Ketahui 5 Cara Cepat Tidur Nyenyak di Malam Hari


  • Ketahui 5 Cara Cepat Tidur Nyenyak di Malam Hari
    Jangan Biasakan Begadang, Ini Deretan Tips Agar Tidur Lebih Cepat Pada Malam Hari. (Foto: Dok. Vladislav Muslakov/Unsplash)

    Pada dasarnya, jam tidur normal yang harus dimiliki seseorang dalam sehari adalah tujuh sampai sembilan jam setiap malam. Namun tugas kuliah maupun pekerjaan yang masih belum selesai, membuat sebagian individu memilih untuk menyelesaikannya dalam satu malam dengan cara terpaksa bergadang. Meski dengan tidak tidur semalaman membuat tumpukan pekerjaan jadi selesai tepat waktu, tetapi ada juga bahayanya jika kamu keseringan bergadang, lho.




    Mengundang berbagai penyakit mematikan seperti berpotensi meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh, dampak buruk begadang lainnya yang dapat merugikan kesehatan mentalmu adalah rentan terkena depresi. Sebab, bergadang kerap terjadi akibat seseorang yang menderita riwayat gangguan sulit atau insomnia dan hal tersebut merupakan salah satu faktor pemicu timbulnya stres berat.


    (Baca Juga : Gangguan Tidur: Jenis, Penyebab Dan Cara Mengatasinya)


    Bila tidak segera ditangani dengan pergi konsultasi bersama ahlinya, bergadang karena insomnia juga mengakibatkan hilangnya fungsi otak dalam mengontrol emosi. Agar hal-hal buruk akibat bergadang tidak terjadi padamu, simak cara tidur cepat di malam hari versi HerWorld Indonesia yang wajib kamu terapkan. 


    1. Hindari bermain gadget


    Cara bisa cepat tidur di malam hari

    (Hindari bermain semua perangkat elektronik menjelang tidur agar paparan sinar radiasi tidak mengganggu kualitas tidur di malam hari. Foto: Dok. Victoria Heath/Unsplash)


    Zaman  serba digital membuat banyak individu semakin bersahabat dengan ponsel pintar milik mereka. Pasalnya, tidak sedikit yang menganggap jam sebelum tidur adalah momen terbaik untuk melihat media sosial dan membaca berita di situs online.


    Alangkah baiknya kebiasaan ini kamu tinggalkan demi menjaga kualitas jam tidur yang lebih baik. Disarankan, satu jam sebelum tidur untuk mematikan semua perangkat elektronik yang berada di genggamanmu. Bukan tanpa alasan kamu harus menghindari bermain gawai sebelum tidur, karena cahaya yang terpancar dari layar gadget dapat mempengaruhi turunnya produksi hormon melatonin sehingga membuat kualitas tidur nyenyakmu juga ikut terganggu.


    2. Jangan mengonsumsi makanan tinggi lemak


    Jika sudah dekat dengan jam tidurmu, usahakan untuk tidak memasukan makanan lagi ke dalam mulut, apalagi makanan tersebut yang mengandung lemak tinggi. Sebab jika kamu aktif makan makanan tinggi lemak, maka tubuhmu akan bekerja ekstra untuk memecah lemak sehingga membuat kamu sulit tertidur. Burger, es krim, pizza, dan jenis makanan cepat saji lainnya lebih baik dihindari untuk kamu konsumsi. Dapat menyebabkan asam dalam lambung jadi naik, kamu bisa merasa sakit perut tengah malam karena makan makanan cepat saji tersebut sebelum tidur.


    Disamping itu, jika seandainya kamu merasa lapar dan tidak tahan lagi untuk makan, lebih disarankan untuk mengonsumsi kacang-kacangan, seperti kacang kenari, almond, pistachio, atau mete, dan jangan lupa konsumsi buah-buahan segar seperti kiwi. Demi meningkatkan kualitas tidur yang baik, kacang-kacangan dan buah kiwi dapat mendorong kamu agar cepat terlelap di malam hari.


    (Baca Juga : Lakukan 10 Olahraga Ini Sebelum Tidur, Baik untuk Tubuh!)


    3. Mandi air hangat


    Setelah seharian beraktifitas di kampus atau di kantor, sebaiknya basuh dirimu dengan mandi air hangat sebelum tidur. Faktanya, manfaat mandi air hangat sebelum rebahan di atas kasur dapat mencegah kamu terserang insomnia, lho. Hal tersebut dikarenakan sistem saraf parasimpatis yang aktif ketika tubuh seseorang terkena pancuran air hangat sehingga membantu otot-otot dalam tubuh jadi rileks.


    Suhu tubuh yang menurun ketika sudah selesai memanjakan diri dengan air hangat, membuat produksi melatonin akan meningkat. Maka jangan heran, setelah itu kamu akan merasa ngantuk dan ingin cepat tidur. Manfaat lain dari mandi air hangat juga berpengaruh dalam menjaga sistem pernapasanmu.


    4. Ubah suhu kamar jadi dingin


    Menurunkan suhu kamar tidur menjadi salah satu tips cepat agar mudah terlelap di malam hari. Agar tidur jadi lebih nyenyak, tahukah kamu kalau suhu kamar terbaik yang dianjurkan untuk tidur adalah 18 sampai 22 derajat Celcius. Sudah teliti dalam mengatur suhu ruangan, pastikan juga ruangan kamar tidurmu terhindar dari kebisingan luar, agar tidur nyenyakmu tidak terganggu di malam hari.


    5. Setel musik yang menenangkan


    Cara bisa cepat tidur di malam hari
    (Mendengarkan musik dapat membantu seseorang tidur lebih cepat di malam hari. Disarankan untuk mendengarkan lagu-lagu klasik. Foto: Dok. Samuel Rios/Unsplash)


    Mendengarkan musik sebelum tidur merupakan kegiatan biasa yang dilakukan sebagian orang. Dapat mengatasi gangguan tidur yang dialami seseorang, untuk melakukan hal ini kamu disarankan memutar musik dalam hitungan 60 hingga 80 beat per menit, apalagi irama musik yang didengarkan beraliran ballad. Jazz hingga klasik, kini platform streaming musik online sudah banyak menyediakan deretan playlist berisikan lagu-lagu pengantar tidur yang bisa kamu dengarkan setiap malam.


    (Baca Juga : Tips Tidur Nyenyak Berkualitas Di Malam Hari)


    Meski sedikit sulit untuk mengatasi kebiasaan bergadang, cobalah untuk melakukan tips tidur cepat di malam hari dari HerWorld Indonesia secara bertahap dan pelan-pelan. Jangan biasakan bergadang jika tidak ada keperluan penting. Sebab, beragam penyakit siap menyerang tubuhmu jika sudah dalam kondisi lemah akibat kurang istirahat. Dalam masa pandemi seperti ini jaga kesehatan selalu, ya!



    (Penulis : Nabila Marshanda Aliescha)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Vanesha Prescilla Cover September 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below