Face Wash Untuk Kulit Berminyak


  • Face Wash Untuk Kulit Berminyak
    Rekomendasi face wash untuk kulit berminyak (Foto:Dok.shiny/pexels)

    Kulit yang berminyak merupakan salah satu masalah kulit yang paling sering terjadi. Penyebab kulit berminyak adalah sebum, yang berasal dari kelenjar sebaceous penghasil minyak tubuh. Produksi sebum berlebih memang membuat kulit terlihat mengkilap dan berkilau. Serta, sebum sebenarnya membantu merawat kulit tetap lembap.


    Tetapi, minyak yang berlebih justru dapat memicu munculnya jerawat. Ini disebabkan karena kotoran lebih mudah menempel pada kulit hingga akhirnya menyumbat pori. Masalah yang satu ini tidak hanya mengganggu penampilan, tapi juga membuat makeup sulit menempel di kulit dan juga kerap memicu jerawat berlebih. Maka dari itu, kamu perlu menggunakan sabun pencuci wajah atau face wash yang tepat dan sesuai dengan jenis kulit kamu yang berminyak.




    Dilansir dari The Strategist, Dr. Joshua Zeichner, direktur penelitian kosmetik dan klinis di bidang dermatologi di Mount Sinai menjelaskan, “Kamu dapat meminimalkan munculnya kulit berminyak dengan menggunakan produk perawatan kulit tertentu.”


    Beberapa ahli merekomendasikan untuk mencari bahan-bahan seperti asam salisilat, yang umum dalam perawatan kulit untuk kulit yang rentan jerawat dan kulit berminyak, dan juga asam glikolat. Jennifer MacGregor dari Union Square Laser Dermatology merekomendasikan untuk mencoba bahan pengelupasan ringan seperti asam glikolat dan asam salisilat untuk membantu produksi minyak.


    “Bagi mereka yang memiliki kulit berminyak yang cenderung menyumbat pori-pori, saya menyukai pembersih glikolat yang lembut,” ucapnya. Kamu juga harus menghindari pencucian yang keras karena hal tersebut dapat menghilangkan lipid dan protein yang diperlukan yang membentuk struktur bata dan mortir penghalang kulit yang sehat.


    Berikut ada beberapa rekomendasi face wash untuk kulit yang berminyak.


    (Baca Juga: Waktu Terbaik Menggunakan Masker Wajah)


    CeraVe Foaming Facial Cleanser

    face wash untuk kulit yang berminyak(Foto: Dok.cerave/Instagram)

    Saat memilih face wash, sebaiknya menggunakan sesuatu yang lembut dan berbusa, sehingga dapat menghilangkan minyak dan kotoran dengan lembut dan juga non-comedogenic (tidak akan menyumbat pori-pori). CeraVe Foaming Facial Cleanser merupakan pembersih wajah dengan tekstur busa yang dapat membersihkan dan melembutkan, mengangkat kotoran dan sisa tata rias.

    Sabun berbusa masuk lebih dalam ke pori-pori kamu daripada larutan krim untuk menghilangkan kotoran secara menyeluruh. CeraVe Foaming Facial Cleanser juga memiliki tekstur yang lembut dan aman untuk semua jenis kulit, termasuk kulit berminyak. Formulanya memiliki tiga ceramide penting untuk membersihkan kulit tanpa menghilangkannya dalam prosesnya.

    Ceramides juga dapat membantu kulit membangun kembali dan memperbaiki penghalang pelindung agar lebih tahan terhadap kerusakan di masa depan dan tanda-tanda penuaan. Face wash ini juga mengandung asam hialuronat, yang memberikan kelembaban dan niacinamide, yang menenangkan dan menenangkan kulit, sementara sodium lauroyl lactylate memberi pembersih konsistensi berbusa, yang membantu melonggarkan kotoran kulit.

