5 Cara Mengetahui Tipe Kulit Wajah Tanpa Harus Ke Klinik


  • 5 Cara Mengetahui Tipe Kulit Wajah Tanpa Harus Ke Klinik
    Cari Tahu Jenis Kulit Wajahmu Dengan Cara Ini. Foto: Dok. kitthanes/iStock)

    Menggunakan skincare setiap hari tidak menentukan keefektifan skincare terhadap kulitmu. Bahkan, kulitmu akan mengalami masalah baru jika kamu memilih produk skincare yang tidak cocok dengan jenis kulitmu. Pasalnya, setiap tipe kulit wajah membutuhkan perawatan yang berbeda. Jika kulitmu kering, maka kamu membutuhkan skincare dengan kandungan pelembap yang tinggi.


    Sedangkan, jika kulitmu berminyak, kamu membutuhkan produk yang tidak memicu produksi minyak pada kulit. Namun, beberapa orang masih tidak tahu apa jenis kulitnya. Apakah kamu salah satunya? Mari simak beberapa cara mengetahui tipe kulit wajah paling mudah berikut ini.




    1. Tes Jenis Kulit Dengan Tisu

    Cara mengetahui tipe kulit wajah yang pertama adalah menggunakan tisu. Tes tipe kulit satu ini sangat mudah dan bisa kamu lakukan sendiri di rumah. 


    Langkah-langkah:

    - Sebelum tidur, cucilah kulit wajah dengan sambut yang lembut

    - Tepuk wajah hingga kering

    - Coba jangan gunakan skincare apapun seperti pelembap, serum, maupun face oil

    - Pada pagi hari, tekanlah wajah dengan tisu saat bangun tidur


    Hasil Tes:

    Menekan wajah dengan tisu pada pagi hari bisa membantu kamu melihat bagian wajah mana yang berminyak dan yang tidak. Jika tisu tidak menyerap minyak dari kulit, artinya tipe kulit wajah kamu normal atau sehat. Nah, ada juga beberapa tanda yang menunjukkan tipe kulit wajah lainnya.

    Kulit kamu berminyak apabila wajah tampak berkilau atau tisu menyerap minyak saat ditekan. Sementara itu, tipe kulit wajahmu kering jika kulitmu terasa kencang atau bersisik satu jam setelah kamu menekan wajah dengan tisu. Terakhir, jika tisu menyerap minyak pada area dahi, hidung, dan dagu, tetap area lain terasa kering, maka kamu memiliki kulit kombinasi.

    (Baca juga: 4 Perbedaan Facial Wash Dan Facial Foam, Penasaran Apa Saja?)


    2. Tape Test

    Cara mengetahui tipe kulit wajah
    (Tape Test Untuk Tahu Tipe Kulit Wajah. Foto: Dok. Beauty Agent Studio/iStock)

    Selanjutnya, cara mengetahui tipe kulit wajah bisa kamu lakukan dengan menggunakan tape atau selotip. 


    Langkah-langkah:

    - Siapkan selotip bening biasa

    - Bilas wajah dengan pembersih yang lembut

    - Gunakan handuk untuk mengeringkan wajah

    - Cobalah untuk tidak menggunakan pelembap atau skincare apapun

    - Tunggu selama 20 menit

    - Tempelkan selotip pada wajah, dari daun telinga hingga ke daun telinga lainnya, serta di atas pangkal hidung

    - Diamkan selama tiga menit

    - Lalu lepaskan selotip secara perlahan


    Hasil Tes:

    Untuk melihat tipe kulit wajahmu, lepaskanlah selotip secara perlahan dan perhatikan bagian kulit wajah mana yang lengket. Apabila selotip menempel dan mudah terlepas, berarti kamu memiliki kulit yang normal.

    Sedangkan, jika selotip susah untuk dilepaskan dan mudah bergeser, artinya kamu memiliki kulit berminyak. Pasalnya, minyak mencegah perekat untuk menempel langsung pada kulit. Di lain sisi, jika selotip tampak keruh dan memiliki serpihan kulit saat dilepaskan berarti kamu memiliki tipe kulit wajah kering.


    3. Memperhatikan Kinerja Kulit Sepanjang Hari


    Kamu bisa memperhatikan kinerja kulit sepanjang hari untuk mengetahui tipe kulit wajahmu. Pada pengujung hari, ada beberapa hasil yang terlihat untuk menentukan tipe kulit wajahmu.

    Jika kulitmu terasa berminyak dan tampak berkilau, sudah pasti kamu memiliki tipe kulit wajah berminyak. Sementara itu, jika T-zone kamu tampak berkilau tetapi daerah lain terasa kering, berarti kamu memiliki tipe kulit kombinasi. Nah, kamu memiliki kulit normal jika ada sedikit minyak dan sedikit sisik pada kulit wajahmu. Terakhir, kulitmu akan terasa gatal, memerah, bahkan meradang, apabila kamu memiliki kulit sensitif. 


    (Baca juga: 6 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik Untuk Atasi Kulit Kering)


    4. Mencubit Kulit Wajah

    Cara mengetahui tipe kulit wajah
    (Cara Mengetahui Tipe Kulit Wajah Dengan Mencubit. Foto: Dok. PeopleImages/iStock)

    Terdengar lucu, tetapi cara satu ini bisa menjadi salah satu cara untuk mengetahui tipe kulit wajahmu lho. Kamu cukup mencubit kulit wajah dan memperhatikan tekstur kulit wajahmu. Jika tekstur kulit wajahmu terasa lembut dan kenyal, artinya kamu memiliki kulit normal. Namun, jika tekstur kulit wajahmu lengket, kemungkinan besar kamu memiliki tipe kulit wajah berminyak.


    5. Menggunakan Kertas Minyak

    Cara mengetahui tipe kulit wajah
    (Kenali Tipe Kulit Wajah. Foto: Dok. puhhha/iStock)

    Cara terakhir untuk mengetahui tipe kulit wajah dengan mudah adalah menggunakan kertas minyak. Cukup dengan menempelkan kertas minyak pada wajah setidaknya tiga jam setelah mencuci wajah. 

    Jika kamu menemukan minyak pada kertas minyak, artinya kamu memiliki kulit berminyak. Sebaliknya, jika tidak ada minyak sama sekali, artinya kamu memiliki jenis kulit wajah normal. Tipe kulit kamu kering apabila kertas minyak tidak menempel pada wajah. 

    (Baca juga: 10 Rekomendasi Masker Wajah Yang Pas Dengan Jenis Kulit)



    Inilah beberapa cara mengetahui tipe kulit wajah yang setidaknya dapat memudahkan kamu untuk mengenal tipe kulitmu, sebelum membeli skincare yang tepat. Semoga bermanfaat!


    (Penulis: Audrey Josephine)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below