Ini 4 Penyebab Bau Badan Yang Perlu Kamu Tahu


  • Ini 4 Penyebab Bau Badan Yang Perlu Kamu Tahu
    Penyebab bau badan. (Foto: Dok. Katleho Seisa/iStock)

    Semua manusia secara alami memiliki bau badan. Bau badan dalam istilah medis disebut dengan bromhidrosis. Bau badan ini dihasilkan oleh kelenjar yang ada di kulit. Dua kelenjar yang berperan untuk bau badan manusia adalah kelenjar ekrin dan apokrin. Kelenjar ekrin berada di daerah terbuka dan menghasilkan keringat berupa air dan garam.


    Sedangkan, kelenjar apokrin berada dimana folikel rambut berada atau daerah yang berambut. Kelenjar apokrin melepaskan keringat saat suhu tubuh naik, dan ketika sedang stress mengeluarkan cairan seperti susu. Keringat tersebut bercampur dengan bakteri hingga memunculkan bau, yaitu bau badan atau bau tidak sedap itu sendiri.




    Tidak hanya bakteri yang bercampur dengan kelenjar keringat, ada juga penyebab bau badan lainnya. Beberapa di antaranya kita telah mengetahui, tapi simak lagi penyebabnya di bawah ini.


    1. Tidak mandi teratur

    Kita semua tahu bahwa mandi atau membersihkan diri adalah salah satu kegiatan yang harus dilakukan dalam sehari. Banyak orang yang merasa sangat malas untuk mandi sehingga jika tidak ada keperluan yang mendesak, mereka tidak merasakan kebutuhan untuk mandi dan memutuskan untuk tidak mandi.


    Padahal, seseorang haruslah mandi paling tidak sekali dalam sehari. Walaupun kebanyakan kegiatan dilakukan di rumah dalam masa pandemi, bukan berarti badan tidak kotor karena tidak terpapar kotoran dari luar.


    Ingatlah bahwa debu dan kotoran ada setiap hari, dan badan kita bisa menjadi kotor kapan pun dan di mana pun. Untuk itu, kita perlu mandi. Perhatikan bagian tubuh yang biasa menghasilkan keringat saat dibersihkan, seperti ketiak. Bersihkan secara menyeluruh dengan menggunakan sabun. Sebab mandi adalah salah satu cara menghilangkan bau badan yang efektif dan mudah.


    penyebab bau badan

    (Mandi adalah salah satu cara untuk menghilangkan bau badan. Foto: Dok. Tristan Malpelli/Pexels)


    2. Tidak memakai deodoran atau pengharum ketiak


    Setelah selesai mandi, deodoran kini menjadi salah satu bagian penting dalam mencegah bau badan. Tidak diragukan lagi ketiak bisa menjadi salah satu sumber terbesar untuk bau tidak sedap karena baunya bisa menempel dan menyebar ke seluruh badan. Sadar akan hal itu, banyak orang menggunakan deodoran untuk ketiaknya.


    Deodoran sendiri jenisnya bermacam-macam. Deodoran dapat digunakan oleh wanita dan pria. Ada yang dikhususkan untuk ketiak basah, deodoran yang cepat kering, dan sebagainya. Kita juga bisa memilih jenis pengaplikasian yang seperti apa untuk ketiak kita, pada umumnya antara roll on atau spray, serta kandungan dari deodoran itu sendiri apakah mengandung alkohol atau bahkan bahan yang vegan friendly.


    Sesuaikan produk deodoran dengan kebutuhan kulit kita. Untuk wangi yang lebih, kita juga bisa menambahkannya dengan parfum.


    (Baca Juga: Oops! Ternyata, 7 Makanan Ini Bisa Jadi Penyebab Bau Badan)


    3. Obat-obatan dan alkohol yang dikonsumsi


    Jika seseorang dalam masa penyembuhan, mengonsumsi obat adalah salah satu cara yang banyak ditempuh dalam prosesnya. Kita pasti tahu bahwa kebanyakan obat pada dasarnya memiliki efek samping yang ditimbulkan juga.


    Salah satunya adalah bau badan. Obat-obatan tertentu memiliki efek samping produksi keringat yang berlebih, sehingga berpotensi menimbulkan bau badan. Obat-obatan seperti antipsikotik dan antidepresan adalah salah satu obat penyebab bau badan. 


    Selain itu, alkohol yang dikonsumsi juga bisa menjadi penyebab bau badan. Alkohol yang masuk ke dalam aliran darah akan keluar melalui nafas dan keringat. Oleh karena itu, alkohol juga beresiko menimbulkan bau mulut. Konsumsi alkohol sendiri memang harus diperhatikan, karena salah satunya juga bisa menyebabkan bau badan.


    4. Obesitas


    Mungkin ini salah satu penyebab bau badan yang kurang banyak diketahui oleh orang. Saat memiliki berat badan yang berlebih, lipatan di tubuh biasanya memiliki banyak pori-pori. Area tersebut biasanya hangat dan beruap, sehingga bakteri penyebab bau badan dapat berkembang dengan mudah dan bau muncul begitu saja.


    (Baca Juga: 10 Cara Menghilangkan Bau Ketiak Secara Alami)


    Mempunyai bau badan tentunya bisa menganggu kenyamanan orang lain di sekeliling kita. Orang akan menjauh dan tidak ingin dekat secara fisik demi menghindari bau tersebut. Untuk itu, penting halnya bagi kita untuk sadar akan penyebab bau badan dan berusaha menghindarinya. Kita pun pasti tidak ingin berada di dekat orang yang mempunyai bau tidak sedap. Maka dari itu, tetap jaga kebersihan diri ya. 


    (Penulis: Vania Ramadina)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below