noda luntur pada baju berwarna. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!


(Penulis: Brigitta T.Halim)


Fashion