Life & health

Bakar Kalori, Ini 5 Manfaat Donor Darah Bagi Wanita Gendut

By : Her World Indonesia - 2022-09-29 12:00:01 Bakar Kalori, Ini 5 Manfaat Donor Darah Bagi Wanita Gendut

Donor darah meruapakan kegiatan rutin tiga bulan satu kali yang bisa dilakukan sebagai salah satu upaya menjaga kesehatan tubuh. Meskipun begitu, masih banyak orang yang khawatir untuk melakukan kegiatan donor darah dengan berbagai alasan. Salah satunya ialah khawatir kekurangan darah, tidak perlu khawatir karena darah sendiri dapat melakukan regenerasi sel dan cairan yang hilang.


Fakta menarik lainnya, donor darah malah memiliki berbagai manfaat, terutama untuk wanita gendut. Berikut ini Her World telah rangkumkan manfaat donor darah bagi wanita gendut yang wajib kamu tahu. Let’s check this out!


1. Menurunkan berat badan

(Donor darah bantu kurangi kalori. Foto: Dok. atlascompany/freepik)


Siapa yang menyangka, kegiatan donor darah ini ternyata malah dapat membantu kamu untuk menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan saat kamu sedang mendonorkan darah, kamu telah membakar 650 kalori. Jumlah kalori ini sama dengan kalori yang kamu keluarkan saat melakukan lari selama 30 menit. Tentunya manfaat yang satu ini akan semakin dapat kamu rasakan bila dapat melakukannya secara rutin, yang disertai dengan pola makan dan olahraga yang juga seimbang.


2. Mencegah penyakit jantung dan stroke

(Donor darah cegah penyakit jantung. Foto: Dok. jcomp/freepik)

Seperti yang diketahui wanita yang memiliki badan gendut memiliki risiko untuk terkena penyakit jantung dan stroke lebih besar. Hal ini dikarenakan penumpukan lemak dan kolesterol yang dapat menyumbat pembuluh darah. Bagi kamu yang khawatir akan hal ini, mungkin kamu dapat mulai melakukan donor darah secara rutin. Hal ini dikarenakan, donor darah dapat menjaga sirkulasi darah dengan melancarkan aliran darah. Aliran darah yang lancar dapat menurunkan resiko terjadinya penyumbatan sehingga dapat membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.


(Baca Juga: 10 Gejala Stroke Ringan Yang Perlu Diwaspadai Sejak Dini)


3. Kurangi risiko kanker

(Donor darah kurangi zat besi berlebih sebagai sumber radikal bebas. Foto: Dok. jcomp/freepik)

Kanker merupakan salah satu penyakit yang sangat ditakuti oleh hampir semua wanita. Agar terhindar dari risiko penyakit kanker, kamu dapat memulai mendonorkan darah. Donor darah ini sendiri membantu mengurangi zat besi yang terlalu berlebih pada tubuh yang biasanya memicu radikal bebas sebagai sumber munculnya kanker.


4. Mendeteksi penyakit secara dini

(Donor darah bantu deteksi penyakit berat. Foto: Dok. rawpixel.com /freepik)


Setelah melakukan donor darah, nantinya darah kamu akan diperiksa lagi secara khusus, agar aman untuk didonasikan. Dalam proses pemeriksaan ini akan lebih mudah mendeteksi apakah kamu memiliki penyakit atau sehat. Beberapa penyakit serius seperti HIV, hepatitis B, hepatitis C, sipilis, dan malaria dapat dengan mudah dideteksi dalam proses ini sehingga penyembuhan pun dapat lebih cepat dilakukan.


5. Memperpanjang usia

(Donor darah bisa memperpanjang hidup. Foto: Dok. jcomp /freepik)


Ternyata melakukan donor darah, bukan hanya memberikan kesempatan untuk memperpanjang usia bagi orang yang mendapatkannya, tetapi juga untuk pendonor. Hal ini dikarenakan dampak psikologis yang ditimbulkan. Menurut beberapa penelitian, menolong orang lain dapat membantu memperpanjang hidup selama empat tahun.


(Baca Juga: Ini Dia Makanan Yang Wajib Dikonsumsi Penderita Darah Rendah)


Bagi kamu yang tertarik melakukan donor darah, kagiatan ini dapat kamu lakukan dengan mengunjungi Palang Merah Indonesia. Setelah melakukan regristasi dan lolos untuk pemeriksaan kesehatan, kamu sudah dapat langsung melakukan donor darah. Ada beberapa hal juga yang harus kamu perhatikan sebelum melakukan donor darah:


1. Tidur yang cukup

Sebelum melakukan donor darah, pastikan kamu mendapatkan tidur yang cukup dan menghindari kegiatan begadang. Hal ini untuk mengurangi efek yang mungkin timbul seperti lemas atau pusing.


2. Makan bergizi

Pastikan untuk mengonsumsi makanan bergizi dengan zat besi yang tinggi seperti daging, sayur dan ikan


3. Minum yang cukup

Agar mengurangi risiko dehidrasi, pastikan untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh dengan mengonsumsi air mineral. Hal ini dikarenakan, saat mendonorkan darah cairan dalam tubuh juga ikut berkurang yang juga bisa menyebabkan penurunan tekanan darah.


(Baca Juga: Wajib Tahu, Ini 5 Penyebab Kurang Darah & Cara Mengatasinya)


Berikut itu telah Her World rangkumkan manfaat yang didapatkan untuk wanita gendut saat melakukan donor darah. Semoga bermanfaat!


(Penulis: Brigitta T.Halim)

Life & health