Wajah Glowing, Ini Makanan Yang Bisa Mencerahkan Kulit


  • Wajah Glowing, Ini Makanan Yang Bisa Mencerahkan Kulit
    Makanan yang bisa mencerahkan kulit. (Foto: Dok. Polina Kovaleva/Pexels)

    Wajah glowing mungkin jadi salah satu impian banyak orang setiap kali mengaplikasikan berbagai produk skincare, sekaligus meredakan masalah-masalah kulit lainnya. Namun, berbagai produk dan teknologi perawatan wajah tak akan memberi dampak terlalu berarti jika tak dibarengi dengan perawatan dari dalam tubuh.


    Jenis makanan juga punya andil dalam kondisi tubuhmu, termasuk kulit. Jika kamu menginginkan wajah berkilau, ada beberapa makanan yang bisa mencerahkan kulit untuk dicoba. Penasaran apa saja? Simak deretannya di bawah ini.




    (Baca Juga: Ingin Wajah Glowing, Ini 5 Manfaat Alpukat Untuk Wajah)


    1. Kunyit


    makanan yang bisa mencerahkan kulit

    (Kunyit bubuk. Foto: Dok. Karolina Grabowska/Pexels)


    Rempah satu ini sudah banyak dikenal khasiatnya. Ketika kunyit biasa menjadi jamu andalan saat menstruasi, kandungan kurkumin di dalamnya juga kaya antioksidan sehingga bisa melawan radikal bebas yang menyebabkan kulit jadi kusam. Selain itu, kunyit membantu tingkatkan produksi sel kolagen yang bisa jaga kondisi kulit tetap kencang tanpa kerutan.


    2. Telur


    makanan yang bisa mencerahkan kulit

    (Satu butir telur setiap pagi. Foto: Dok. Olya Kobruseva/Pexels)


    Jadi menu sarapanmu setiap pagi? Mungkin kamu sulit memulai langkah baik agar wajah tetap cerah berkilau karena telur jadi salah satu makanan yang baik untuk dapatkan wajah glowing. Kandungan asam amino serta antioksidan seperti lutein dan zeaxanthin dalam telur memberi perlindungan pada sinar UV (yang jadi salah satu faktor penyebab kulit kusam) sekaligus bantu produksi sel-sel baru pada kulit.


    3. Yoghurt


    makanan yang bisa mencerahkan kulit

    (Yoghurt dengan topping buah-buah beri. Foto: Dok. Daria Shevtsova/Pexels)


    Tak hanya mengenyangkan, tapi juga jadi makanan yang bisa mencerahkan kulit. Probiotik di dalam yoghurt jadi alasan mengapa kamu perlu merasakan khasiatnya setiap hari. Kulit wajah lebih cerah juga bisa hilang karena peradangan yang terjadi di dalam sehingga yoghurt bisa jadi bala bantuan yang kamu butuhkan.


    Probiotik dikenal sebagai mediator pada peradangan. Kamu cukup menikmati semangkuk yoghurt rendah lemak dengan tambahan buah-buah beri sebagai topping (plus kekuatan ekstra untuk meredakan peradangan).


    (Baca Juga: Pasti Ampuh, Ini 4 Cara Melembutkan Tangan Yang Kasar)

    4. Bayam


    makanan yang bisa mencerahkan kulit

    (Seikat bayam. Foto: Dok. Elianna Friedman/Unsplash)


    Makanan yang bisa mencerahkan kulit dikenal juga kaya beta karoten yang diubah jadi vitamin A, baik untuk kesehatan kulit. Meski tingginya kandungan beta karoten ditandai dengan warna-warna sayuran maupun buah yang merah atau oranye, sayuran hijau juga menyimpan hal yang sama. Bayam, salah satunya.


    Jenis sayuran satu ini menyimpan kandungan beta karoten yang kaya sehingga membantu kompleksi wajah terlihat lebih halus dan cerah. Selain itu, bayam juga bisa digunakan untuk meredakan kulit yang gatal.


    5. Ikan sarden


    makanan yang bisa mencerahkan kulit

    (Ikan sardin. Foto: Dok. Elle Hughes/Pexels)


    Makanan yang bisa mencerahkan kulit berikutnya adalah ikan sarden. Selain baik untuk sistem kerja jantung, sel-sel kulit yang sehat juga datang dari kandungan asam omega-3 tersimpan dalam ikan sarden. Minyak yang dihasilkan dari lemak tersebut membantu perbaiki kondisi kulit dari berbagai masalah lain seperti jerawat dan psoriasis, plus meredakan peradangan.


    Wajah pun akan lebih cerah dan bebas dari kemerahan dengan mengonsumsi ikan sarden. Buat kamu yang menjalani gaya hidup vegan, biji-bijian seperti flax dan chia bisa jadi pilihan.


    6. Jeruk


    makanan yang bisa mencerahkan kulit

    (Berbagai jenis jeruk. Foto: Dok. Anna Tukhfatullina/Pexels)


    Vitamin C jadi salah satu sumber yang esensial untuk kamu dapatkan jika ingin tampilan wajah lebih cerah. Cara paling mudah untuk mendapatkannya adalah dengan mengonsumsi jeruk. Semakin bertambah usia tentu kulit akan mengalami perubahan, termasuk tampak semakin kusam dan kering sehingga kandungan vitamin C jadi hal yang cukup.


    Jeruk dalam berbagai jenis bisa jadi sumber paling mudah untuk dapatkan vitamin C, menyimpan kandungan antioksidan yang bantu cegah tanda-tanda penuaan dini, salah satunya kulit kusam. Selain jeruk, kamu bisa mendapatkan sumber vitamin C dari jeruk, rasberi, jeruk nipis, dan kiwi.


    (Baca Juga: Ini Tips Make Up Untuk Kulit Berminyak Agar Tahan Lama)


    Itulah beberapa makanan yang bisa mencerahkan kulit untuk kamu coba. Tak ada cara lebih baik daripada mendapatkan tampilan wajah yang cerah dan sehat dengan cara yang alami. Selamat mencoba!





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below