Life & health

5 Manfaat Minum Kopi Tanpa Gula, Rasa Pahit Tetap Bermanfaat

By : Her World Indonesia - 2022-09-20 20:00:01 5 Manfaat Minum Kopi Tanpa Gula, Rasa Pahit Tetap Bermanfaat

Kopi merupakan salah satu minuman paling populer saat ini. Selain rasanya yang nikmat, kopi juga banyak digemari karena memiliki kandungan kafein yang banyak dibutuhkan oleh golongan pekerja dan pelajar. Kopi memiliki banyak varian rasa, cara menyeduhnya pun bisa berbeda-beda sesuai dengan negara tertentu. Selain itu, banyak orang juga hobi mengonsumsi kopi yang telah dicampur dengan bahan lainnya seperti susu dan madu untuk membuat rasa yang lebih manis.


Meski kopi umum dikonsumsi dengan rasa yang manis, terdapat pula kalangan masyarakat yang lebih familiar dengan kopi hitam, biasa juga disebut kopi pahit. Kopi hitam ini merupakan sejenis kopi tanpa campuran gula yang memiliki rasa lebih kuat. Walau rasanya tidak semeriah latte dengan campuran susu, kopi hitam ini juga banyak digemari terutama karena memiliki banyak khasiat pada tubuh. Apa saja? Simak terus, ya.

1. Meningkatkan Daya Ingat


Kebiasaan minum kopi hitam terutama di pagi hari bisa meningkatkan fungsi otak. Kopi hitam membantu otak untuk tetap aktif dan bisa meningkatkan daya ingat. Hal ini tentunya mempermudah manusia untuk tetap produktif dalam menyelesaikan pekerjaan selama seharian penuh.

2. Membantu Menurunkan Berat Badan


Kopi hitam bisa menjadi teman olahraga yang baik, terutama saat dikonsumi 30 menit sebelum aktivitas berat. Kopi hitam dipercaya mampu meningkatkan metabolisme tubuh hingga 50%. Kopi hitam juga dapat membakar lemak di perut yang sangat berguna bagi orang-orang di masa diet.


(Baca Juga: Ini 5 Manfaat Minum Air Dingin yang Bisa Jadi Kebiasaan)

3. Mengandung Antioksidan



(Manfaat kopi hitam yang mengandung antioksidan. Foto: Dok. WS Studio/iStock)

Kopi hitam merupakan minuman dengan sumber antioksidan yang kaya. Kopi hitam sendiri mengandung vitamin B2, B3, B5, manganese (mangan), kalium, dan magnesium.

4. Mengurangi Risiko Penyakit


Minum kopi hitam setiap hari mampu mengurangi risiko diabetes yang dapat menyebabkan kerusakan organ dan penyakit jantung. Penelitian membuktikan orang yang meminum dua cangkir kopi memiliki peningkatan risiko diabetes yang tinggi. Selain diabetes, konsumsi kopi hitam secara rutin juga bisa mengurangi resiko penyakit hati sebanyak 80%. Penyakit alzheimer dan parkinson juga bisa berkurang sebanyak 60% dengan konsumsi kopi hitam.


(Baca Juga: Sehat dan Bergizi, Ini Resep Mudah Ramen Vegetarian)


5. Bentuk Detoks

Kopi adalah sejenis minuman diuretik yang dapat meningkatkan persentase buang air kecil. Ketika konsumsi kopi tanpa gula, semua racun dan bakteri dari dalam tubuh mudah dikeluarkan dalam bentuk urine yang lancar. Hal ini berguna sebagai detoks yang membantu membersihkan perut dari racun.


Itulah beberapa manfaat dari mengonsumsi kopi hitam secara rutin. Gimana, tertarik untuk beralih dari kopi manis menjadi kopi tanpa gula hari ini?


(Penulis: Natasha Fitranda Putri)

Life & health