    Produk ini mengandung Purified Water, Cocamidopropyl Hydroxysultaine, Glycerin, Sodium Lauroyl Sarcosinate, PEG-150 Pentaerythrityl Tetrastearate and PEG-6 Caprylic/Capric Glycerides, Niacinamide, Propylene Glycol, Sodium Methyl Cocoyl Taurate, Ceramide 3, Ceramide 6-II, Ceramide 1, Hyaluronic Acid, Cholesterol, Sodium Chloride, dan lainnya. Kamu bisa mendapatkan produk ini dengan Rp 135.000


    Mario Badescu Enzyme Cleansing Gel

    face wash untuk kulit yang berminyak

    (Foto:Dok.mariobadescu/Instagram)

    Mario Badescu Enzyme Cleansing Gel merupakan gel cleanser yang dapat membersihkan makeup, minyak, dan kotoran sekaligus mengeksfoliasi kulit dan mencerahkan kulit sehingga terlihat lebih sehat. Tekstur gel juga bagus untuk kulit berminyak, karena gel benar-benar mendinginkan dan memiliki elemen pelembap untuk menyeimbangkan kulit yang berminyak. Kamu bisa mendapatkan face wash yang satu ini dengan harga Rp 283.000


    (Baca Juga: Cara Tepat Double Cleansing Untuk Kulit Wajah Berminyak)


    Cetaphil Oily Skin Cleanser

    face wash untuk kulit yang berminyak

    (Foto:Dok.flashmartsl/Instagram)

    Cetaphil Oily Skin Cleanser merupakan pembersih wajah untuk kulit yang berminyak. Produk ini mampu menghilangkan sisa make up, kotoran pada wajah, dan juga minyak berlebih pada wajah. Sebuah pembersih yang efektif untuk kulit berminyak, kombinasi, dan mudah berjerawat.

    Cetaphil Oily Skin Cleanser cocok digunakan untuk orang yang memiliki kulit berminyak, kombinasi, dan mudah berjerawat. Formula face wash ini pH-balanced bebas sabun. Tidak menyumbat pori-pori. Oily Skin Cleanser ini juga bisa dipakai juga untuk seluruh tubuh.

    Cleanser ini mampu membersihkan wajah tanpa mengganggu kelembaban alami kulit. Bahkan, produk ini juga sudah terbukti secara klinis mampu mengurangi sebum dalam waktu dua minggu. Kamu bisa mendapatkan face wash yang satu ini dengan harga Rp 159.000


    Elsheskin Oily Cleanser Wash

    face wash untuk kulit yang berminyak

    (Foto:Dok.elsheskin/Instagram)

    Bagi kamu yang memiliki kulit wajah berminyak, kamu bisa mencoba Elsheskin Oily Cleanser Wash untuk membersihkan kotoran dan debu yang menempel akibat wajah berminyak dan mengurangi minyak berlebih di wajah. Kulit wajah akan menjadi lebih bersih, segar, serta mengurangi minyak berlebih. Face wash yang satu ini mengandung Aqua, Sodium Laureth Sulfate, Cocamidopropyl Betaine, Cocamide DEA, Glycerin, Potassium Thiocyanate, Lactoferrin, Lactoperoxidase, Glucose Oxidase, Glucose Pentaacetate, dan Sodium Chloride. Dapatkan produk ini dengan harga Rp 65.000


    Safi White Expert Oil Control & Anti Acne Facial Cleanser

    face wash untuk kulit yang berminyak

    (Foto:Dok.safiindonesia/Instagram)

    Facial wash untuk kulit berminyak selanjutnya adalah Safi White Expert Oil Control & Anti Acne Facial Cleanser. Sabun cuci muka dengan busa yang lembut ini diperkaya dengan oxy white yang mampu membersihkan kotoran dan minyak berlebih di wajah.

    Selain itu, kandungan mineral zinc di dalamnya dapat membantu merawat kulit minyak yang rentan berjerawat. Kamu bisa mendapatkan face wash yang satu ini dengan hargaIRp 37.900


    Itulah beberapa rekomendasi face wash untuk kulit berminyak. Selamat mencoba!



    (Penulis: Putri Raiza)





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Maudy Ayunda dan Amanda Khairunnisa Cover Agustus 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below