Life & health

Selain Kurangi Nyeri Mens, Ini Manfaat Seledri Bagi Pemula

By : Her World Indonesia - 2023-01-05 19:00:02 Selain Kurangi Nyeri Mens, Ini Manfaat Seledri Bagi Pemula

Menjaga kesehatan merupakan salah satu hal penting yang harus selalu diperhatikan. Begitu juga dengan berbagai usaha yang dilakukan, salah satunya melalui makanan. Pastikan kamu selalu mencukupi kebutuhan nutrisi badan melalui makanan yang bergizi dan tepat.


Tidak perlu susah-susah untuk mencari makanan bergizi, karena sebenarnya makanan bergizi ada disekitar kita. Salah satunya ialah daun seledri, siapa yang sangka ternyata seledri memiliki berbagai manfaat untuk tubuh yang jarang diketaui.


Berikut ini Her World rangkuman beberapa manfaat seledri, khsusunya bagi kamu para pemula. Let’s take a look!


1. Mengurangi sakit menstruasi


(Seledri dapat membantu merilekskan otot perut. Foto: Dok.Lifestylememory /freepik)


Menstruasi menjadi siklus yang pasti dialami wanita setiap bulannya. Pada siklus ini pula wanita sering merasakan sakit perut atau nyeri dibagian tubuh lainnya, sesuai dengan keadaan masing-masing.


Nyeri ini terkadang cukup mengganggu dalam beraktivitas. Ternyata seledri dapat kamu gunakan untuk membantu mengurangi sakit akibat menstruasi. Hal ini karena kandungan mineral pada seledri, membantu mengurangi ketegangan di otot perut.


2. Mencegah rontok


(Seledri bantu memperkuat akar rambut dan menyehatkan rambut. Foto: Dok.user18526052/freepik)

Rambut pastinya menjadi salah satu bagian yang mendapatkan perhatian lebih oleh para wanita. Berbagai cara untuk mendapatkan rambut yang sehat pasti dilakukan. Bukan hanya menjaga kesehatan rambut dari luar, kamu juga bisa mulai menambah nutrisi rambut melalui apa yang kamu konsumsi.


Salah satunya dengan mengonsumsi seledri yang bisa kamu jadikan sebagai jus. Seledri sendiri mengandung banyak air yang bantu menghidrasi rambut serta vitamin A untuk memperkuat akar rambut.


(Baca Juga: 4 Manfaat Sehat Mengonsumsi Seledri)


3. Melancarkan pencernaan


(Seledri juga berfungsi untuk membersihkan usus dan mencegah sembelit. Foto: Dok.wayhomestudio/freepik)


Pencernaan menjadi salah satu hal yang harus terus dijaga kesehatannya. Hal ini karena, permasalahan dalam pencernaan malah dapat menimbulkan penyakit lainnya. Seledri menjadi salah satu makanan yang dapat membantu melancarkan pencernaan kamu dengan membersihkan usus dan mencegah terjadinya sembelit.


4. Mencegah pikun


(Seledri bisa jadi salah satu cara preventif terhdap kondisi pikun. Foto: Dok.shurkin_son/freepik)


Seiring bertambahnya usia, terkadang manusia mengalami penurunan kemampuan dalam mengingat atau yang bisa juga disebut dengan pikun. Melihat kemungkinan terjadinya hasl ini, alangkah lebih baik untuk melakukan hal preventif.


Salah satunya dengan mengonsumsi seledri. Seledri sendiri memiliki kandungan 3-n-butylphthalide yang mampu meningkatkan kemampuan kognisi dan memori pada otak.


(Baca Juga: Mengulik 10 Manfaat Jus Seledri Untuk Kesehatan Tubuh)


5. Membantu diet


(Seledri memiliki kandungan tinggi serat sehingga bantu menahan lapar lebih lama. Foto: Dok.rawpixel.com/freepik)


Sudah banyak yang tahu bahwa seledri sendiri merupakan salah satu makanan yang identik dengan diet. Hal ini terjadi karena seledri sendiri ternyata mengandung banyak serat yang membuat kamu lebih mudah untuk kenyang. Bukan hanya itu, kandungan kalorinya yang rendah juga sangat aman untuk kamu yang sedang menjalani program diet.


6. Menurunkan kolesterol


(Seledri juga dapat bantu menjaga tingkat kolesterol. Foto: Dok.rawpixel.com/freepik)


Bukan hanya memiliki jumlah kalori yang rendah, seledri sendiri ternyata dapat membantu menurunkan tingkat kolesterol. Hal ini karena, seledri memiliki kandungan BuPh yang tinggi. Kandungan ini dapat menghambat perkembangan kolesterol jahat serta kadar lemak yang ada di darah.


7. Mencegah kanker


(Kandungan antioksidan di seledri bantu cegah kanker. Foto: Dok.freepik)


Siapa yang menyangka, sayuran yang satu ini ternyata juga ampuh untuh mengurangi resiko terjadinya kanker. Hal ini dikarenakan kandungan antioksidan di dalam seledri yang mampu mencegah penyakit ganas ini. Bukan hanya itu, kandungan apigenin yang ada didalamnya juga mampu menangkal radikal bebas, sebagai salah satu penyebab dari kanker.


8. Menyehatkan mata

(Seledri bantu jaga kesehatan mata Foto: Dok.freepik)


Seperti yang diketahui, vitamin A merupakan vitamin yang sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan mata. Vitamin ini ternyata bukan hanya terdapat di wortel, tapi juga sayuran lain yaitu seledri. Sebagai sumber vitamin A, seledri sangat efektif untuk membantu menjaga kesehatan mata kamu 


(Baca Juga: Tips dan Panduan Diet Sesuai Dengan Golongan Darahmu)


Berikut itu telah Her World rangkumkan manfaat seledri yang wajib kamu tahu. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!


(Penulis: Brigitta T.Halim)


Life & health