Cara Menghilangkan Noda Tinta Di Baju


  • Cara Menghilangkan Noda Tinta Di Baju
    Ada beberapa cara menghilangkan noda tinta di baju. (Foto: Dok. Thirdman/Pexels)

     Adanya noda terkadang menganggu penampilan kamu. Noda tersebut bahkan dapat memberikan kesan tidak rapih dan tidak terawat. Rasa malas pun terkadang hadir jika kamu tidak tahu cara menghilangkan noda tinta di baju walaupun sudah dicoba dengan cara cuci baju pada biasanya di mesin cuci.


    Bermacam noda dapat kita temukan pada baju jika kamu mendiamkan dan tidak membersihkannya. Noda dapat dihasilkan dari makanan serta minuman, genangan air di jalan, cat, atau bahkan yang sering kali ditemui, tinta dari alat tulis. Tinta bahkan dapat meninggalkan noda pada permukaan kulit sekali pun. Simak beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan noda tinta di baju berikut ini.




    (Baca Juga: Cara Menghilangkan Noda Anggur Merah di Gaun Pengantin)


    1. Menggunakan pemutih

    Cara Menghilangkan Noda Tinta di Baju

    (Cara menghilangkan noda tinta di baju dengan pemutih. Foto: Dok. Anna Shvets/Pexels)


    Cairan yang satu ini dapat menghilangkan noda tinta dengan cepat dan tidak berbekas. Namun, perlu diperhatikan bahwa pemutih digunakan hanya untuk pakaian yang berwarna putih pula. Jika kamu menggunakannya untuk pakaian berwarna, maka kamu tidak akan mendapatkan hasil yang kamu inginkan. Karena pemutih tersebut justru akan meninggalkan noda lainnya pada baju kamu, bahkan akan bisa membuatnya pudar ataupun menghilangkan warna aslinya.

    Jika kamu ingin menggunakan pemutih untuk noda tinta di bajumu, kamu cukup menyampurkannya ke dalam mesin cuci ataupun air yang akan kamu gunakan untuk menggosok bajumu. Kamu pun bisa menuangkan cairan pemutih tersebut langsung ke noda yang ada pada baju. Setelah itu cuci bersih, keringkan, dan bajumu akan kembali tanpa noda seperti semula.


    2. Merendam baju sebelum mencucinya

    Cara Menghilangkan Noda Tinta di Baju

    (Cara menghilangkan noda tinta di baju dengan merendam. Foto: Dok. Teona Swift/Pexels)


    Yang kamu bisa lakukan sebelum mencuci baju bernoda adalah dengan merendam baju tersebut terlebih dahulu. Dengan merendamnya, diharapkan noda yang ada di baju akan meluruh dan juga larut dalam air. Ada baiknya kamu pisahkan antara pakaian putih dan berwarna. Kamu bisa menggunakan pemutih dalam air baju yang telah disiapkan untuk baju putih yang terkena noda. Untuk pakaian berwarna, kamu dapat menggunakan deterjen secukupnya yang kamu rasa cukup untuk mengangkat noda tersebut.

    Cukup lakukan ini selama 1-5 jam. Kemudian peras pakaian bernoda tersebut untuk kembali dicuci dengan deterjen. Kamu dapat melihat panduan mencuci baju tersebut dengan menggunakan mesin cuci. Jika mencuci dengan tangan, bisa pula disesuaikan. Yang terpenting adalah jangan lupa untuk menggosok dan membilas pakaian tersebut.


    3. Menggunakan alkohol dan garam

    Cara Menghilangkan Noda Tinta di Baju

    (Cara Menghilangkan Noda Tinta di Baju dengan menggunakan alkohol. Foto: Dok, Anna Shvets/Pexels)


    Selain menggunakan pemutih dan juga deterjan, bahan lain yang kamu bisa gunakan adalah alkohol dan garam. Selain dapat menggunakannya untuk membersihkan luka di tubuh, alkohol juga dapat digunakan untuk membersihkan noda tinta.


    (Baca Juga: Cara Membersihkan Paes dengan Mudah)


    Kamu cukup menuangkan alkohol dengan takaran yang biasa digunakan untuk pemutih, di tempat noda tersebut berada, Kemudian, kamu bisa menggosokkan untuk menghilangkan noda dengan kain bersih. Selanjutnya, kamu rendam kembali baju bernoda tersebut ke dalam air yang telah dicampur dengan garam selama 1-3 jam. Langkah selanjutnya adalah dengan mencucinya kembali seperti biasa di mesin cuci ataupun dengan tangan.


    Beberapa cara tersebut dapat kamu coba sendiri di rumah untuk menghilangkan noda tinta di baju. Jangan lupa untuk menyiapkan bahan pembersih yang dibutuhkan, di antaranya adalah pemutih baju, deterjen, alkohol, dan garam.


    Pakailah bahan-bahan tersebut secukupnya yang kamu rasa akan cukup untuk menghilangkan noda. Sebagian bahan tersebut ke dalam golongan yang keras, jadi sangat penting untuk penggunaan secukupnya guna menghindari kerusakan pakaian. Namun, jangan juga menggunakan bahan tersebut terlalu sedikit karena kemungkinan akan masih meninggalkan bekas walaupun sudah sangat pudar.


    Nah, kamu sudah tahu sekarang bagaimana cara menghilangkan noda tinta. Namun perlu diingat untuk sebisa mungkin menghindari agar noda apapun tidak mengenai pakaian kita. Berbagai noda dapat menyusahkan kita tidak hanya pada pakaian, salah satunya adalah noda tinta di dompet yang bahannya terbuat dari kulit. Untuk itu, menghindari terkenanya noda di pakaian kita adalah hal yang penting. Kamu bisa menggunakan baju berlapis salah satunya untuk menghindari noda, ataupun merencanakan pemakaian baju tersebut ke acara atau tempat yang dirasa jauh dari noda.


    (Penulis: Vania Ramadina)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below