7 Penyebab Bau Badan Yang Tidak Banyak Orang Tahu


  • 7 Penyebab Bau Badan Yang Tidak Banyak Orang Tahu
    Penyebab bau badan yang paling umum terjadi pada seseorang. (Foto: Dok. Cliff Booth/Pexels)

    Bau badan dapat merusak penampilan. Sebagus apapun gaya busana yang dikenakan jika mempunyai masalah bau badan, maka aura positif dari dalam diri tidak akan terpancar. Tahukah kamu, penyebab bau badan yang paling umum adalah karena malas menjaga kebersihan tubuh serta jarang berganti pakaian ketika keringat sudah menumpuk.


    Menurunkan kepercayaan diri seseorang, agar bau badan tidak semakin parah, mulailah untuk memperhatikan keberhasihan tubuh dengan rajin mandi menggunakan sabun berbahan dasar mentol. Pasalnya sabun mentol yang memberikan sensasi dingin dapat mengatasi penyebab bau badan akibat keringat setelah beraktivitas seharian di luar rumah.




    (Baca Juga: 10 Cara Menghilangkan Bau Ketiak Secara Alami)


    Selain malas mandi dan jarang berganti pakaian, inilah deretan penyebab bau badan yang wajib kamu tahu. Simak baik-baik supaya dapat menghindari bau badan agar tidak mengganggu aktivitas bersosialisasi.


    1. Kelebihan berat badan

    Penyebab bau badan

    (Kelebihan berat badan merupakan penyebab bau badan paling umum. Foto: Dok. Towfiqu barbhuiya/Pexels)


    Salah satu penyebab bau badan paling umum yang sering ditemukan pada orang-orang adalah karena kelebihan berat badan. Sebab lipatan kulit pada orang gemuk bisa menahan keringat dan bakteri lebih banyak. Hal inilah yang menciptakan penyebab bau badan susah hilang meski sudah memakai deodoran dan minyak wangi.

    Untuk menghindari bau badan semakin menyengat, orang dengan kelebihan berat badan harus melakukan diet secara bertahap dan mandi dengan bersih agar tumpukan mikroorganisme penyebab bau badan berkurang. Jangan lupa juga lakukan olahraga untuk menghilangkan lemak di tubuh.


    2. Mengidap penyakit tertentu

    Penyebab bau badan tidak selalu diidentikan dengan keringat karena produktif beraktivitas di luar rumah. Mengidap penyakit tertentu juga kemungkinan besar menjadi salah satu penyebab bau badan susah hilang.

    Biasanya orang yang mengidap penyakit diabetes parah lebih memiliki bau badan menyengat ketika berkeringat. Meski tidak semua pengidap diabetes parah punya bau badan yang mengganggu, umumnya diabetes parah (ketoasidosis diabetikum) membuat tubuh seseorang memecah asam lemak untuk berubah jadi bahan bakar. Hal inilah yang kemudian jadi penyebab bau badan semakin buruk.


    3. Stres

    Siapa sangka jika stres dapat menjadi penyebab bau badan seseorang? Jangan anggap sepele, penyebab bau badan karena stres dapat dipicu faktor rasa cemas dan takut yang berlebihan. Stres berlebihan akan merangsang tubuh lebih banyak mengeluarkan keringat sehingga membuat badan lebih cepat bau.


    (Baca Juga: Inilah 5 Makanan Pemicu Bau Badan)


    4. Parfum yang bercampur keringat

    Tidak ada salahnya mengaplikasikan parfum sebanyak mungkin ke tubuhmu. Tetapi resiko yang harus ditanggung ketika memakai parfum secara berlebihan adalah dapat membuat bau badan semakin menyengat.

    Aroma tidak sedap dan aneh yang ditimbulkan dari tubuhmu meski sudah menggunakan parfum disebabkan karena tercampurnya partikel parfum dengan keringat. Tanpa kamu sadari, jika kamu menyemprotkan parfum ketika berkeringat maka akan membuat bau badanmu jadi tidak sedap.


    5. Gangguan metabolisme

    Penyebab bau badan

    (Penyebab bau badan bisa terjadi karena kamu sedang mengalami gangguan metabolisme. Foto: Dok. Cottonbro/Pexels)


    Penyebab bau badan yang kamu alami saat ini bisa saja terjadi karena gangguan metabolisme. Dikenal dengan istilah kondisi trimethylaminuria, gangguan metabolisme ini membuat tubuh kehilangan kemampuan untuk memecah hormon trimetilamina yang terkandung dalam makanan tertentu.

    Hormon tidak terpecah ini kemudian dikeluarkan lewat urin, keringat, dan napas sehingga bau yang dihasilkan terkadang beraroma amis. Tidak hanya bisa diatasi dengan rajin mandi dan memakai deodoran, bau badan akibat trimethylaminuria perlu mengonsumsi antibiotik dan menggunakan sabun asam untuk menghilangkan aroma tidak sedap.


    6. Mengonsumsi makanan dan minuman tertentu

    Banyak sekali makanan dan minuman yang sering kamu konsumsi dapat menyebabkan bau badan. Penyebab bau badan paling populer, makanan yang mengandung bawang putih dan bawang merah dapat memperparah kondisimu saat ini.

    Alangkah baiknya, untuk menghindari dulu makanan-makanan yang memiliki bawang putih dan bawang merah di dalamnya untuk meminimalisir bau badan semakin menyengat. Sedangkan minuman yang mengandung kafein tinggi seperti kopi dapat memicu bau tidak sedap di area ketiak.

    Maka dari itu, bagi kamu yang hobi mengonsumsi kopi setiap hari cobalah untuk menguranginya pelan-pelan demi menghindari bau badan serta menjaga kesehatan gigi supaya tidak menguning.


    7. Bahan kain pakaian yang dikenakan

    Penyebab bau badan

    (Salah memilih bahan kain juga faktor penyebab bau badan. Foto: Dok. Liza Summer/Pexels)


    Sebelum membeli pakaian, ada baiknya untuk teliti lebih dulu bahan yang digunakan. Jika salah langkah memilih pakaian, hal ini akan menjadi penyebab bau badan jadi beraroma tidak sedap.

    Hindarilah membeli pakaian dengan bahan dasar yang terbuat dari kain rayon, polyester, dan nilon. Sebab ketiga kain ini tidak efektif dalam menyerap keringat sehingga membuat bakteri penyebab bau badan cepat berkembang biak.

    Supaya penampilan makin keren tanpa bau badan yang menyengat, pilih pakaian dengan bahan dasar kain katun, sutra, dan wol. Selain mampu menyerap keringat dengan baik, ketiga jenis kain ini juga tidak akan membuat kamu kegerahan.


    (Baca Juga: Inilah 5 Rekomendasi Produk Untuk Memutihkan Ketiak)


    Itulah deretan penyebab bau badan yang wajib kamu ketahui, supaya bisa menghindarinya dari sekarang.



    (Penulis : Nabila Marshanda Aliescha)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Alyssa Daguise Cover Desember 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below