Intip 7 Cara Dapatkan Berat Badan Ideal, Penasaran Apa Saja?


  • Intip 7 Cara Dapatkan Berat Badan Ideal, Penasaran Apa Saja?
    (Cara dapatkan berat badan ideal. Foto: Dok.Prostock-Studio/iStock)

    Mempunyai berat badan ideal merupakan sesuatu yang diidam-idamkan bagi sebagian orang, baik itu perempuan maupun laki-laki. Karena dengan berat badan ideal secara tidak langsung turut mempengaruhi kondisi kesehatan seseorang. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan berat badan yang ideal, seperti dengan cara instan. Namun jika kamu melakukan hal tersebut tentu tidak menjamin bahwa tubuhmu akan mengalami gangguan setelahnya. Sebab menambah berat badan pun tidak bisa sembarangan. Kamu perlu memperhatikan asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh agar bisa menjadi otot bukan lemak. Berikut beberapa cara dapatkan berat badan ideal yang bisa kamu coba di rumah. 


    1. Mengonsumsi Makanan yang Kaya Nutrisi 

    Cara dapatkan berat badan ideal



    (Makanan kaya nutrisi dapat membantu mendapatkan berat badan ideal. Foto: Dok. YelenaYemchuck/iStock)


    Untuk menambah berat badan, kamu tidak diwajibkan untuk mengonsumsi makanan yang tinggi kalori, makanan cepat saji, makanan berlemak, dan makanan atau minuman dengan kadar gula tinggi. Cara yang bisa kamu lakukan agar mendapatkan berat badan dengan lebih sehat yaitu, kamu tetap perlu mengonsumsi makanan bergizi seimbang, misalnya buah dan sayuran, kacang-kacangan, daging tanpa kulit atau lemak, tahu, tempe, telur, dan ikan.


    Jika perlu, kamu juga bisa mengonsumsi suplemen nutrisi tambahan sesuai anjuran dokter guna mencukupi kebutuhan nutrisi serta menambah berat badan. 

    2. Makan dengan Porsi Kecil tapi Sering 


    Biasanya orang yang memiliki tubuh kurus lebih cepat merasa lapar karena mereka memiliki metabolisme tubuh yang tinggi. Namun, jika kamu ingin merasa kenyang disarankan untuk makan dalam porsi yang kecil tapi sering daripada makan dengan porsi yang lebih banyak karena dapat menganggu sistem pencernaan tubuh. 


    (Baca Juga: Tak Disangka, Inilah 6 Manfaat Minum Air Hangat Bagi Tubuh!)


    3. Minum Air Putih 2 Liter Sehari 

    Cara dapatkan berat badan ideal

    (Rutin minum air putih mampu membuat perut kenyang lebih lama. Foto: Dok. DINphotogallery/iStock)


    Minum air putih dapat membantu kamu dalam mengendalikan nafsu makan. Dengan mengonsumsi air putih sebelum makan, kamu akan cenderung lebih mudah merasa kenyang dan porsi makan yang dikonsumsi pun akan menjadi berkurang.


    Cara menurunkan berat badan dengan air putih, direkomendasikan untuk mengkonsumsi dua gelas air putih setelah bangun tidur di pagi. Lalu saat bangun tidur, perut masih dalam keadaan kosong karena makan malam sudah diserap oleh tubuh. Selain makanan yang telah dicerna tubuh juga kekurangan banyak cairan. 


    Selain itu, saat kamu merasa lapar juga disarankan untuk mengonsumsi air putih saja dibandingkan makan atau ngemil yang berlebihan. 


    Penuhi kebutuhan air putih sebanyak dua liter per hari agar membantu menjaga kesehatan tubuh. 

    4. Memilih Camilan Sehat 

    Cara dapatkan berat badan ideal

    (Yoghurt menjadi pilihan camilan sehat agar mendapatkan berat badan ideal. Foto: Dok.Olga Buntovskih/iStock)


    Jika kamu termasuk orang yang suka ngemil tapi tidak ingin gemuk, kamu bisa memilih camilan yang sehat seperti yoghurt, cokelat hitam, buah-buahan, atau roti gandum.


    Hindari konsumsi camilan tidak sehat, seperti gorengan, karena makanan tersebut mengandung minyak dan kolesterol tinggi. Jika dikonsumsi berlebihan, makanan tidak sehat ini bisa meningkatkan risiko terjadinya penyakit, seperti penyakit jantung, diabetes, hingga kanker. 


    5. Mengonsumsi Makanan dengan Lemak Sehat 


    Selain makanan yang tinggi protein, makanan yang mengandung lemak juga perlu ditambahkan untuk menaikkan berat badan. Namun kamu hanya disarankan untuk mengonsumsi lemak yang sehat, seperti minyak zaitun, alpukat, salmon, telur dan lainnya. Makanan-makanan ini mengandung asam lemak omega-3 sehingga baik untuk kamu yang ingin menambah berat badan. Untuk minyak zaitun bisa kamu gunakan sebagai pengganti minyak goreng biasa. Bisa sebagai tambahan dressing salad. Alpukat dan salmon juga bisa kamu padukan untuk hidangan sandwich


    6. Menggunakan Aplikasi Penghitung Kalori 

    Cara dapatkan berat badan ideal

    (Aplikasi penghitung kalori bisa membantu untuk menghitung kalori yang dikonsumsi setiap hari. Foto: Dok.asiandelight/iStock)


    Jika kamu ingin menghitung jumlah kalori yang kamu konsumsi setiap harinya, kamu dapat mencoba aplikasi penghitung kalori makanan yang bisa membantumu menurunkan berat badan dan mengontrol asupan kalori harianmu. Menurut sebuah studi dari Journal of the Academy of Nutrition and Dietetics, orang-orang yang menghitung asupan kalori hariannya,menyiapkan makanan sendiri, dan makan secara teratur mampu menurunkan lebih banyak berat badan dan dapat menjaga berat badannya dalam jangka panjang. 

    Cara ini bisa kamu temukan dengan download aplikasinya di smartphone-mu.

     

    (Baca Juga: 4 Olahraga Mengecilkan Perut Agar Kamu Lebih Percaya Diri)


    7. Rutin Berolahraga 

    Olahraga secara rutin tidak hanya dilakukan untuk menurunkan berat badan, tetapi juga bisa untuk menambah berat badan. Dengan rutin berolahraga, tubuhmu akan membentuk lebih banyak jaringan otot dan memangkas lemak yang berlebih. Kamu juga bisa melakukan olahraga diikuti dengan pola makan sehat, agar membantumu mencapai berat badan yang lebih ideal. Selain itu, olahraga juga bisa menambah nafsu makan, sehingga asupan nutrisi dan kalori bisa meningkat.


    Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar mendapatkan berat badan ideal. Selain itu, kamu juga bisa melakukan konsultasi dengan dokter gizi agar mendapat perhatian yang lebih sesuai dengan berat badan yang dimiliki. Selamat mencoba!

    (Penulis: Tiara Kandida E) 




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below