7 Cara Menebalkan Bulu Mata


  • 7 Cara Menebalkan Bulu Mata
    (7 Cara Menebalkan Bulu Mata. Foto: Dok.puhhha/iStock)

    Bulu mata yang tebal dan lentik tentu menjadi dambaan setiap wanita. Tidak heran produk fake eyelashes dengan berbagai model sangat mudah ditemukan di konter-konter kosmetik. Salon kecantikan juga menawarkan layanan keriting bulu mata atau pemasangan eyelash extension agar terlihat lebih tebal. Meskipun begitu, banyak juga kaum perempuan yang memilih cara alami untuk memanjangkan bulu mata.

    Pada dasarnya, kamu harus memperlakukan bulu mata dengan lembut, layaknya rambut ini sangat rapuh. Kebiasaan sering menggosok-gosok mata atau menghapus makeup, bulu mata bisa rusak dan rontok sebelum waktunya. Karena siklus pertumbuhan bulu mata yang memerlukan waktu sekitar empat sampai delapan minggu, bulu mata yang rontok sebelum waktunya tidak akan tumbuh langsung. Akibatnya, bulu mata jadi terlihat jarang-jarang dan pendek. Namun kalau kamu ingin bulu mata tumbuh lebih tebal, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan.




    1. Menyisir Bulu Mata secara Rutin

    Cara Menebalkan Bulu Mata

    (Menyisir bulu mata secara rutin dapat membantu pertumbuhan bulu mata. Foto: Dok.isayildiz/iStock)


    Jika kamu rutin menyisir bulu mata maka akan menghasilkan bulu mata yang tebal. Ini karena menyisir bulu mata berfungsi merangsang sirkulasi darah ke akar rambut untuk mendukung pertumbuhan bulu mata. Bonusnya, menyisir bulu mata dapat membersihkan debu dan kotoran yang membandel.


    Sisirlah bulu mata kamu dua kali sehari dengan sikat khusus bulu mata atau kuas maskara bersih. Dengan cara ini maka bulu mata kamu akan tumbuh lebih panjang, lembut, dan tebal.


    2. Membatasi Penggunaan Penjepit Bulu Mata 

    Cara Menebalkan Bulu Mata

    (Jangan terlalu sering menggunakan penjepit bulu mata karena dapat membuat bulu mata rontok. Foto: Dok.macniak/iStock)


    Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bulu mata harus diperlakukan dengan lembut. Gosokan pada bulu mata justru bisa merusak dan membuatnya rontok sebelum waktunya. Kamu disarankan untuk mengurangi pemakaian penjepit bulu mata dan bulu mata palsu, atau kalau bisa benar-benar menghindarinya. Gunakan keduanya ketika diperlukan saja.


    (Baca Juga: Rekomendasi Maskara untuk Bulu Mata Lentik dan Tahan Lama)


    3. Petroleum Jelly 

    Cara Menebalkan Bulu Mata

    (Mengoleskan petroleum jelly dapat menebalkan bulu mata. Foto: Dok.towfiqu ahamed/iStock)


    Oleskan petroleum jelly pada bulu mata sebelum tidur selama tiga kali seminggu karena dipercaya dapat membantu menguatkan dan menebalkan bulu mata. Cara ini sangat mudah dan cepat karena petroleum jelly sudah banyak ditemukan di konter kosmetik. Aplikasikan petroleum jelly dengan sisir bulu mata dan jangan lupa untuk membilasnya dengan kapas dan air hangat sampai bersih di pagi hari.


    4. Minyak Kelapa/Zaitun/Kastor 


    Untuk menebalkan bulu mata secara alami, pertama-tama kamu bersihkan wajah dari makeup setiap menjelang tidur. Tuangkan minyak sesuai pilihan kamu (atau campuran minyak kelapa dan minyak kastor) sekitar lima tetes ke wadah kecil. Celupkan cotton bud ke dalam minyak, lalu oleskan pada bulu mata. Usahakan mengoleskan sedekat mungkin ke pangkal bulu mata tanpa mengenai mata. Diamkan semalaman. Begitu bangun, basuh wajah kamu lagi. Kalau rutin melakukan perawatan ini, sekitar 2-3 bulan bulu mata akan tumbuh lebih panjang dan lebih tebal. 


    5. Gel Lidah Buaya 

    Cara Menebalkan Bulu Mata

    (Gel lidah buaya mampu menebalkan bulu mata. Foto: Dok.mashuk/iStock)

    Gel lidah buaya juga bisa digunakan untuk menebalkan bulu mata. Ini merupakan salah satu cara yang mudah dilakukan. Sebab, gel lidah buaya merupakan tanaman yang mudah untuk ditemukan dan sekarang sudah dijual di konter kosmetik. Selain untuk menebalkan bulu mata, gel lidah buaya juga dikenal mampu untuk menebalkan rambut. Gel lidah buaya juga kini sering dimasukkan ke dalam bahan utama produk skincare.

    Cara menggunakan gel lidah buaya untuk menebalkan bulu mata juga cukup mudah dilakukan. Kamu harus membersihkan bulu mata terlebih dahulu dari maskara ataupun skincare lainnya. Ambil gel lidah buaya dan oleskan ke akar bulu mata kamu. Namun kamu perlu berhati-hati karena jangan sampai gel lidah buaya masuk ke dalam mata.


    6. Teh Hijau 


    Teh hijau dipercaya mampu menebalkan bulu mata secara alami dengan hasil yang permanen. Teh hijau juga bisa membantu mencegah kerontokan dan menyuburkan rambut. Kandungan kafein dan antioksidan flavonoid pada teh hijau diyakini dapat mempercepat laju pertumbuhan bulu mata yang sudah ada sekaligus mendorong pertumbuhan rambut yang baru.


    Kamu bisa menggunakan teh hijau ini dengan cara yang mudah yakni bersihkan bulu mata terlebih dahulu dari kotoran atau penggunaan skincare. Setelah itu, seduh teh hijau dengan air hangat. Celupkan cotton bud pada teh hijau, lalu oleskan pada bulu mata kamu. 


    (Baca Juga: Rekomendasi Penjepit Bulu Mata Yang Bisa Kamu Coba)


    7. Mengonsumsi Suplemen Vitamin E

    Cara Menebalkan Bulu Mata

    (Vitamin E mampu membantu menebalkan dan memanjangkan bulu mata. Foto: Dok. sidsnapper/iStock)


    Manfaat dari Vitamin E terhadap pertumbuhan rambut sudah banyak diketahui orang. Zat gizi mikro satu ini ternyata diyakini mampu membantu menebalkan dan memanjangkan bulu mata. Vitamin larut air tersebut bekerja dengan memperkuat akar rambut demi mencegah bulu mata cepat rontok. Konsumsi vitamin E sesuai anjuran dan rasakan manfaatnya bagi pertumbuhan rambut. 


    Walaupun perawatan rumahan tersebut diyakini dapat merawat dan menebalkan bulu mata, kamu tetap perlu berhati-hati dan menyesuaikannya dengan kondisi mata kamu karena dikhawatirkan akan muncul iritasi. Selamat mencoba!


    (Penulis: Tiara Kandida E)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below