Hair & beauty

Kulit Wajah Selalu Berminyak? Ini Tips Untuk Menguranginya

By : Her World Indonesia - 2022-08-25 13:00:01 Kulit Wajah Selalu Berminyak? Ini Tips Untuk Menguranginya

Kulit pada wajah merupakan sesuatu yang sebenarnya sangat wajar. Minyak alami yang muncul pada kulit wajah sebenarnya memiliki fungsinya tersendiri, seperti menahan paparan UV bahkan sampai dapat mencegah keriput. Tetapi terkadang yang menjadi permasalahan bagi mereka dengan jenis kulit berminyak ialah produksi minyak pada muka yang berlebihan. Hal ini terkadang malah memicu pertumbuhan komedo dan jerwat yang lebih banyak. Maka dari itu dibutuhkan perawatan yang benar dalam menangani minyak berlebih. Sebab penanganan yang salah dan berlebihan malah dapat menyebabkan iritasi pada kulit.

Berikut ini Her World rangkumkan tips yang dapat kamu lakukan untuk mengurangi minyak berlebih pada wajah. Let’s check this out !


1. Mencuci muka dengan rutin

(Cuci muka dengan benar dapat dijadikan cara untuk mengurangi kulit berminyak. Foto: Dok. pvproductions/freepik)


Mencuci muka adalah salah satu kegiatan yang penting terutama bagi kalian yang memiliki muka dengan kulit berminyak. Bukan hanya untuk kebersihan, mencuci muka juga berfungsi untuk mengurangi minyak pada muka yang terlalu berlebihan. Melihat hal itu, cuci muka harus dilakukan dua kali sehari, sehabis berolahraga, berkegiatan, atau saat kamu merasa produksi minyak dimuka berlebihan. Bila kamu memiliki kulit yang sensitif, hindari sabun muka dengan bahan pewangi atau bahan kimia berbahaya yang malah dapat menyebabkan iritasi serta menghasilkan minyak yang lebih banyak, serta gunakanlah air hangat.

Meskipun baik untuk mengurangi minyak, jangan mencuci muka secara berlebihan dan terlalu sering.


2. Memilih bahan skincare yang tepat

(Pilih skincare yang tepat untuk kulit berminyak. Foto: Dok. freepik)

Skincare memegang peran penting terhadap kondisi muka, maka dari itu pemilihan skincare yang tepat sangat dibutuhkan. Bagi kalian yang memiliki kulit berminyak, hindari menggunakan skincare dengan bahan oil based dan alkohol pada semua produk karena dapat menyumbat pori-pori dan malah menimbulkan permasalahan kulit lain seperti jerawat dan komedo.


(Baca Juga: Skin Care yang Harus Dimiliki oleh Kulit Berminyak)



3. Tetap menggunakan pelembab

(Kulit berminyaka juga tetap membutuhkan pelembab. Foto: Dok.jcomp/ freepik)

Masih memiliki kaitan dengan skincare, untuk kalian yang memiliki kulit berminyak pasti merasa curiga bila harus menggunakan pelembab lagi. Padahal berdasarkan faktanya, kulit berminyak masih tetap membutuhkan pelembab atau yang biasa dikenal dengan moisturizer. Hal ini dikarenakan, minyak muka tidak berfungsi untuk menghidrasi kulit. Minyak pada muka bekerja untuk membantu menjaga fungsi penghalang kulit. Pada lain hal pelembab berfungsi untuk menghidrasi kulit, yaitu proses masuknya air ke lapisan dalam kulit. Artinya memiliki minyak yang berlebih tidak menjamin kulit wajah sudah terhidrasi.

Jangan lupa untuk menggunakan bahan dasar pada pelembab yang aman untuk kulit beminyak seperti hyaluroni acid, water based, niacinamide, dan lain-lain.


4. Jangan terlalu sering menyentuh muka

(Menyentuh muka terlalu sering tidak baik untuk kulit berminyak. Foto: Dok.cookie_studio/ freepik)

Terkadang kita sering tidak sadar untuk menyentuh atauh bahkan memegang muka dengan tangan kita saat sedang beraktivitas. Faktanya kebiasaan ini sangatlah tidak baik, terutama untuk kamu dengan kulit berminyak. Bukan hanya dapat memberikan kotoran dan bakteri kepada muka, kebiasaan ini juga dapat memperburuk keadaan minyak pada kulit. Dengan terlalu sering menyentuh muka, kamu dapat memindahkan minyak dari satu bagian kebagian wajah lainnya. Hal ini juga dapat menyebabkan tersumbatnya pori-pori. Waktu terbaik untuk memegang muka ialah saat sedang mencuci muka, dan mengaplikasikan skincare, tapi jangan lupa untuk terlebih dahulu mencuci tangan.


(Baca Juga: Jangan Asal Pilih, Foundation Ini Cocok Bagi Kulit Berminyak)


5. Menggunakan masker wajah

(Masker yang tepat dapat mengurangi minyak berlebih pada wajah Foto: Dok.lookstudio/ freepik)

Masker dapat kamu jadikan salah satu cara untuk mengurangi minyak berlebih dan juga alternatif untuk me-time kamu. Clay mask dapat kamu jadikan pilihan terbaik karena dapat membantu mengeringkan minyak berlebih pada muka. Masker dengan bahan dasar salicylic acid, charcoal, tea tree oil dan avocado oil juga memiliki fungsi untuk meminimalisir produksi minyak berlebih. Kamu dapat menggunakan masker alami, atau masker dari brand kesyangan kamu.


(Baca Juga: 5 Cara Mudah Atasi Jerawat Dengan Cepat Tanpa Skincare!)


Itu dia beberapa tips dalam mengurangi minyak belebih pada muka yang berhasil Her World rangkum. Sudah tertarik untuk mempraktekannya? Semoga bermanfaat!

(Penulis: Brigitta T.Halim)


Hair & beauty