10 Cara Menghilangkan Bau Ketiak Secara Alami


  • 10 Cara Menghilangkan Bau Ketiak Secara Alami
    Bagaimana cara menghilangkan bau ketiak secara alami? (Foto: Dok. Mr.Music/Freepik)

    Ketiak menjadi bagian tubuh yang sering menjadi tempat munculnya keringat berbau. Keringat berbau berasal dari kelenjar apokrin yang biasanya ada pada bagian-bagian lipatan tubuh seperti ketiak. Keringat yang bercampur dengan bakteri akan menimbulkan bau yang tidak sedap. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini 10 cara menghilangkan bau ketiak secara alami. 


    1. Mandi secara teratur




    Ketika selesai berkegiatan sehari-hari, apalagi di bawah teriknya matahari, tubuh pasti akan mengeluarkan keringat yang bisa menimbulkan bau tidak sedap. Biasakan untuk mandi secara teratur dua kali sehari, di pagi dan sore atau malam hari, sehingga tubuh bersih dari bakteri dan kotoran penyebab bau badan. 


    2. Hindari makanan penyebab bau ketiak


    Tak hanya menjaga kebersihan dengan mandi secara teratur dua kali sehari, kamu juga harus mengatur makanan apa saja yang kamu konsumsi. Ada beberapa makanan yang bisa menjadi pemicu bau ketiak, antara lain: minuman beralkohol, kafein, daging merah, bawang-bawangan, makanan cepat saji, alkohol, dan tembakau. Sebaiknya hindari mengonsumsi makanan dan minuman ini dalam jumlah yang banyak. 


    3. Ganti pakaian dengan teratur


    Sisa keringat yang menempel pada pakaian bisa saja sudah tercampur dengan bakteri. Jika pakaian sudah terlalu berkeringat sebaiknya tidak digunakan kembali, karena akan menimbulkan bau yang tidak sedap. Pilihlah pakaian yang dapat menyerap keringat dengan baik dan ganti pakaian dengan teratur. 


    4. Menggunakan deodoran


    Cara yang satu ini adalah salah satu paling sederhana dan tidak boleh dilewatkan ya. Deodoran berguna untuk mencegah bau ketiak. Oleh karena itu, selalu gunakan deodoran sebelum kamu beraktivitas sehari-hari. 


    5. Cuci pakaian dengan bersih


    Tidak hanya badan saja yang wajib untuk dibersihkan, tetapi juga pakaian yang kamu kenakan. Jika pakaian dicuci dengan bersih, kuman dan bakteri penyebab bau badan juga akan ikut hilang. Pakaian yang bersih akan mencegah bau yang tidak sedap. 


    6. Konsumsi daun kemangi


    Kandungan minyak atsiri dalam daun kemangi dipercaya mampu menghilangkan bau ketiak secara alami. Selain itu, daun kemangi dikenal sebagai antiseptik yang ampuh untuk menghilangkan kuman dan bakteri penyebab bau badan. Cukup konsumsi segenggam daun kemangi setiap pagi dan sore. Kamu juga dapat mengolahnya menjadi teh kemangi. Caranya, keringkan kemangi dan haluskan. Kemudian seduh dengan air panas dan saring. Minum rutin dua kali seminggu untuk mencegah bau badan. 


    7. Menggunakan daun sirih


    Daun sirih merupakan bahan alami yang dikenal efektif untuk menghilangkan bau ketiak. Ini berkat kandungan antioksidan di dalamnya. Caranya, cuci bersih sekitar delapan lembar daun sirih. Rebus dengan air dan tunggu hingga mendidih. Kemudian campurkan air rebusan daun sirih dengan air yang kamu gunakan untuk mandi. Lakukan secara rutin, tiga kali dalam seminggu, untuk menghilangkan bau ketiak secara alami. 


    8. Gunakan temulawak


    Temulawak mengandung minyak atsiri dan antioksidan seperti flavonoid dan saponin yang dapat menghilangkan bau ketiak. Caranya cukup mudah, kupas dan parut 30 gram temulawak. Campurkan dengan segelas air hangat, saring dan peras. Tambahkan satu sendok teh (sdt) madu dan minum air perasan temulawak ini satu kali sehari secara teratur selama seminggu. Selamat tinggal bau ketiak!


    9. Gunakan jahe


    Jahe juga mengandung minyak atsiri dan zat-zat lainnya yang berguna untuk mengatasi bau ketiak. Kamu dapat mengolah jahe menjadi minuman nikmat seperti wedang jahe atau teh jahe untuk membantu menghilangkan bau ketiak. 


    10. Kecombrang


    Cara menghilangkan bau ketiak secara alami berikutnya yakni dengan memanfaatkan kecombrang. Hal ini karena batang kecombrang mengandung minyak atsiri, sementara bunga kecombrang kaya akan antioksidan dan zat-zat lain yang bermanfaat bagi tubuh seperti flavonoid, alkaloid, tanin, triterpenoid, polifenol, antimikroba, dan masih banyak lagi. kandungan-kandungan ini bekerja sama untuk menghilangkan bau ketiak dan bau badan. Caranya, tumbuk kasar bunga kecombrang dan batangnya lalu gunakan seperti sabun pada tubuh. Gunakan setiap kali kamu mandi.


    Selamat mencoba!




 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below