10 Rekomendasi Masker Wajah yang Pas dengan Jenis Kulit


  • 10 Rekomendasi Masker Wajah yang Pas dengan Jenis Kulit
    Masker yang cocok untuk tipe kulit wajahmu. (Foto:Dok/Pixabay/Pexels)


    Wajah yang kusam kerap jadi masalah yang membuat seseorang menjadi minder, dan kurang percaya diri. Hal ini mendorong lahirnya aneka ragam masker di pasaran, yang mampu membuat wajah kembali segar dan terawat. Namun, pertanyaaannya, mana masker yang cocok buat kulit?

    Seorang asisten profesor dermatologi di New York, Manie Nussbaum pernah mengungkapkan masker kini menjadi obat dan solusi bagi masalah pada wajah. Di dalamnya, kata dia, seperti dikutip dari Fitness Magazine, terdapat bahan yang dapat mengatasi masalah kulit yang dialami. Namun, ia menyarankan agar pemakaian masker patut disesuaikan dengan jenis kulit. Ini menjadi penting agar kulit wajah tidak bermasalah di kemudian hari. 



    Dirangkum dari berbagai sumber, berikut jenis-jenis masker yang dapat disesuaikan dengan tipe kulit wajah. 

    (Baca Juga: 9 Manfaat Masker Tomat untuk Kulit Wajah)


    Wajah Kering dan Normal


    (tipe kulit kering.Foto:Dok/Inside Out Beauty)


    1. Cream Mask

    Bagi kamu yang memiliki tekstur kulit yang normal atau kering, cream mask menjadi pilihan yang tepat untuk digunakan. Kandungan AHA, BHA, natural butter dan juga essential oil dapat meningkatkan kelembapan pada kulitmu, sehingga wajahmu tampak lebih sehat dan halus.

    2. Gel Mask 

    Kandungan green tea, timun, dan kesegaran mint bisa menenangkan kulit yang sensitif dan memberikan kelembapan, serta mengencangkan kulit dengan cepat.

    (Baca Juga: 8 Rekomendasi Masker untuk Memutihkan Wajah)


    3. Hydrogel Mask

    Hydrogel mask bisa memberikan air yang cukup agar kulit kering kembali lembab dan kenyal. Tak hanya itu, dengan menggunakannya secara rutin, hydrogel mask bisa menunda munculnya kerutan pada wajahmu. Sehingga wajahmu lebih halus dan kencang.


    Kulit wajah Berminyak dan Berjerawat


    (Tipe kulit berminyak dan berjerawat.Foto:Dok/American Academy Dermatology)


    4. Clay Mask

    Kulit berminyak memang cenderung mudah berjerawat. Untuk mengantisipasinya, clay mask bisa mengurangi produksi minyak yang berlebihan pada wajahmu. Dengan menggunakannya seminggu 2-3 kali, kandungan asam laktat dan sitrat di dalamnya, mampu mengangkat kotoran dan komedo yang diakibatkan oleh debu yang menempel pada kulit wajah.


    Kulit Dewasa dan Berkeriput

    (tipe kulit wajah yang menua dan berkeriput.Foto:Dok/Nivea)


    5. Thermal Mask

    Saat musim hujan dan dingin tiba, jenis masker ini baik digunakan untuk melancarkan sirkulasi darah pada kulitmu. Tak hanya itu, thermal mask kaya akan kandungan air yang dapat bekerja dengan maksimal untuk mengangkat kotoran diwajahmu.

    (Baca Juga: 5 Kesalahan Utama Dalam Pemakaian Masker Wajah)


    6. Water Sleeping Mask

    Water sleeping mask memang sangat baik digunakan saat menjelang waktu tidurmu. Masker jenis ini sangat cocok untuk mengatasi penuaan kulit dan menghilangkan garis-garis halus. Dengan tidur yang cukup dan menggunakannya, kamu akan tampak lebih muda saat bangun tidur.


    7. Vitamin C

    Produksi kolagen memang akan menurun seiring bertambahnya usia, terutama saat umur kamu sudah melewati 40 tahun. Kulitmu semakin membutuhkan asupan vitamin C, kandungan AHA dan asam Laskorbat untuk memperlancar produksi kolagen. Jika kolagen pada kulit


    Kulit Sensitif dan Semua Jenis Kulit Wajah

    (tipe kulit sensitif.Foto:Dok/Dailymail)


    8. Exfoliating Masks

    Masker ini bisa kamu gunakan sebagai skin care rutin untuk hari-harimu. Kaya akan ekstras buah-buahan dan glicolic acid, bisa mengatasi kulitmu yang kusam, mengangkat sel kulit mati dan mencerahkan wajahmu lagi.

    (Baca Juga: Mengenal 4 Manfaat Masker Spirulina untuk Kulit Wajah)

    9. Sheet mask

    Selain mudah ditemui, masker jenis ini memang bisa digunakan untuk semua tipe kulit wajah. Mengandung asam hyaluronic dan kafein bisa menghilangkan jerawat dan stres pada kulit akibat aktivitas sehari-hari. Kamu bisa menggunakannya sebelum tidur selama 30 menit, untuk mendapatkan kulit yang kenyal dan segar di pagi hari.

    10. Peel-off mask

    Bahan alami pada peel-off sangat ampuh untuk menghilangkan komedo, mengangkat sel kulit mati, debu dan minyak pada wajah. Carilah masker ini dengan varian buah-buahan agar wajahmu tampak glowing setelah menggunakannya.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below