Cara Cuci Baju Tie Dye Agar Tetap Terawat


  • Cara Cuci Baju Tie Dye Agar Tetap Terawat
    Perhatikan beberapa cara cuci baju tie dye ini agar tetap terawat. (Foto: Dok. Unsplash)

    Tie dye atau ikat celup merupakan teknik mewarnai kain dengan mengikat pada bagian dan cara tertentu sebelum dicelupkan ke cairan pewarna. Saat ini, banyak jenis baju yang memiliki motif tie dye, seperti kaos, kemeja, hingga celana yang biasanya dikenakan sebagai loungewear. Untuk menjaga kualitasnya, simak cara cuci baju tie dye agar tetap terawat di bawah ini.


    (Baca Juga: 6 Brand Lokal Keluarkan Motif Tie Dye Untuk Tampil Stylish)




    Pisahkan dengan baju lainnya

    Memisahkan baju tie dye-mu dengan baju yang lain dapat dilakukan agar tidak melunturkan baju lain dan warna tie dye tidak rusak. Kamu juga dapat menggunakan air dingin agar warnanya lebih stand out dan tidak cepat memudar.



    Hindari penggunaan mesin cuci

    Kualitas baju tie dye akan lebih terjaga jika kamu mencucinya dengan tangan sehingga kecepatan menggosoknya dapat diatur dan deterjen yang digunakan pun dapat disesuaikan. Mencucinya dengan tangan sesungguhnya hanya perlu dicelup dan diangkat beberapa kali. Ini juga dilakukan untuk menjaga kualitas warna agar tidak luntur.


    Sementara untuk sisa sabun dapat dibersihkan dengan air mengalir dan kamu dapat membersihkan noda yang menempel pada baju dengan sikat halus secara perlahan.


    (Baca Juga: 15 Cara Merawat Pakaian Putih)


    Hindari menjemur secara langsung di bawah sinar matahari

    Berbeda dari baju lainnya, motif tie dye ini justru harus menghindari paparan sinar matahari secara langsung untuk menjaga warnanya tidak cepat pudar. Kamu cukup meletakkannya di tempat yang terkena cukup banyak angin agar cepat kering.



    Itulah cara cuci baju tie dye agar tetap terawat yang dapat kamu terapkan.



    (Penulis: Aurelia Gracia)