Life & health

Suka Berpelukan? Ini 7 Manfaatnya Bagi Kesehatan

By : Her World Indonesia - 2022-09-07 19:00:01 Suka Berpelukan? Ini 7 Manfaatnya Bagi Kesehatan

Berpelukan merupakan salah satu cara bagi orang untuk mengungkapkan rasa sayangnya. Bukan hanya untuk pasangan, pelukan juga bisa jadi bahasa untuk mengutarakan rasa kepada orang terdekat, seperti keluarga, teman, dan lain-lain. Bagi kamu yang memiliki love language physical touch, berpelukan pastinya jadi salah satu cara untuk memberikan kenyamanan. Faktanya bukan hanya memberikan rasa aman dan nyaman, berpelukan juga memiliki pengaruh dan dampak yang baik bagi kesehatan kamu baik secara fisik maupun mental.

Berikut ini Her World rangkumkan manfaat berpelukan bagi kesehatan. Let’s take a look!


1. Menurunkan tekanan darah

(Berpelukan dengan orang tersayang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Foto: Dok.jcomp/freepik)

Tidak disangka ternyata berpelukan memiliki pengaruh bukan hanya kepada mental tetapi kesehatan secara fisik. Berpelukan ternyata dapat secara efektif menurunkan tekanan darah, hal ini dikarenakan pada saat berpelukan, hormon oksitosin akan meningkat sehingga dapat mengurangi hormon kortisol yang menyebabkan turunnya tekanan darah. 


2. Mengurangi gejala demam

(Demam akibat stress dapat disembuhkan dengan berpelukan. Foto: Dok.freepik)


Pada saat-saat seperti ini, berpelukan ternyata ampuh untuk dapat mengurangi gejala demam. Demam sendiri ternyata merupakan reaksi tubuh saat sedang mengalami ancaman seperti bakteri, virus bahkan stres. Saat kamu sedang mengalami demam karena stres atau demam psikogenik, tidak usah terburu buru untuk mencari obat demam. Berpelukan dapat menjadi obat yang ampuh saat sedang mengalami kondisi demam karena kondisi stres. Hal ini dikarenakan berpelukan dapat memberikan rasa tenang dan meningkatkan daya kekebalan tubuh.


(Baca Juga: Cukup 10 Detik, Ini 4 Manfaat Pelukan Dalam Hubungan)



3. Menjaga kesehatan jantung

(Berpelukan juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung dengan membuat detak jantung optimal. Foto: Dok.freepik)


Berpelukan ternyata juga memiliki pengaruh terhadap kesehatan jantung, hal ini pernah dibuktikan melalui sebuah penelitian bahwa orang yang tidak melakukan kegiatan pelukan dengan orang yang disayanginya memiliki 10 detak lebih cepat dibandingkan mereka yang berpelukan. Sebab itu, berpelukan dapat mengembalikan detak jantung untuk lebih optimal. 


4. Menurunkan tingkat kecemasan

(Saat sedang mengalami stress, berpelukan bisa jadi penawar terbaik. Foto: Dok.freepik)


Sudah dapat dibuktikan oleh banyak orang bahwa berpelukan dapat berpengaruh untuk kesehatan mental. Pasalnya melukukan sentuhan fisik khususnya berpelukan dengan orang tersayang memang dapat memberikan kerileksan dan rasa yang nyaman untuk kamu. Hal ini juga dikarenakan meningkatkanya hormon oksitosin dan serotonin memberikan ketenangan untuk tubuh dan pikiran. Bila kamu sedang mengalami hari yang berat, tidak ada salahnya untuk menutup hari dengan berpelukan dengan orang tersayang.


(Baca Juga:5 Manfaat Pelukan Dan Ciuman, Wajib Tahu!)


5. Mengurangi rasa kesepian

(Berpelukan dengan orang tersayang dapat membantu mengurangi rasa kesepian. Foto: Dok.freepik)


Bila kamu sedang merasa kesepian, cobalah berpelukan dengan orang kesayangan kamu, sentuhan melalui pelukan ini dapat sangat membantu. Kamu bisa merasakan perasaan yang lebih nyaman dan mendapatkan support atau dukungan secara moral bahwa kamu tidak menanggung semuanya secara sendiri. Berpelukan juga dapat memberikan rasa kehadiran seseorang untuk dirii kamu sehingga juga dapat menjadi cara terbaik untuk membantu orang yang sedang merasa terasing. 


6. Membantu berpikir positif

(Berpelukan dapat membantu kamu untuk kembali berpikir positif, sehingga menjauhkan dari stress. Foto: Dok. wayhomestudio / freepik)


Terkadang saat sedang dikejar berbagai deadline dan kondisi sekitar yang tidak mendukung, sering membuat kamu, secara tidak sadar maupun sadar, jadi berpikir negatif. Berbagai pikiran negatif ini dapat menuntun kamu kepada kondisi takut, cemas dan stress. Bila kamu sedang mengalami hal ini cobalah untuk berpelukan, hal ini dikarenakan pelukan dapat memberikan ketenangan. Berpelukan juga dapat membantu kamu untuk berpikir lebih jernih dan positif kembali. 


7. Mengurangi rasa sakit

(Manfaat pelukan yang mengurangi rasa sakit. Foto: Dok. Drazen Zigic/ freepik)


Manfaat lain yang ternyata didapatkan dari berpelukan adalah dapat mengurangi rasa sakit. Hal ini dikarenakan pelukan dapat memberikan kenyamanan dan ketenangan. Sehingga kamu tidak fokus terhadap sakit yang sedang dirasakan. Selain itu berpelukan dapat melepaskan hormon endorfin yang membantu jalur nyeri, sehingga memberikan efek seperti anestesi. 



(Baca Juga: 5 Rekomendasi Film Untuk Ditonton Sambil Pelukan Romantis)


Berikut itu telah Her World rangkum manfaat berpelukan dengan orang tersayang  untuk kesehatan fisik maupun mental kamu. Semoga bermanfaat!


(Penulis: Brigitta T.Halim)


Life & health