Life & health

Ini Dia Makanan Yang Wajib Dikonsumsi Penderita Darah Rendah

By : Her World Indonesia - 2022-08-31 11:00:01 Ini Dia Makanan Yang Wajib Dikonsumsi Penderita Darah Rendah

Tekanan darah rendah atau dalam istilah medis disebut dengan hipotensi merupakan kondisi yang tidak boleh disepelekan. Kondisi ini terjadi ketika tekanan darah di dalam arteri lebih rendah dibandingkan normal, yaitu di bawah 90/60 mmHg. Selain memiliki angka tekanan di bawah normal, seseorang dikatakan mengalami tekanan darah rendah apabila mengalami beberapa gejala.


Gejala yang terjadi apabila sedang mengalami hipotensi di antaranya seperti jantung berdebar kencang, pusing, lemas, mual, dehidrasi, pandangan buram, panas dingin, napas pendek, kehilangan keseimbangan, bahkan pingsan.



(Gejala apabila mengalami hipotensi di antaranya adalah pusing. Foto: shutterstock)


Gejala tersebut biasanya dapat diatasi dengan beristirahat dan minum air putih. Agar tidak kambuh, kamu juga dapat mengonsumsi sejumlah makanan yang tepat untuk mengatasi tekanan darah rendah. Salah satu kunci untuk mencegah kambuhnya tekanan darah rendah adalah mengonsumsi makanan yang kaya zat besi, asam folat, dan vitamin B12. Penasaran apa saja? Berikut telah Her World rangkum rekomendasi makanan untuk mengatasi tekanan darah rendah untuk diketahui. Let’s check this out!


1. Makanan tinggi vitamin B12

Untuk kamu penderita tekanan darah rendah, makanan yang mengandung vitamin B12 merupakan salah satu makanan yang baik untuk dikonsumsi. Makanan tersebut di antaranya adalah telur, sarden, tuna, daging sapi, serta susu. Hati sapi juga merupakan salah satu sumber vitamin B12 terbaik. Satu porsi 100 gram hati sapi mengandung jumlah B12 yang sangat tinggi sehingga dapat mengatasi tekanan darah rendah.


2. Makanan tinggi folat

Folat merupakan bentuk alami dari vitamin B9 dan ditemukan dalam berbagai jenis makanan. Dampak apabila tubuh kekurangan folat selain dapat menyebabkan anemia juga dapat menimbulkan hipotensi. Untuk mencegah hal tersebut, maka diperlukan konsumsi makanan tinggi folat. Makanan tersebut di antaranya adalah asparagus, kacang-kacangan seperti kacang almond, kacang merah, kacang polong, dan kacang hijau, sayuran berdaun hijau, brokoli, telur, serta buah jeruk. Buah bit juga dapat digunakan sebagai penambah darah karena mengandung zat besi dan folat tinggi yang dibutuhkan tubuh untuk membentuk sel darah merah. Sehingga, konsumsi buah bit teratur dapat meningkatkan produksi sel darah merah dalam tubuh sehingga sel darah merah yang sudah rusak bisa segera diganti dengan yang baru.



(Makanan tinggi folat untuk mengatasi hipotensi)


(Baca juga: 10 Rekomendasi Makanan Untuk Mengecilkan Perut)


3. Makanan asin atau mengandung natrium

Makanan asin yang mengandung natrium atau garam dapat meningkatkan tekanan darah. Bagi penderita darah rendah, beberapa rekomendasi makanan yang tinggi natrium di antaranya adalah udang, sup kalengan, ikan asap, keju, pizza, daging olahan, kaldu, serta ikan kalengan.


4. Makanan atau minuman yang mengandung kafein

(Kopi merupakan salah satu minuman berkafein tinggi yang berfungsi meningkatkan tekanan darah. Foto: halodoc.com)

Makanan atau minuman yang mengandung kafein, seperti kopi, teh, dan cokelat juga dapat berfungsi untuk meningkatkan tekanan darah untuk sementara waktu. Semakin tinggi kandungan kafein kopi, semakin besar efeknya pada tekanan darah. Dalam sebuah penelitian, peningkatan tekanan darah berlangsung dalam satu jam pertama setelah mengonsumsi kafein, dan efeknya dapat bertahan hingga sekitar tiga jam. Namun perlu diingat, bagi penderita darah rendah hindari mengonsumsi kafein pada malam hari karena dapat mengganggu waktu tidur.


(Baca juga: Rekomendasi Makanan Sehat Untuk Diet Paling Aman)


5. Makanan yang mengandung banyak air

Penderita darah rendah juga disarankan untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh setiap hari. Pasalnya, dehidrasi dapat menurunkan volume darah dan menyebabkan tekanan darah turun, sehingga bisa memperburuk keadaan. Selain memperbanyak minum air putih, para penderita darah rendah dianjurkan pula untuk mengonsumsi makanan yang mengandung banyak air untuk mencukup kebutuhan cairan tubuh. Contoh makanan yang mengandung banyak air di antaranya adalah semangka, timun, selada, tomat, belimbing, serta kembang kol.


Itulah dia sederet rekomendasi makanan untuk mengatasi tekanan darah rendah. Semoga bermanfaat, ya!


(Penulis: Girah Ababyl M.K.)


Life & health