Life & health

Hati-Hati Ini 6 Makanan Yang Bisa Sebabkan Bau Mulut

By : Her World Indonesia - 2023-01-03 19:00:02 Hati-Hati Ini 6 Makanan Yang Bisa Sebabkan Bau Mulut

Bukan hanya penampilan yang perlu mendapatkan perhatian khusus, ternyata kesegaran mulut juga wajib untuk dijaga. Hal ini karena, kesegaran mulut dapat berpengaruh kepada kepercayaan diri serta juga kenyamanan kamu dan orang sekitar. Kamu bisa melakukan beberapa perawatan mulut seperti menyikat gigi dan kumur dengan mouthwash untuk menjaga kesegarannya.

Tak hanya merawat di pagi dan malam hari, ternyata ada faktor lain yang dapat mempengaruhi kesegaran mulut kamu yaitu melalui makanan. Hal ini dimulai dengan jenis makanan yang kamu konsumsi setiap harinya. Beberapa makanan terkadang meninggalkan bekas bau yang tidak enak di mulut. Berikut ini Her World rangkumkan makanan yang bisa menyebabkan bau mulut. Let’s take a look!


1. Bawang Putih

(Bawang putih sebabkan bau mulut. Foto: Dok.jcomp/freepik)


Hampir semua orang pasti setuju dan pernah mengalami mulut yang bau setelah mengonsumsi bawang putih. Bukan hanya dengan mengonsumsinya secara utuh, bau mulut ini juga dirasakan ketika kamu mengonsumsi makanan yang menggunakan bawang putih sebagai salah satu bahan yang mendominasi. Beberapa diantaranya seperti makanan lokal ketoprak, atau bahkan makanan pembuka seperti garlic bread. Hal ini ternyata karena bawang putih memiliki kandungan belerang yang cukup tinggi, yang membuat baunya susah hilang meskipun telah menyikat gigi.


2. Keju

(kandungan asam amino di keju sebabkan bau mulut. Foto: Dok.jcomp/freepik)


Keju merupakan salah satu bahan yang sering sekali digunakan dalam pembuatan western food. Banyak olahan makanan enak yang dibuat dari bahan dasar ini, tapi siapa yang sangka ternyata keju menjadi salah satu makanan yang menyebabkan bau mulut. Hal ini dikarenakan asam amino yang terdapat dalam keju bereaksi terhadap bakteri yang ada di dalam mulut sehingga menimbulkan banyaknya produksi hidrogen sulfide di rongga mulut, yang menyebabkan bau mulut.


(Baca Juga: Inilah Cara Menghilangkan Bau Mulut yang Tepat)


3. Tuna kaleng

(Senyawa yang ada di tuna kaleng sebabkan bau mulut. Foto: Dok.azerbaijan_stockers/freepik)


Tidak bisa disangkal, makanan kaleng merupakan makanan yang sangat mudah dan praktis dalam keseharian kita. Di lain sisi, makanan kaleng sendiri memang tidak bagus untuk kesehatan tubuh karena sedikitnya vitamin dan banyaknya bahan pengawet yang digunakan. Siapa yang menyangka, ternyata bukan hanya tidak baik untuk tubuh, makanan kaleng khususnya tuna kaleng juga dapat menyebabkan permasalahan bau mulut. Hal ini ternyata dikarenakan adanya kandungan senyawa asam bernama trimethylamine yang dihasilkan karena adanya proses oksidasi pada makanan kaleng. Senyawa itulah yang membuat munculnya bau mulut.


4. Daging merah

(Protein yang tinngi di daging merah sebabkan bau mulut. Foto: Dok.timolina/freepik)


Daging merah nampaknya merupakan salah satu bahan makanan yang banyak diolah untuk berbagai jenis makanan. Fakta menariknya, ternyata daging merah yang sering kita konsumsi seperti sapi dan kambing dapat menyebabkan bau mulut. Hal ini dikarenakan daging merah memiliki kandungan protein yang tinggi. Saat mengonsumsi protein yang tinggi, tubuh akan mengeluarkan amonia lewat mulut untuk membantu mencerna protein. Keluarnya amonia ke daerah mulut inilah yang menyebabkan bau pada mulut. Bukan hanya itu, beberapa daging yang menyangkut di gigi juga dapat menimbulkan bau yang tidak sedap.


(Baca Juga: Ini 7 Cara Menghilangkan Bau Mulut Untuk Selamanya)


5. Tomat

(Kandungan asam dan pH rendah tomat sebabkan bau. Foto: Dok.stockking/freepik)


Siapa yang menyangka sayuran yang baik untuk badan ini ternyata dapat menimbulkan bau pada mulut. Hal ini dikarenakan tomat memiliki asam serta pH yang rendah, kondisi ini sangat memicu perkembangan bakteri di mulut yang menyebabkan bau mulut. Solusi yang terbaik adalah jangan lupa menyikat gigi serta kumur setelah makan makanan yang kaya akan antioksidan ini.


6. Makanan pedas


(Makanan pedas sebabkan bau mulut. Foto: Dok.emy/unsplash)


Orang Indonesia nampaknya sudah sangat familiar dengan makanan pedas, tapi faktanya ternyata makanan pedas merupakan salah satu penyebab bau mulut. Ada dua alasan mengapa makanan pedas dapat menyebabkan bau mulut. Pertama, makanan pedas juga mengandung senyawa belerang atau asam yang sangat tinggi. Alasan yang kedua, karena senyawa tersebut juga akan bertahan lama di perut, sehingga baunya juga akan naik ke daerah mulut. Bagi kamu yang menyukai makanan pedas, pastikan juga untuk merawat kesegaran mulut secara rutin setelah makan makanan yang pedas.


(Baca Juga: Cara Menghilangkan Bau Mulut Dengan Bahan Alami Ini)


Berikut itu telah Her World rangkumkan makanan pedas yang dapat menyebabkan bau mulut. Semoga bermanfaat!


(Penulis: Brigitta T.Halim)


Life & health