Gugah Selera, Ini 6 Rekomendasi Jajanan Pasar Rendah Kalori


  • Gugah Selera, Ini 6 Rekomendasi Jajanan Pasar Rendah Kalori
    Rekomendasi Jajanan Pasar Rendah Kalori. (Foto: Dok. MielPhotos2008/iStock)

    Memanjakan lidah dengan jajanan manis maupun asin memang tidak pernah salah. Bagi para pencinta jajanan pasti sudah tidak asing lagi dengan jajanan pasar. Jajanan pasar biasanya bisa kamu temukan di berbagai pasar tradisional dan restoran. Rasa lezat dari berbagai jenis jajanan pasar selalu menggugah selera para penikmatnya. Tak heran jika masyarakat Indonesia sangat menggemari jajanan pasar.


    Ingin makan jajanan pasar tetapi takut berat badan naik? Tenang saja! Kini ada beberapa jajanan pasar rendah kalori untuk kamu yang khawatir dengan timbangan berat badanmu. Meski rendah kalori, beberapa jajanan pasar ini tak kalah lezat lho. Penasaran apa saja jajanan pasar yang rendah kalori? Yuk lihat rekomendasi jajanan pasar rendah kalori ala Her World.




    1. Asinan Sayur

    Asinan Jajanan Pasar Rendah Kalori
    (Asinan Jajanan Pasar Yang Rendah Kalori. Foto: Dok. Ika Rahma/iStock)

    Asinan adalah salah satu jajanan pasar rendah kalori yang wajib kamu coba. Kuliner tradisional asal Bogor dan Betawi ini berisi sayuran dan buah yang dicampur dengan kuah pedas. Asinan Bogor biasanya menggunakan kuah yang terbuat dari saripati cabai merah. Sedangkan asinan Betawi memiliki kuah yang terbuat dari bumbu kacang.

    Rasanya yang segar dan pedas membuat asinan dari Bogor maupun Betawi, digemari oleh banyak orang. Tak perlu khawatir dengan jumlah kalori karena satu mangkok asinan hanya mengandung sekitar 98 kalori untuk asinan Bogor dan 150 kalori untuk asinan Betawi.


    2. Bubur Kacang Hijau

    Bubur Kacang Hijau Jajanan Pasar Rendah Kalori

    (Bubur Kacang Hijau Lezat & Rendah Kalori. Foto: Dok. AmalliaEka/iStock)

    Terbuat dari kacang hijau, bubur kacang hijau menjadi salah satu jajanan pasar yang rendah kalori dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Bubur kacang hijau memiliki kandungan serat yang bisa membuat kamu kenyang lebih lama, sehingga cocok untuk kamu yang sedang diet. 


    Bukan hanya itu, bubur kacang hijau mengandung ragam nutrisi seperti, protein, karbohidrat, lemak baik, vitamin B, dan mineral. Semangkuk bubur kacang hijau mengandung sekitar 137 kalori. Disarankan untuk tidak memakai santan terlalu banyak untuk terhindar dari lemak berlebih dan kalori tambahan. 


    (Baca juga: 7 Rekomendasi Cemilan Untuk Diet, Dijamin Sehat & Lezat)


    3. Kue Klepon Ubi

    Kue Klepon Ubi Jalar Jajanan Pasar Rendah Kalori

    (Kue Klepon Ubi Yang Lumer Di Mulut. Foto: Dok. Dapur Kintamani)

    Berbeda dengan kue cenil atau gethuk, kue klepon ubi memiliki warna yang terbuat dari ubi ungu atau ubi jalar. Jajanan pasar satu ini terbuat dari tepung beras ketan yang dibentuk menjadi bola-bola kecil berisi potongan gula merah sehingga ketika kamu gigit akan ada gula merah yang lumer dan lezat.


    Selain rendah kalori, kue klepon ubi juga mengandung magnesium, zat besi, dan vitamin, yang tentunya bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Kue klepon ubi kurang lebih mengadung 125 kalori, jadi cocok untuk jadi camilan untuk kamu yang sedang diet.


    4. Nagasari

    Nagasari Jajanan Pasar Rendah Kalori

    (Nagasari Kue Tradisional Asal Jawa Tengah. Foto: Dok. Tyas Indayanti/iStock)

    Nagasari, jajanan pasar berupa kue basah asal Jawa Tengah yang bisa kamu temukan di banyak pasar tradisional. Meski rendah kalori, nagasari mengnadung nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuhmu, seperti karbohidrat dan protein. 


    Pisang yang manis dibalut dengan tepung beras yang legit, membuat nagasari digemari banyak orang. Terlebih lagi, nagasari memiliki aroma yang sangat harum karena dibungkus oleh daun pisang muda. Satu bungkus nagasari diperkirakan mengandung 154 kalori.


    5. Kue Putu

    Kue Putu Jajanan Pasar Rendah Kalori

    (Kue Putu Camilan Aman Untuk Diet. Foto: Dok. Cholifah Cholifah/iStock)

    Siapa yang tidak kenal dengan kue putu? Jajanan pasar satu ini digemari oleh banyak orang Indonesia. Gula jawa manis yang lumer dalam balutan tepung beras dan taburan parutan kelapa, menghasilkan perpaduan rasa gurih dan manis dalam satu gigitan. 


    Kue putu memiliki bentuk yang unik, karena dimasak dengan cara dikukus menggunakan cetakan khusus. Satu buah kue putu mengandung 26 kalori saja. Jadi, cocok sekali untuk dijadikan camilan saat diet!


    6. Getuk

    Getuk Jajanan Pasar Rendah Kalori
    (Getuk Jajanan Pasar Rendah Kalori. Foto: Dok. Cici Aprillia/iStock)

    Terbuat dari singkong dan kelapa parut, getuk merupakan jajanan pasar asal Jawa Timur dan Jawa Tengah yang juga rendah kalori. Meski mengandung karbohidrat, getuk dipercaya bisa mengontrol kandungan gula dalam darah jika dikonsumsi oleh pengidap diabetes. Selain itu, getuk juga dipercaya bisa menjaga kesehatan saluran pencernaan dan jantung. Setidaknya 100 gram getuk mengandung sekitar 174 kalori.


    (Baca juga: Menu Sarapan Yang Bikin Kenyang Lebih Lama, Cocok Buat Diet)


    Kamu bisa mencoba jajanan pasar rendah kalori di atas sebagai pilihan camilan yang rendah kalori. Jangan lupa untuk tetap mengatur porsi makan, ya. Selamat mencoba!


    (Penulis: Audrey Josephine)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below