Apakah Stretch Mark Bisa Hilang? Intip 4 Cara Termudah Ini


  • Apakah Stretch Mark Bisa Hilang? Intip 4 Cara Termudah Ini
    Penyebab & Cara Menghilangkan Stretch Mark. (Foto: Dok. chokja/iStock)

    Sebagian besar orang merasa tidak percaya diri dengan adanya stretch mark. Namun, sebenarnya stretch mark adalah hal yang wajar terjadi pada pria dan wanita sebagai salah satu tanda pertumbuhan. Stretch mark dapat timbul saat mengalami pubertas, masa kehamilan, atau kenaikkan berat badan. 


    Stretch mark merupakan guratan pada kulit yang biasanya muncul di paha, perut, lengan atas, dan bokong. Ketika tubuhmu berkembang lebih cepat dari pertumbuhan kulit, maka stretch mark akan muncul pada kulit. Hal ini disebabkan oleh jaringan elastis yang rusak dan mengalami peradangan, sehingga akan ada bekas luka berupa guratan pada kulit bagian terluar. 




    Penyebab Stretch Mark

    Apakah Stretch Mark Bisa Hilang
    (6 Penyebab Stretch Mark. Foto: Dok. Marina Demeshko/iStock)

    Stretch mark dipicu oleh peregangan yang terjadi pada kulit. Beberapa hal yang bisa meregangkan kulit antara lain:

    - Kenaikkan berat badan secara drastis

    - Pubertas, di mana tubuh dan kulit mengalami perubahan dan pertumbuhan yang pesat

    - Implan payudara atau bokong yang terlalu besar

    - Kehamilan, peregangan kulit perut yang terjadi seiring bertambahnya usia kehamilan dan kenaikkan berat badan 

    - Konsumsi steroid secara berlebihan

    - Berbagai penyakit genetik seperti, penyakit Cushing, sindrom Marfan, dan sindrom Ehlers-Danlos


    (Baca juga: 5 Penyebab Stretch Mark Pada Remaja Dan Cara Memudarkannya)


    Apakah Stretch Mark Bisa Hilang?

    Apakah Stretch Mark Bisa Hilang
    (Stretch Mark Dapat Pudar. Foto: Dok. thepoo/iStock)

    Meski tidak berbahaya bagi kesehatan, beberapa orang menganggap stretch mark sebagai perusak penampilan. Pada dasarnya, stretch mark akan pudar seiring berjalannya waktu. Namun, stretch mark memang tidak akan hilang secara sempurna. 


    Berbagai perawatan telah diciptakan untuk menghilangkan stretch mark. Bahkan beberapa di antara perawatan yang ada telah terbukti berhasil menghilangkan stretch mark secara sempurna. Perawatan untuk mengurangi stretch mark dilakukan oleh dokter kulit atau ahli bedah plastik. Oleh karena itu, biaya yang dibutuhkan pun cenderung mahal dan biasanya tidak ditanggung oleh asuransi kesehatan.


    (Baca juga: Tips Percaya Diri Dengan Stretch Mark Dan Cara Perawatannya)


    Cara Menghilangkan Stretch Mark

    Apakah Stretch Mark Bisa Hilang
    (Cara Menghilangkan Stretch Mark Paling Efektif. Foto: Dok. Jun/iStock)

    1. Retinol


    Retinol adalah bahan paling tepat dan efektif untuk menghilangkan stretch mark. Pasalnya, retinol mampu memperbaiki tekstur kulit dengan memicu pembaruan epidermis, produksi kolagen, dan produksi warna kulit. Dengan begitu, sel kulit mata akan terangkat dan tekstur kulit yang kasar menjadi lebih lembut. 


    Bukan hanya itu, retinol juga mampu membuat kulit tampak sehat dan mencegah kerusakan baru terjadi. Meski tidak akan menunjukkan hasil secara instan, kamu tetap perlu menggunakan retinol pada stretch mark secara rutin, setidaknya sehari sekali. Jika kamu konsisten menggunakan retinol, maka stretch mark-mu akan cepat pudar.


    2. Microneedling 


    Microneedling adalah prosedur penusukan jarum-jarum halus ke kulit dengan tujuan menimbulkan luka kecil untuk memicu peremajaan kulit. Prosedur kecantikan ini merupakan salah satu cara menghilangkan stretch mark yang cukup efektif.


    Ketika kulit meregang atau menyusut secara cepat, kolagen dan protein pada kulit akan pecah, sehingga stretch mark menjadi terlihat. Nah, jarum-jarum yang menusuk kulit akan memicu produksi kolagen dan protein untuk mengatasi munculnya stretch mark.


    3. Laser


    Munculnya stretch mark disebabkan oleh kerusakan kolagen. Oleh karena itu, cara menghilangkan stretch mark yang tepat adalah dengan memperbaiki kolagen di area munculnya stretch mark. Salah satu caranya adalah dengan laser menggunakan hyaluronic acid serum, yang mampu meningkatkan toleransi elastisitas kulit.


    Biasanya, dokter kulit akan menyarankan minimal tiga kali perawatan yang dijadwalkan satu bulan sekali, sehingga hasil laser pun akan lebih maksimal. Setelah melakukan prosedur laser, kulit akan sedikit mengalami kemerahan dan disarankan untuk menghindari paparan sinar matahari.


    4. Menjaga Kelembapan Kulit


    Kunci untuk mengatasi stretch mark adalah dengan memahami kebutuhan untuk menjaga kelembapan kulit. Sebab, kulit yang terhidrasi dengan baik dapat mempercepat perbaikan jaringan yang rusak, sehingga kulit tetap lembut dan kenyal. 


    Salah satu produk yang dapat melembapkan sekaligus menghilangkan stretch mark adala Bio-Oil Skincare Oil. Produk ini terbukti ampuh untuk menghilangkan stretch mark. Produk ini diformulasikan untuk meresap hingga ke dalam kulit dan melembapkan kulit selama beberapa jam. 


    (Baca juga: Tips Untuk Menghilangkan Stretch Mark Pada Tubuh)


    Jadi, apakah stretch mark bisa hilang? Jawabannya, bisa tetapi tidak hilang secara sempurna. Kamu bisa memilih salah satu cara mengatasi stretch mark di atas supaya kulitmu bebas dari stretch mark. Semoga bermanfaat!


    (Penulis: Audrey Josephine)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below