Hair & beauty

Memiliki Bau Badan? Ini 6 Cara Menghilangkannya Secara Alami

By : Her World Indonesia - 2023-01-17 18:00:01 Memiliki Bau Badan? Ini 6 Cara Menghilangkannya Secara Alami

Bau badan nampaknya menjadi masalah untuk hampir semua orang. Hal ini karena dapat membuat ketidaknyamanan baik untuk diri sendiri maupun orang sekitar. Bau badan yang dialami juga dapat menghambat berbagai pekerjaan dan aktivitas.

Penyebab dari bau badan ini sebenarnya sangatlah beragam. Mulai dari genetik, olahraga, kecemasan dan lain-lain. Tidak perlu khawatir lagi, kamu masih dapat menghilangkan bau badan dengan mudah dan dengan cara-cara alami. Berikut ini Her World rangkumkan beberapa kebiasaan dan cara alami yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan bau badan. Let’s take a look!


1. Mandi rutin


(Mandi rutin bantu kurangi bau badan. Foto: Dok. valuavitaly/Freepik)


Bau badan yang muncul faktanya memang sangat menggangu untuk diri sendiri. Beberapa hal yang tidak kita sadarai ternyata bau badan juga bisa muncul karena kebiasaan kita sehari-hari, salah satu contohnya ialah malas mandi. Saat bau badan sudah terlanjur muncul, sangat disarankan untuk mandi secara rutin minimal satu kali sehari. Kebutuhan akan mandi tentunya juga disesuaikan dengan tingkat dan jenis aktivitas yang kamu lakukan. Semakin sering kamu beraktivitas yang menimbulkan keringat sangat disarankan untuk langsung mandi, agar menhindari bertumbuhnya bakteri yang dapat menyebabkan bau badan.


2. Pemilihan sabun mandi


(Sabun mandi anti bakteri bantu membunuh kuman penyebab bau badan. Foto: Dok. rawpixel/Freepik)

Bila ternyata mandi secara rutin masih belum berpengaruh terhadap bau badan kamu, cobalah untuk mengganti jenis sabun mandi. Sangat disarankan untuk mengganti sabun mandi kamu biasanya dengan sabun khusus anti bakteri. Jangan lupa untuk menggosok bagian-bagian lipatan badan seperti ketiak, lipatan leher dan daerah bawah payudara yang memang sangat rentan dengan keringat. Setelah itu pastikan untuk mengeringkan badan kamu dengan benar, untuk menghindari terjadinya kondisi lembap yang menumbuhkan bakteri


(Baca Juga: Ini 4 Penyebab Bau Badan Yang Perlu Kamu Tahu)


3. Mengatur pola makan

(Makanan juga dapat berpengaruh terhadap bau badan Foto: DokFreepik)

Siapa yang menyangka, ternyata bau badan juga bisa disebabkan dari apa yang kita konsumsi. Hal ini terjadi karena beberapa makanan memiliki bau yang cukup kuat yang dapat keluar dari pori-pori kulit ketika kamu sedang berkeringat. Beberapa makanan yang dapat menyebabkan bau badan diantaranya ialah bawang-bawangan dan keju. Tidak berhenti sampai di situ, beberapa makanan ternyata juga dapat meningkatkan produksi keringat, beberapa diantaranya ialah minuman yang mengandung kafein dan alkohol. Kamu sangat disarankan untuk mengurangi atau tidak mengonsumsi makanan yang mengandung bahan-bahan pemicu bau badan.


4, Mengonsumsi air putih

(Air putih dapat membantu mengeluarkan bakteri penyebab bau badan Foto: Dok pressfoto/Freepik)

Saat ini berbagai minuman berasa sangat digemari dan menjadi kebiasaan baru oleh berbagai kalangan khususnya anak muda. Kebiasaan ini terkadang membuat kita sering lupa untuk mengonsumsi air putih yang cukup untuk badan. Ternyata mengonsumsi air putih yang banyak dapat membantu mengeluarkan bakteri dan pantogen yang menyebabkan bau badan. Air putih juga dapat menjadi penetral yang baik dan aman untuk kondisi badan kamu.


(Baca Juga: 7 Penyebab Bau Badan Yang Tidak Banyak Orang Tahu)


5. Pemilihan pakaian

(Pakailah pakian yang menyerap keringat saat mengalami bau badan Foto: Dok lookstudio/Freepik)


Pakaian yang biasanya kamu gunakan ternyata bukan hanya berpengaruh terhadap penampilan tapi juga terhadap bau badan kamu. Saat sedang mengalami bau badan, cobalah untuk menggunakan pakaian dengan sirkulasi yang baik dan mampu menyerap keringat. Kamu bisa menggunakan pakaian berbahan katun, sutra atau wol yang memang memiliki daya serap yang baik terhadap keringat.


6. Menggunakan lemon

(Lemon berfungsi sebagai antiseptik alami Foto: Dok Freepik)


Lemon rupanya terbukti ampuh untu mengurangi bau badan. Hal ini karena lemon memiliki kandungan asam dan antiseptik alami yang dapat dengan baik membunuh bakteri penyebab bau badan. Kamu dapat mengoleskan lemon di ketiak untuk menghilangkan racun serta pemicu lain dari bau badan.


(Baca Juga: 10 Cara Menghilangkan Bau Ketiak Secara Alami)


Berikut itu beberapa kebiasaan dan cara yang bsa kamu lakukan untuk mengurangi bau badan secara alami. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!


(Penulis: Brigitta T.Halim)



Hair & beauty