4 Perbedaan Facial Wash Dan Facial Foam, Penasaran Apa Saja?


  • 4 Perbedaan Facial Wash Dan Facial Foam, Penasaran Apa Saja?
    4 Perbedaan Facial Wash dan Facial Foam. Foto: Dok. torwai/iStock)

    Apakah kamu mengingingkan kulit wajah sehat? Cara terpenting untuk menjaga kesehatan kulit wajah adalah dengan rutin mencuci wajah. Beraktivitas seharian akan membbuat kulit wajahmu diselimuti oleh bakteri, polutan, virus, kotoran, dan sel-sel kulit mati. Untuk itu, penting bagi kamu untuk mencuci muka secara rutin supaya kulit bebas dari kotoran dan tampak lebih segar.


    Kini, berbagai jenis sabun cuci muka bisa kamu temukan di berbagai toko kecantikan, misalnya facial wash dan facial foam. Namun, tahukah kamu perbedaan facial wash dan facial foam? Enggak perlu bingung lagi, Her World akan bantu kamu mempelajari perbedaan keduanya.




    1. Tekstur

    Perbedaan facial wash dan facial foam
    (Tekstur Facial Foam dan Facial Wash. Foto: Dok. petrenkod/iStock)

    Perbedaan facial wash dan facial foam yang pertama terlihat pada teksturnya. Tekstur facial foam biasanya lebih lembut. Selain itu, facial foam akan mengeluarkan busa ketika kamu membersihkan wajah.  Terlebih lagi, dengan tekstur foam, wajah tetap terjaga kelembapannya meski minyak berlebih terserap secara maksimal, sehingga kulit wajahmu tidak akan kering.

    Sementara, facial wash memiliki dua tekstur berbeda yaitu, gel dan creamy. Untuk kamu yang memiliki kulit wajah kering, facial wash bertekstur creamy cocok untuk kamu karena terdapat kandungan moisturizer. Sedangkan untuk kamu yang memiliki kulit wajah sensitif dan berjerawat, cobalah facial wash dengan tekstur gel yang ringan. 


    2. Manfaat

    Perbedaan selanjutnya teradapat pada manfaat dari facial wash dan facial foam. Facial foam bermanfaat untuk mengangkat minyak berlebih pada wajah, mencerahkan wajah, dan mengangkat sel kulit mati yang menumpuk pada wajah. 

    Facial wash bermanfaat untuk mencegah iritasi, menajga kesegaran, dan menjaga kulit wajah agar tetap lembap. Kelembapan yang diberikan oleh facial wash, menjadikannya cocok untuk kulit sensitif. 


    3. Jenis Kulit

    Perbedaan facial wash dan facial foam
    (Pilih Sabun Cuci Muka Sesuai Jenis Kulit. Foto: Dok. Miriam Alonso/Pexels)

    Tekstur yang lembut dan berbusa pada facial foam mampu mengangkat minyak berlebih dan kotoran di permukaan wajah tanpa membuat kulit kering, sehinga sabun cuci muka satu ini cocok untuk kulit wajah berminyak dan berjerawat. 

    Di sisi lain, facial wash cocok untuk kulit wajah normal, kering, dan sensitif. Pasalnya, facial wash akan menjaga kelembapan kulit dan menghidrasi kulit wajahmu lebih lagi. Dengan begitu, kulit wajah terhindar dari iritasi dan peradangan.


    4. Cara Penggunaan

    Nah, cara penggunaan dari facial wash dan facial foam juga berbeda lho. Untuk menggunakan facial foam kamu perlu mengusapnya terlebih dahulu pada telapak tangan, lalu ratakan pada seluruh permukaan wajah. Penggunaan facial wash lebih praktis karena kamu tidak perlu mengusapkan pada tangan. Kamu bisa langsung mengusapkannya pada wajah secara merata. 


