Food & travel

10 Rekomendasi Makanan Untuk Mengecilkan Perut

By : Her World Indonesia - 2022-08-12 17:00:01 10 Rekomendasi Makanan Untuk Mengecilkan Perut

Selain mengganggu penampilan, perut buncit juga merupakan tanda berat badan berlebih. Selain berolahraga, mengkonsumsi makanan yang tinggi akan serat juga dapat menjadi solusinya lho! Makanan yang mengandung protein nabati juga dapat dijadikan alternatif lainnya.


Selain berolahraga dan mengkonsumsi makanan yang tinggi akan serat, untuk menghilangkan perut buncit juga diperlukan gaya hidup yang sehat. Ketiga hal tersebut saling bergantungan, jika kamu menginginkan hasil yang permanen. Yuk, simak artikel berikut untuk 10 rekomendasi makanan untuk mengecilkan perut!

1. Timun


(Timun Mengandung 96% Air. Foto: Dok. Istockphoto.com)

Rasanya yang segar karena mengandung 96% air ini juga dapat mencegah dehidrasi serta dapat membuat kamu lebih cepat kenyang jika mengkonsumsinya lho! Selain itu, timun juga mengandung vitamin C, vitamin K, asam folat, antioksidan flavonoid yang dapat menyehatkan tubuh. Kamu dapat menikmati timun secara langsung, dibuat salad, diacar, atau dijus.

2. Kentang Rebus


(Kentang Rebus Pengganti Nasi. Foto: Dok. Istockphoto.com)

Kentang rebus merupakan karbohidrat yang paling sering digunakan sebagai pengganti nasi. Selain sehat, kentang rebus juga dapat membuat kamu lebih cepat kenyang. Kentang rebus juga mengandung kalium yang berguna untuk untuk mengontrol kadar gula dalam darah. Sebelum mengonsumsi kentang rebus, biarkan suhunya turun terlebih dahulu. Dengan cara tersebut, kentang rebus akan memproduksi serat yang dipercaya dapat menurunkan berat badan.


(Baca Juga: Menu Makanan Diet yang Cocok untuk Pemula)


3. Pepaya


(Pepaya Lancarkan Pencernaan. Foto: Dok. Istockphoto.com)

Banyak orang yang kurang suka dengan bau dari buah yang satu ini, tetapi rasa yang dimiliki cukup membuat kamu ketagihan untuk memakannya. Pepaya dikenal sebagai salah satu buah yang mengandung banyak vitamin seperti vitamin A, C, dan E yang bagus untuk tubuh.


Selain mengandung banyak vitamin, pepaya juga dapat membantu melancarkan proses pencernaan. Kandungan serat serta enzim yang dimilikinya dapat mencegah perut kembung serta peradangan pada proses pencernaan. Kamu dapat menikmati pepaya secara langsung atau dijadikan salad.

4. Alpukat


(Alpukan Dengan Roti Gandum Panggang. Foto: Dok. Istockphoto.com)

Satu alpukat ternyata mengandung serat dan lemak jenuh tunggal yang baik untuk kesehatan jantung lho! Selain itu, alpukat juga dapat membantu menurunkan berat badan. Studi membuktikan bahwa orang-orang yang mengkonsumsi alpukat memiliki lingkar pinggang yang lebih kecil dibandingkan orang-orang yang tidak mengonsumsinya.

5. Pisang


(Pisang Sunpride. Foto: Dok. Istockphoto.com)

Selain rasanya yang manis, ternyata pisang memiliki kandungan karbohidrat yang banyak lho! Jadi kamu dapat merasa lebih cepat kenyang dibandingkan ketika kamu mengkonsumsi karbohidrat lainnya. Kandungan karbohidrat dalam pisang dapat mudah dicerna oleh tubuh. Selain itu, kandungan kalium dalam pisang juga baik untuk menjaga kesehatan tubuh lho!

6. Kacang, Gandum, dan Buah Beri


(Padukan Kacang, Gandum, Dan Beri Untuk Sarapan. Foto: Dok. Istockphoto.com)

Untuk mengecilkan perut, kamu dapat mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan serat larut seperti kacang, gandum, dan buah beri. Seorang ahli gizi dari Academy of Nutrition and Dietetics, Jessica Crandal, mengatakan bahwa kandungan serat larut yang ada pada kacang, gandum, dan buah beri dapat mengendalikan kadar gula dalam darah serta dapat bekerja lebih baik daripada karbohidrat. Untuk hasil yang maksimal, pastikan kamu mengkonsumsi 25-35 gram serat larut perharinya ya!

7. Oatmeal


(Oatmeal Cocok Untuk Sarapan Pagi. Foto: Dok. Istockphoto.com)

Studi menyatakan bahwa mengkonsumsi oatmeal jauh lebih mengenyangkan dibandingkan mengkonsumsi sereal. Oatmeal mengandung lebih banyak serat, jika dibandingkan dengan sereal. Oatmeal juga mengandung serat bernama beta-glucan yang dapat menjadikannya sebagai makanan pengecil perut yang ampuh.


(Baca Juga: Atur Piringmu, Ini Pola Makanan Sehat Bergizi Dan Seimbang)


8. Biji Chia


(Chia Seeds. Foto: Dok. Istockphoto.com)

Biji chia atau lebih dikenal sebagai chia seeds merupakan salah satu makanan yang mengandung banyak protein di dunia. Untuk dapat mengecilkan perlu, kamu hanya perlu mengkonsumsi 28 gram setiap kali kamu mengkonsumsinya. Kira-kira 28 gram ini terdiri atas 12 gram karbohidrat yang didalamnya mengandung 11 gram serat yang baik untuk kesehatan tubuh. Biji chia juga dipercaya dapat menurunkan nafsu makan lho!

9. Dark Chocolate


(Dark Chocolate Rendah Kalori. Foto: Dok. Istockphoto.com)

Coklat? Pati bikin gendut! No worries! Kamu dapat mengkonsumsi coklat tanpa harus takut gendut, jika kamu mengonsumsi jenis dark chocolate yang mengandung 65% kandungan kokoa di dalamnya.


Kandungan lemak jenuh tunggal dalam dark chocolate dapat membantu metabolisme tubuh lebih cepat. Namun jangan mengkonsumsinya secara berlebihan. Kamu dapat mengkonsumsi dark chocolate sebagai camilan yang dapat meningkatkan mood.

10. Yogurt


(Yogurt Sehat Rendah Kalori. Foto: Dok. Istockphoto.com)

Yogurt dikenal sebagai salah satu produk olahan susu fermentasi yang memiliki kandungan bakteri baik di dalamnya. Selain baik untuk melancarkan pencernaan, yogurt juga dapat mencegah perut kembung serta dapat membuat perut kamu kenyang lebih lama. Kamu dapat menggabungkan berbagai buah untuk menikmatinya lho!

Perlu diingat, mengonsumsi makan di atas dapat menyehatkan serta dapat mengecilkan perut apabila tidak dikonsumsi secara berlebihan. Seperti yang sudah disebutkan di atas, mengonsumsi makanan tersebut tidak akan bekerja secara maksimal apabila tidak diimbangi dengan olahraga serta pola hidup yang sehat.


(Baca Juga: Gugah Selera, Ini 6 Rekomendasi Jajanan Pasar Rendah Kalori)


So, itu dia rekomendasi makanan yang dapat mengecilkan perut! Tunggu apa lagi? Yuk, mulai hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan sehat serta terapkan gaya hidup sehat mulai dari sekarang!

(Penulis: Haura Salsabila Zahrana)

Food & travel