Hair & beauty

Sering Begadang? Wajib Tahu Efeknya Untuk Wajah

By : Her World Indonesia - 2022-09-06 12:00:01 Sering Begadang? Wajib Tahu Efeknya Untuk Wajah

Begadang atau tidur hingga ralut malam, seperti sudah seperti kebiasaan baru sekarang ini. Kerja atau tugas yang menumpuk kadang mengharuskan untuk menahan kantuk dan tidur dipagi hari. Tidak hanya karena hal itu, terkadang menonton series saat sedang seru-serunya juga membuat secara tidak sengaja memundurkan jam tidur. Padahal begadang sendiri ini merupakan hal yang tidak baik untuk tubuh. Hal ini dikarenakan, waktu yang seharusnya digunakan untuk tubuh meregenerasi dan beristirahat tidak dapat dilakukan dengan optimal. Sama juga halnya dengan regenerasi pada kulit wajah, yang tidak dapat berlangsung dengan maksimal. Hal ini dapat menyebabkan berbagai permasalahan di kulit wajah yang terkadang tidak disadari.

Melihat hal ini, berikut ini Her World rangkumkan efek yang ditimbulkan kepada kulit wajah bila terlalu sering begadang. Let’s check this out!


1. Wajah lebih cepat terlihat tua

(Kemampuan regenerasi kulit yang menurun akibat begadang dapat menyebabkan efek penuaan. Foto: Dok.valuavitaly/freepik)

Siapa yang menyangka ternyata begadang dapat membuat wajah kamu terlihat lebih tua. Tanda ini biasanya dapat kamu temukan dengan munculnya garis-garis halus dibagian wajah. Hal ini dikarenakan kemampuan kulit wajah untuk melakukan regenerasi khususnya dalam hal memprosukdi kolagen semakin menurun. Padahl kolagen sendiri berfungsi untuk menjaga kulit tetap kenyal dan kencang. BIla kebiasaan begadang dilakukan hampir setiap hari, maka penuaan dini juga lebih dapat dengan mudah muncul.


2. Memunculkan dan memperparah jerawat

(Kenaikan hormon kortisol karena begadang dapat memicu dan memperparah jerawat. Foto: Dok.freepik)

Efek lainnya terlalu sering begadang untuk wajah adalah dapat memunculkan jerawat. Namun untuk kamu yang sudah memiliki jerawat, kondisi ini dapat semakin memperburuk kondisi jerawat kamu, terutama bila kamu sedang dalam keadaan stress atau dalam tekanan yang tinggi. Tingkat begadang dan stress yang tinggi juga akan membuat hormon kortisol menjadi tinggi. Hormon kortisol yang tinggi ini dapat memicu kelenjar minyak untuk terus memproduksi dan membuat tubuh lebih rentan terhadap peradangan. Mungkin bagi kamu yang masih memiliki permasalahan jerawat tetapi sudah mencoba berbagai produk, kamu bisa mengecek dan memperbaiki kembali jam tidur kamu.


(Baca Juga: Jangan Dibiasakan, Ini 6 Dampak Negatif Begadang)


3. Kantung mata

(Kantung mata dan darks circle bisa disebabkan karena begadang. Foto: Dok.KamranAydinov/freepik)

Sudah menjadi rahasia umum, kekurangan tidur dapat menyebabkan munculnya kantung mata atau  memunculkan lingkaran hitam dibawah mata. Bebeda dengan darks circle yang disebabkan karena genetik atau keturunan, hal ini dikarenakan saat kekurangan tidur pembuluh darah akan melebar. Pelebaran ini akan menyebabkan aliran darah yang banyak. Pada lain sisi, bawah mata memiliki kulit dengan karakteristik yang tipis, karena ini peningkatan volume darah akan sangat terlihat dengan munculnya warna gelap pada area tersebut.


4. Kulit kusam

(Begadang yang menyebabkan sirkulasi darah pada wajah tidak lancar, dan menyebabkan muka kusam. Foto: Dok./freepik)

Kulit yang kusam ternyata bukan hanya disebabkan karena polusi berlebih yang diterima oleh wajah. Kekurangan tidur nampaknya juga menjadi salah satu penyebab utama dari kulit wajah yang kusam, ini dikarenakan kekurangan tidur dapat membuat sirkulasi darah tidap dapat berjalan dengan semestinya. Kondisi ini menyebabkan kurangnya oksigen yang dapat menyebabkan kulit tampak  keabu-abuan.


(Baca Juga: Ketahui 5 Cara Cepat Tidur Nyenyak di Malam Hari)


5. Flek Hitam

(begadang dapat memicu produksi pigmen yang menyababkan flek hitam Foto: Dok.freepik)

Pada umumnya, banyak orang mengira flek hitam disebabkan karena paparan matahari yang berlebihan, ternyata bukan hanya hal itu saja, begadang juga bisa jadi salah satu penyebabnya.Tidur merupakan waktu terbaik untuk meregenarasi sel-sel pada kulit, tapi bila terlalu sering begadang kulit tidak dapat meregenerasi serta fungsi-fungsi lain tidak berjalan secara maksimal. Kondisi ini dapat memicu peningkatan produksi pigmen dan minyak, sehingga dapat menimbulkan flek hitam. 


(Baca Juga: Gangguan Tidur: Jenis, Penyebab Dan Cara Mengatasinya)


Berikut ini telah Her World rangkum efek buruk kepada kulit wajah yang ditimbulkan akibat terlalu sering begadang.Memperbaiki pola tidur secara pelahan bisa jadi solusi terbaik untuk hal ini. Semoga bermanfaat!

(Penulis: Brigitta T.Halim)



Hair & beauty