Cara Menghilangkan Bau Mulut Dengan Bahan Alami Ini


  • Cara Menghilangkan Bau Mulut Dengan Bahan Alami Ini
    Bau mulut merupakan salah satu musuh manusia yang harus dibasmi karena dapat mengurangi kepercayaan diri seseorang secara drastis. (Foto: Dok. Diana Polekhina/Unsplash)

    Hampir setiap orang pernah mengalami masalah bau mulut dalam hidupnya. Namun bagi sebagian orang, bau mulut adalah masalah penting yang harus disingkarkan karena akan menganggu kegiatan komunikasi antar individu akibat rasa ketidaknyamanan. Dalam kasus terparah, bau mulut disertai bau badan yang tidak sedap, akan berdampak kurang baik pada hubungan pribadi dan kualitas hidup seseorang. Bau mulut sendiri juga dikenal dengan sebutan halitosis.


    Bau mulut biasanya disebabkan oleh bakteri yang menempel pada bagian gigi dan tumpukan kotoran di lidah. Jadi tidak perlu heran, jika sebagian kasus bau mulut dikaitkan dengan penyakit gusi dan kondisi mulut kering, ketika kelenjar ludah tidak dapat membuat air liur guna menjaga kelembapan mulut. Selain bakteri yang menempel secara alami, bau mulut juga disebabkan makanan dan minuman dengan aroma khas, seperti kopi, bawang merah, bawang putih, atau makanan lain yang memiliki aroma kuat.




    (Baca juga : Inilah Cara Menghilangkan Bau Mulut yang Tepat)


    Tapi tenang saja, masalah bau mulut dapat teratasi secara alami dengan mengonsumsi maknaan dan minuman yang HerWorld Indonesia rangkum berikut ini. Untuk pertolongan pertama, alangkah baiknya dicoba terlebih dahulu.


    1. Teh hijau


    Cara menghilangkan bau mulut secara alami

    (Mengonsumsi teh hijau dicampur daun mint dapat mengurangi aroma bau mulut. Foto: Dok. Arseniy Kapran/Unsplash)

    Teh hijau baik untuk kesehatan mulutmu. Sebab, kandungan antioksidan dalam teh hijau dapat melawan berbagai penyebab bau mulut. Pada dasarnya, polifenol dalam teh hijau berguna untuk mengurangi senyawa belerang dan bakteri mulut yang menjadi penyebab masalah bau mulut. Perpaduan antara seduhan teh hijau dan daun mint bisa kamu manfaatkan untuk mengatasi halitosis dengan cara diminum. Selain itu, meminum teh hijau juga akan membantu membersihkan metabolisme dalam tubuhmu dengan membuang racun melalui BAB.


    2. Apel


    Beberapa buah dan sayuran diciptakan tidak hanya untuk membuat perut terasa kenyang, tetapi juga dapat membantu menghasilkan air liur yang berguna menghilangkan bakteri penyebab bau mulut dan mencegah mulut kering. Dengan menggigit apel, aktivitas mengunyah dapat membersihkan gigi dan mengurangi sisa-sisa makanan yang menempel di sekitar area dalam mulutmu.


    3. Perasan jus lemon


    Biasanya, air lemon dianjurkan untuk dikonsumsi pada pagi atau malam hari dengan suhu yang hangat guna melunturkan lemak. Ternyata, mengonsumsi air perasan lemon juga dapat mengurangi bau mulut, lho. Jus lemon dianggap membantu mengurangi bau mulut, karena sifat antibakterinya yang cukup kuat dalam menetralisir bau.

    Caranya cukup mudah, peraslah dua potong jus lemon ke dalam segelas air putih biasa dan biasakan untuk langsung diminum ketika bangun tidur. Tips lain yang bisa kamu ikuti adalah dengan membawa beberapa irisan lemon untuk kunyah setelah selesai makan, jika kamu sedang ada acara di luar rumah. Sebab, kandungan vitamin C dapat meningkatan produksi air liur, nantinya berguna untuk membantu memperbaiki aroma tak sedap dari mulutmu.


    (Baca juga : Apa Penyebab Bau Mulut Saat Bulan Ramadan)


    4. Permen karet

    Cara menghilangkan bau mulut secara alami

    (Permen karet bisa bantu hilangkan bau mulut. Foto: Cleyton Ewerton/Pexels)


    Mudah ditemukan, saat ini permen karet khusus mengatasi bau mulut sudah berkembang pesat dan banyak diperjual belikan di toko swalayan. Jika ingin membeli permen karet khusus, pastikan permen karet tersebut mengandung bahan dasar utama Xylitol. Pasalnya, Xylitol merupakan pengganti gula yang ditemukan untuk mengurangi tingkat pertumbuhan bakteri penyebab pembusukan dalam air liur. Xylitol sendiri memiliki rasa manis seperti gula, namun tidak berubah menjadi asam penyebab kerusakan gigi. Maka dari itu, kamu harus teliti saat akan membeli permen karet. Jangan sampai asal beli, ya!


    5. Yoghurt


    Pada dasarnya, yogurt kaya akan flora aktif, yang memiliki efek menguntungkan pada bakteri penyebab bau mulut serta kandungan tinggi kalsium dan protein. Sering dikonsumsi ketika dalam masa diet, pastikan kamu membeli yoghurt bebas gula probiotik. Sebab, rutin mengonsumsi yoghurt tawar setiap hari berguna untuk menyerang bakteri penyebab bau mulut yang berkembang biak di dalam area tenggorokan.


    6. Susu


    Cara menghilangkan bau mulut secara alami

    (Susu dengan tinggi lemak dapat dikonsumsi sehari-hari guna mengurangi bau mulut yang beraroma seperti bawang. Foto: Dok. Eiliv-Sonas Aceron/Unsplash)


    Tahukah kamu? Minum segelas susu dapat membantu mengurangi senyawa bau yang dihasilkan oleh makanan tertentu, khususnya bawang putih. Jadi, jika kamu bermasalah dengan kondisi bau mulut beraroma seperti bawang, cobalah untuk meminum susu berjenis full fat milk di pagi hari setelah sarapan dan sebelum sikat gigi di malam hari.


    (Baca juga : 5 Hal yang Bisa Menyebabkan Bau Mulut)


    Mengganggu penampilan dan pasti akan dijauhi oleh teman-teman, bau mulut merupakan salah satu musuh manusia yang harus dibasmi. Dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang HerWorld Indonesia rekomendasikan, jangan lupa juga diiringi dengan pergi konsultasi di dokter spesial dan basuh mulutmu dengan cairan pembersih khusus setelah menyikat gigi. Semoga kamu berhasil menghilangkan bau mulut dengan bahan alami ini ya!



    (Penulis : Nabila Marshanda Aliescha)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Vanesha Prescilla Cover September 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below