Life & health

Kurangi Risiko Kanker, Ini Manfaat Air Tebu Bagi Kesehatan

By : Her World Indonesia - 2022-09-07 13:00:01 Kurangi Risiko Kanker, Ini Manfaat Air Tebu Bagi Kesehatan

Hampir semua orang sepertinya sudah tau dengan air tebu, bukan hanya karena rasanya yang enak, air tebu juga mudah untuk ditemukan dengan harga yang bersahabat. Air tebu ini sendiri berasal dari tumbuhan tebu yang kemudian diperas dan mengeluarkan sari-sari dalam bentuk air.


Tidak hanya menawarkan kesegaran, ternyata air tebu memiliki kandungan yang kaya seperti kalsium, protein, zat besi dan lain lain. Kandungan ini juga nyatanya memberikan manfaat untuk tubuh. Berikut ini Her World rangkumkann manfaat air tebu untuk kesehatan, Let’s take a look!


1. Mencegah risiko kanker

(Air tebu yang dapat mengurangi resiko kanker, khususnya kanker payudara. Foto: Dok. Freepik)


Siapa yang menyangka, minuman dengan bahan alami ini ternyata memiliki manfaat untuk mencegah penyakit kanker, khususnya kanker payudara dan prostat. Hal ini dikarenakan air tebu mengandung konsentrasi yang bersifat basa seperti magnesium, kalium, besi sehingga sel kanker tidak dapat bertahan dalam kondisi ini.


2. Memberikan energi secara instan

(Sangat cocok diminum setelah olahraga, air tebu secara instan memberikan energi. Foto: Dok. wayhomestudio /Freepik)


Tebu memiliki kandungan gula yang cukup tinggi, kadar gula ini dapat dengan mudah menaikan energi kamu secara instan. Hal ini membuat air tebu sangat cocok untuk diminum setelah berolahraga atau saat cuaca yang panas. Memiliki rasa yang manis, ternyata tebu tidak membuat kadar gula darah sangat cepat naik, sebab tebu sendiri mengandung jenis gula alami. Meskipun begitu, untuk kamu penderita diabetes, kamu tetap harus berkonsultasi dahulu takaran yang pas saat akan mengkonsumsi air tebu.


(Baca Juga: 12 Pengganti Gula Yang Aman Dikonsumsi Selama Puasa)


3. Merawat organ hati

(Air tebu yang dapat membantu membersihkan organ hati. Foto: Dok. fabrikasimf/Freepik)


Memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh, ternyata tebu juga memiliki manfaat khusus untuk organ hati. Air tebu dapat bermanfaat untuk membersihkan organ hati, karena adanya kandungan antioksidan dan vitamin C, yang membantu proses detoksifikasi. Membuat organ hati dapat bekerja secara efektif dan mencegahnya dari penyakit.


4. Bantu mengurangi berat badan

(Kandungan serat yang tinggi pada air tebu, bantu cegah lapar. Foto: Dok. diana.grytsku/Freepik)


Bagi kamu yang sedang menjalani program diet atau sedang berencana menurunkan berat badan, kamu dapat menyertakan air tebu dalam menu diet. Hal ini dikarenakan air tebu dapat membantu menurunkan berat badan, dengan cara kerja menahan lapar yang lebih lama, sebab tebu sendiri memiliki kandungan serat yang tinggi. Tidak berhenti di situ, air tebu juga membantu membersihkan usus yang juga sangat berkaitan terhadap pengurangan berat badan.


(Baca Juga: Intip 7 Cara Dapatkan Berat Badan Ideal, Penasaran Apa Saja?)


5. Menyembuhkan permasalahan kulit.

(Memiliki kandungan AHA, air tebu bantu atasi permasalahan kulit. Foto: Dok. wayhomestudio/Freepik)

Saat kamu sedang mengalami permasalahan kulit seperti jerawat, kamu dapat mengkonsumsi air tebu sebagai salah satu bentuk perawatan dari dalam tubuh. Hal ini dikarenakan air tebu mengandung asam alfa hirodoksi atau yang biasa dikenal dengan AHA yang dapat membantu mengekfoliasi kulit dan menghindari penumpukan jerawat. Bonus lainnya kamu juga bisa mendapatkan kulit yang cerah.


6. Menjaga kepadatan tulang 

(Air tebu dapat menjaga kepadatan tulang: Dok.Freepik)

Masih belum selesai, air tebu ternyata memiliki manfaat untuk menjaga kepadatan tulang. Hal ini dikarenakan air tebu itu sendiri mengandung mineral seperti fosfor dan kalsium yang membantu menjaga kepadatan tulang. Bagi kamu yang sudah mengalami tanda pengeroposan tulang, air tebu juga bisa menjadi opsi untuk mencegah selain susu.


7. Menurunkan risiko penyakit jantung

(Air tebu dapat mengurangi kolesterol: Dok.Freepik)

Bagi kamu yang ingin mengurangi resiko penyakit jantung, air tebu bisa kamu jadikan alternatif yang mudah untuk ditemukan. Air tebu dapat bekerja untuk mengurangi kolesterol LDL dan trigliserida yang merupakan pemicu penyakit jantung


(Baca Juga: Wajah Glowing, Ini Makanan Yang Bisa Mencerahkan Kulit)


Berikut itu telah Her World rangkumkan beberapa manfaat air tebu untuk kesehatan. Sebab memiliki kandungan gula yang tinggi, pastikan untuk meminum air tebu sesuai dengan kondisi tubuh masing-masing. Semoga bermanfaat!


(Penulis: Brigitta T.Halim)


Life & health