    (Baca juga: Lembap Tanpa Iritasi, Ini 6 Face Wash Untuk Kulit Kering)




    Rekomendasi Facial Wash

    1. Cetaphil Oily Skin Cleanser

    Perbedaan facial wash dan facial foam
    (Cetaphil Oily Skin Cleanser. Foto: Dok. Cetaphil)

    Cetaphil Oily Skin Cleanser sudah teruji secara dermatologi mampu mengangkat minyak, kotoran, dan sisa makeup di wajah. Berbagai jenis kulit, mulai dari kulit berminyak, kulit kombinasi, hingga kulit kering, cocok menggunakan facial wash satu ini. Kamu bisa menemukan Cetaphil Oily Skin Cleanser bisa kamu temukan di berbagai e-commerce dan toko kecantikan dengan harga Rp 170.644.


    2. COSRX Low pH Good Morning Gel Cleanser

    Perbedaan facial wash dan facial foam
    (COSRX Low pH Good Morning Gel Cleanser. Foto: Dok. COSRX)

    COSRX Low pH Good Morning Gel Cleanser diformulasikan untuk melembapkan kulit yang kering. Menariknya, sabun cuci muka satu ini memiliki BHA untuk mengobati dan mencegah jerawat yang ada. Temukan COSRX Low pH Good Morning Gel Cleanser di berbagai e-commerce dengan harga Rp 112.000.


    3. Sebamed Facial Cleanser Oily and Combination

    Perbedaan facial wash dan facial foam
    (Sebamed Facial Cleanser Oily and Combination. Foto: Dok. Sebamed)

    Memiliki masalah komedo? Sebamed Facial Cleanser Oily and Combination cocok untuku. Facial wash ini mampu membersihkan kotoran hingga ke pori-pori. Kamu bisa menemukan facial wash dari Sebamed di berbagai e-commerce dengan harga Rp 188.000.

    (Baca juga: Face Wash Untuk Kulit Berminyak)


    Rekomendasi Facial Foam

    1. Erha21 Acne Care Lab Acne Cleanser Scrub Beta Plus

    Perbedaan facial wash dan facial foam
    (Erha21 Acne Care Lab Acne Cleanser Scrub Beta Plus. Foto: Dok. Erha)

    Erha memang menawarkan berbagai produk perawatan kulit yang berkualitas. Facial foam satu ini cocok untuk kulit berjerawat karena mengandung asam salisilat dan sulfur yang mampu mengobati jerawat. Scrub yang terdapat pada facial foam ini dirancang untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk. Dijual dengan harga Rp 86.500 saja, Erha21 Acne Care Lab Acne Cleanser Scrub Beta Plus bisa langsung kamu beli di klinik Erha maupun berbagai e-commerce.


    2. NIVEA Sparkling White Whitening Facial Foam

    Perbedaan facial wash dan facial foam
    (NIVEA Sparkling White Whitening Facial Foam. Foto: Dok. NIVEA)

    Rekomendasi facial foam berikutnya adalah NIVEA Sparkling White Whitening Facial Foam. Facial foam satu ini bisa digunakan oleh kulit normal dan kulit kombinasi. Pemilik kulit sensitif tak perlu khawatir, karena facial foam ini tidak mengandung alkohol. Harganya pun cukup terjangkau yaitu, Rp 49.613. Berbagai toko kecantikan dan e-commerce menyediakan NIVEA Sparkling White Whitening Facial Foam.


    3. Senka Perfect White Clay

    Perbedaan facial wash dan facial foam
    (Senka Perfect White Clay. Foto: Dok. Senka)

    Dengan tekstur foam yang lembut, Senka Perfect White Clay mampu melembapkan wajah dan mengangkat kotoran membandel hingga ke pori-pori. Dijamin, wajahmu akan menjadi cerah seketika, bahkan sejak pemakaian pertama. Senka Perfect White Clay dijual di berbagai e-commerce dengan harga Rp 35.000.


    (Baca juga: Cara Tepat Double Cleansing Untuk Kulit Wajah Berminyak)


    Well, itu dia beberapa perbedaan facial wash dan facial foam. Untuk membersihkan wajah secara maksimal, sebaiknya kamu menyesuaikan sabun cuci muka dengan kebutuhan kulit wajahmu, ya. Selamat mencoba!


    (Penulis: Audrey Josephine)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below