Life & health

Art Jakarta 2022 Memanjakan Mata Dengan 9 Segmen Memesona

By : Her World Indonesia - 2022-08-09 14:00:01 Art Jakarta 2022 Memanjakan Mata Dengan 9 Segmen Memesona

Pandemi tak menghentikan Art Jakarta untuk mendukung kancah seni rupa dunia. Art Jakarta Virtual diadakan pada akhir 2020, di mana para pencinta seni dapat menikmati karya-karya seni menakjubkan di tengah kenyamanan suasana rumah. Tak hanya itu, Art Jakarta juga memperkenalkan Art Jakarta Gardens pada April 2022, sebuah pameran karya-karya seni di ruang terbuka.


Memasuki masa new normal, Art Jakarta akan kembali hadir di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan pada 26-28 Agustus 2022. Berkolaborasi dengan UOB Indonesia, Art Jakarta menyajikan pekan seni rupa internasional untuk bersama menciptakan ekosistem seni kontemporer yang memberi warna pada komunitas seni. Tak sekadar menampilkan karya seni, ada beberapa segmen menarik yang hadir di Art Jakarta 2022.


Art Jakarta Galleries


(Art Jakarta Galleries. Foto: Dok. Art Jakarta)

Art Jakarta Galleries merupakan segmen utama dari pekan seni ini. Menghadirkan 62 galeri secara keseluruhan, Art Jakarta Galleries tak hanya berkolaborasi dengan galeri lokal tetapi juga galeri mancanegara. Terdapat 39 galeri asal Indonesia dan 23 galeri dari Asia Tenggara, Taiwan, Korea Selatan, dan Jepang. Segmen ini juga mempersembahkan galeri baru yang belum pernah hadir dalam Art Jakarta sebelumnya.


Art Jakarta Spot


(Art Jakarta Spot. Foto: Dok. Art Jakarta)

Pada segmen Art Jakarta Spot, kamu akan melihat berbagai presentasi istimewa suatu instalasi seni. Tahun ini Art Jakarta Spot telah mengkurasi 15 karya seni yang akan dipamerkan pada segmen ini.

(Baca juga: Kolaborasi Oppo dan 14 Seniman di Art Jakarta 2019)


AJX

Segmen ini dikhususkan untuk kolaborasi antara Art Jakarta dengan institusi atau perusahaan swasta yang ingin menampilkan karya seni. UOB Indonesia sebagai mitra utama dari Art Jakarta, menampilkan karya-karya pemenang kompetisi UOB Painting Of The Year di Asia Tenggara.

Selain itu, Art Jakarta juga berkolaborasi dengan Tumurun Museum. Tumurun Museum merupakan institusi yangmendukung edukasi seni. Pada Art Jakarta 2022, Tumurun Museum akan menampilkan bagian dari koleksi eksklusifnya di VIP Lounge Art Jakarta. Menariknya, koleksi ini diciptakan oleh maestro berpengalaman dan seniman muda yang tengah menanjak.

Tak ketinggalan, Art Jakarta juga bekerja sama dengan Bibit untuk mempersembahkan karya Marco Cassani. Karya ini merupakan bagian dari seri Fountain, sebuah eksplorasi atas nilai-nilai transformatif koin yang dilemparkan ke dalam air mancur pura di Bali oleh pengunjung ketika mengucapkan doa.


AJ1

AJ1 merupakan segmen baru dalam Art Jakarta 2022 untuk memfasilitasi galeri internasional dalam mempresentasikan pameran tunggal. Berbagai kesulitan dihadapi oleh seniman internasional untuk beradaptasi dengan masa new normal. Oleh karena itu, AJ1 diciptakan untuk memamerkan beragam karya seni yang berasal dari kawasan Asia Tenggara dan sekitarnya.

(Baca juga: Art Jakarta 2019: Manajemen, Lokasi dan Logo Baru)


Bali Art Scene

Sama seperti namanya, segmen baru ini akan mempersembahkan galeri-galeri dari Bali. Bali Art Scene secara khusus menghadirkan karya dari seniman-seniman kontemporer Bali untuk memberikan sedikit gambaran tentang apa yang sedang terjadi di kancah seni rupa Bali.


Art Jakarta NFT

Mengikuti perkembangan dunia teknologi, Art Jakarta 2022 membuat segmen Art Jakarta NFT yang dikhususkan untuk karya NFT dan komunitas NFT. Ide ini pertama kali hadir dalam Art Jakarta Gardens. Melihat kesuksesan Art Jakarta NFT di Art Jakarta Gardens, segmen ini akhirnya diperluas salam skala lebih besar, supaya para kolektor NFT dan kolektor konvensional dapat berinteraksi.


Scene


(Art Jakarta Scene. Foto: Dok. Art Jakarta)

Scene merupakan segmen bagi kolektif seniman dan nirlaba yang berbasis di luar Jakarta untuk menggalang dana. Art Jakarta mendukung penggalangan dana dalam format kreatif dengan membentuk segmen ini. Scene akan menyajikan merchandise dan publikasi untuk penggalangan dana.


Art Jakarta Play


(Art Jakarta Play. Foto: Dok. Art Jakarta)

Karya seni pada Art Jakarta 2022 tidak hanya dapat dinikmati oleh orang dewasa, tapi juga oleh anak-anak. Art Jakarta Play merupakan area bermain bagi anak-anak yang dirancang khusus untuk mengasah kreativitas, kepekaan, dan imajinas melalui berbagai kegiatan menarik. Segmen ini dibuat oleh Meliantah Muliawan, pemenang kompetisi UOB Painting of the Year 2021.


Art Jakarta Talks


(Art Jakarta Talks. Foto: Dok. Art Jakarta)

Art Jakarta Talks menyediakan ruang bagi ahli, pengamat, seniman, kolektor, dan kurator, untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan kepada para pengunjung. Art Jakarta 2022 mengundang jajaran nama-nama terpercaya dan menarik dalam kancah seni rupa. Salah satu pembicara yang akan hadir adalah Shaun Leong, seorang penasihat hukum dari Withers Worldwide yang baru saja memenangkan kasus penetapa sementara Bored Ape di Singapura.


(Baca juga: Mengintip Instalasi Meliantha Muliawan di Art Jakarta)


Inilah sembilan segmen yang tidak boleh kamu lewatkan dalam Art Jakarta 2022. Jangan lupa untuk menghadiri Art Jakarta 2022 di JCC Senayan pada tanggal 26-28 Agustus 2022.


(Penulis: Audrey Josephine)

Life & health