Mengintip Instalasi Meliantha Muliawan di Art Jakarta


  • Mengintip Instalasi Meliantha Muliawan di Art Jakarta
    Meliantha Muliawan memberi bocoran sedikit mengenai instalasi yang akan ia pamerkan di gelaran Art Jakarta 2018. (Foto: Dok/MelianthaMuliawan)


    Berkolaborasi dengan Lancome, Meliantha Muliawan (26) untuk kali pertamanya akan menghadirkan karya instalasi di Art Jakarta 2018, pada 2-5 Agustus 2018.

    Meli, demikian ia biasa disapa, mulai memamerkan karya sejak dua tahun lalu. Lulusan seni Institut Teknologi Bandung ini beberapa waktu lalu juga berpameran di ArtJog. Seperti apa instalasi yang akan ia hadirkan di Art Jakarta tahun ini?



    "Secara bentuknya kayak kain putih, yang diperlakukan seolah melayang, ada kesan ilusi di dalamnya," ujar Meli, saat dihubungi HerWorld Indonesia, pada Jumat (27/7). 

    Nantinya, kata dia, instalasi kain yang melawan gravitasi itu akan didisplay bersama dengan botol produk Lancome terbaru. 

    'Ini kali pertama juga saya berkolaborasi dengan brand," ujarnya.

    Ia menambahkan, akan ada sekitar lima sampai enam objek, dengan panjang di lantai 3x2, dan tingginya dua  meter. 



    Karya surealis

    Lulus dari studi seni ITB pada 2014, Meli mulai aktif berpameran dua tahun setelahnya. Ia mengawali pameran karyanya di Galeri Gerilya Bandung, sebelum kemudian ikut sejumlah gelaran seni lainnya. 

    "Pada umumnya saya suka mengusung benda yang sering ditemukan di kegiatan sehari-hari, tak harus membawa benda-benda yang konseptual, lebih ke benda sehari-hari yang dianalogikan untuk hal lain,' ujarnya. 

    Sederhananya, kata dia, visual yang diambil dari kehidupan sehari-hari, seperti kain, tapi diperlakukan dengan janggal. Kain mestinya tidak melayang, tapi ini seolah dia melayang. 

    "Analoginya, benda sehari-hari tapi diperlakukan berbeda, sehingga memberi pengalaman baru buat audiens," ujarnya lagi. 

    Meli mengatakan dirinya sudah cukup lama menikmati pameran di Art Jakarta, tapi baru kali ini ia ikut serta berpartisipasi. "Tahun ini terasa beda, karena mungkin peringatan satu dekadenya ya, jadi lebih besar, lebih banyak project khususnya juga," ujarnya menambahkan. 

    "Bocorannya, instalasi ini dibuat dengan tujuan mengizinkan audiens untuk selfie. Banyak spot kosong yang tersedia di sekitarnya," ujar dia. 



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below