Life & health

Kata Ahli, Ini 5 Alasan Mengapa Tak Boleh Melewatkan Sarapan

By : Fariza Rahmadinna - 2022-09-24 22:00:02 Kata Ahli, Ini 5 Alasan Mengapa Tak Boleh Melewatkan Sarapan

Sarapan dianggap waktu makan yang paling penting dalam sehari. Meskipun tidak terasa lapar, atau tidak terbiasa makan di pagi hari, tetapi para ahli mengatakan untuk tidak melewatkan waktu sarapan. Itu karena, sarapan diketahui lebih menyehatkan dibandingkan dengan waktu makan lainnya. Mengapa demikian? Ini penjelasannya, kata ahli. 


1. Mencegah makan berlebih saat waktu makan siang


Ketika melewatkan waktu sarapan, kadar kortisol di dalam tubuh akan meningkat, yang akan membuat kamu merasa lebih lapar dan makan berlebih pada waktu makan siang. Itulah sebabnya, sarapan, terutama sarapan tinggi protein, dapat mengurangi keinginan untuk makan berlebihan saat jam makan siang, dari penelitian dalam Jurnal Nutritional. Jika terus seperti ini, angka timbangan pun akan terus bertambah!


2. Mencegah penurunan kemampuan fokus


(Hindari kehilangan fokus dengan sarapan. Photo by Anna Shvets on Pexels)


Saat beraktivitas di kelas atau tempat kerja, pernahkah kamu merasa kesulitan untuk fokus dan konsentrasi? Jika iya, itu bisa terjadi karena kamu melewatkan waktu sarapan, lho. Faktanya, para peneliti dari University of Leeds membuktikan bahwa, sarapan memberikan efek positif pada kinerja kognitif, terutama dalam hal kemampuan fokus, memori, dan konsentrasi. Itu artinya, produktivitas dan kreativitas kamu sehari-hari pun akan terganggu. 


3. Membantu menjaga kadar gula darah


Satu penelitian terbaru dalam American Journal of Clinical Nutrition, menunjukan bahwa orang yang sarapan diketahui memiliki kadar gula darah yang lebih stabil daripada orang yang melewatkan sarapan, yang memengaruhi mood, energi, dan fokus sepanjang hari. 


Penelitian sebelumnya tahun 2013 dalam jurnal yang sama, menemukan bahwa orang yang melewatkan sarapan memiliki risiko diabetes tipe 2 yang lebih tinggi daripada orang yang sarapan, akibat lonjakan gula darah yang tidak stabil.


(Baca Juga: Ada 6 Makanan Yang Bisa Menenangkan Pikiranmu, Apa Saja?)


4. Menghindari dari stres


(Sarapan bisa hindarkanmu dari stres. Photo by Liza Summer on Pexels)


Sebagaimana diketahui, kadar kortisol di dalam tubuh dapat meningkat ketika kamu melewatkan waktu sarapan. Faktanya, dari satu penelitian tahun 2014 dalam jurnal Physiology & Behavior, melaporkan bahwa kelompok orang yang sarapan memiliki kadar kortisol yang normal dibandingkan dengan kelompok orang yang tidak sarapan—kadar kortisol lebih tinggi. 


Kadar kortisol, atau hormon stres, yang lebih tinggi dapat membuat kamu mudah merasa stres, cemas, dan gelisah. 


5. Mencegah dari penyakit kardiovaskular


Menurut satu studi tahun 2019 dalam Journal of the American College of Cardiology, dikatakan bahwa sarapan dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Dan sebaliknya, melewatkan sarapan telah dikaitkan dengan peningkatkan risiko kardiovaskular hingga 87 persen. 


Selain itu, American Heart Association menunjukan bahwa, melewatkan sarapan juga dapat meningkatkan risiko hipertensi, diabetes, dan kolesterol tinggi. 


(Baca Juga: 5 Manfaat Minum Kopi Tanpa Gula, Rasa Pahit Tetap Bermanfaat)


Itulah beberapa alasan mengapa kamu tidak boleh melewatkan waktu sarapan. Tetapi yang terpenting adalah menu sarapan yang kamu konsumsi— sarapan yang sehat dan seimbang. Sebagian besar manfaat sarapan pada akhirnya bergantung pada pemilihan menu sarapan yang tepat, kata Christina Meyer-Jax, asisten profesor di Northwestern Health Sciences University. Itu berarti pilihlah menu sarapan tinggi protein, mengandung lemak sehat, karbohidrat kompleks, makanan berserat tinggi, dan tanpa tambahan gula. 









Life & health