Hair & beauty

Wajib Tahu, Ini Cara Ampuh Menebalkan Alis dan Bulu Mata

By : Her World Indonesia - 2022-09-20 17:00:02 Wajib Tahu, Ini Cara Ampuh Menebalkan Alis dan Bulu Mata

Tiap-tiap wanita pasti ingin memiliki bulu mata yang lentik dan alis yang tebal. Namun pada kenyataannya, tidak semua wanita terlahir dengan kondisi seperti itu. Tidak perlu khawatir dan tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk melakukan treatment. Sebab banyak cara sederhana dan mudah lainnya yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan bulu mata yang lentik, serta alis yang tebal dan sehat.

Berikut ini Her World rangkumkan cara ampuh yang bisa kamu lakukan untuk menumbuhkan sekaligus menebalkan bulu mata dan alis, Let’s check this out!


1. Memberikan jeda


(Memberikan jeda untuk melakukan kegiatan tweezing  Foto: Dok.Freepik)


Sebenarnya cara yang ampuh untuk memiliki alis dan bulu mata yang lebat ialah dengan tidak melakukan hal yang berlebihan kepada keduanya. Dalam hal bulu mata, sebisa mungkin memberikan jeda waktu agar bulu mata tidak terkontaminasi oleh make up. Hal ini dikarenakan penggunaan make up removal sendiri sebenarnya memberikan gesekan yang terlalu berlebihan, sehingga mengurangi kemungkinan penebalan pada bulu mata. Gesekan ini juga dapat menyebabkan perontokan bulu mata sebelum waktunya. Bila ini terjadi bulu mata tidak akan langsung tumbuh, karena menunggu siklus alaminya yang seharusnya empat sampai delapan minggu.


Berbeda lagi dengan alis, sebisa mungkin berikan jeda dan kurangi intesitas kamu untuk melakukan waxing dan tweezing meskipun dalam rangka untuk merapihkan alis, Terlalu sering melakukan kegiatan ini malah dapat merusak folikel rambut yang membuat alis semakin menipis.


2. Menjaga kebersihan

(Memberikan area bulu mata dan alis sangat penting bagi kesehatan keduanya Foto: Dok.Freepik)


Menjaga kebersihan alis dan bulu mata merupakan salah sat hal yang wajib kamu lakukan. Pastikan untuk selalu membersihkan area tersebut dengan make up removal dan air mengalir untuk mendapatkan hasil bersih yang maksimal. Terutama saat setelah kamu menggunakan maskara dan browcara dan sejenisnya yang sangat mempengaruhi kesehatan kulit bila masih tersisa residu. Jangan lupa juga perhatikan kebersihan kedua daerah tersebut sebelum menggunakan pelembap, agar tidak tejadi penumpukan sisa produk. Patikan juga untuk membersihkan secara perlahan agar tidak ada gesekan berlebihan. 


(Baca Juga:Mudah, Ini Cara Menebalkan Alis Secara Alami)


3. Mengkonsumsi vitamin E

(Tambahan suplemen vitamin E dapat membantu menebalkan alis dan bulu mataFoto: Dok.ededchechine/Freepik)


Sudah tidak asing lagi, vitamin E sepertinya sudah sangat berkaitan untuk permasalahan menjaga kesehatan kulit dan rambut. Mengonsumsi vitamin E juga dapat sangat membantu untuk menebalkan alis dan bulu mata, serta mencegah kerontokan dini. Bila kamu masih merasa kurang mendapatkan vitamin E dari makanan sehari-hari, kamu juga bisa mengonsumsi suplemen tambahan


4. Menjaga kelembapan

(Menjaga kelembapan kulit dapat membantu menumbuhkan alis dan bulu mataFoto: Dok.diana.grytsku/Freepik)


Meskipun bagian kulit pada alis dan bulu mata tertutup rambut-rambut, bukan berarti bagian ini tidak membutuhkan perhatian khusus. Menjaga kelembapan ini juga membantu untuk menghindarkan kamu pada ketombe yang mungkin kamu kira hanya ternjadi di kulit kepala, Faktanya ketombe juga dapat terjadi dibagian alis, hal ini biasanya juga bisa disebabkan karena kulit alis yang terlalu kering dan dibiarkan saja, hal ini bisa menyebabkan rasa gatal yang berujung pada ketombe, dan mengurangi kemungkinan rambut rambut baru untuk tumbuh.


(Baca Juga:Kenali 3 Cara Memanjangkan Bulu Mata Dengan Aman)


Bila kamu bingung untuk mencari produk pelembap untuk alis dan bulu mata kamu, mungkin kamu bisa mulai beralih kebahan alami yang memiki tinngkat efek samping yang rendah. Berikut ini juga Her World rangkumkan pelembap berbahan alami yang bisa kamu gunaka untuk menebalkan alis dan bulu mata.

1. Castor oil


Castor oil atau yang juga disebut sebagai minyak jarak merupakan salah satu pelembap alis dan bulu mata alami yang sangat bisa kamu gunakan. Meemiliki kandungan tinggi protein, antioksidan, dan vitamin, membantu melembapkan kulit dan menguatkan akar rambut.


2. Minyak Kelapa 


Bukan hanya berfungsi untuk melembapkan kulit, minyak kelapa juga memiliki manfaat untuk menjaga protein rambut. Selain itu vitamin dan asam yang ada pada minyak kelapa juga membantu mengurangi penumpukan sebum sehingga membantu mempercepat pertumbuhan rambut. 


3. Minyak Zaitun 


Selain memiliki manfaat untuk melembapkan, minyak zaitun juga mengandung asam linoleat yang membantu merangsang pertumbuhan rambut serta menjaganya tetap sehat. Kamu bisa menggunakan sikat maskara yang bersih untuk mengaplikasikan pada alis dan bulu mata sebelum tidur. 


(Baca Juga:7 Cara Menebalkan Bulu Mata)


Berikut itu cara yang bisa kamu lakukan untuk membantu menebalkan alis dan bulu mata yang berhasil Her World rangkum, semoga bermanfaat!




Hair & beauty