Tips Untuk Menghilangkan Stretch Marks Pada Tubuh


  • Tips Untuk Menghilangkan Stretch Marks Pada Tubuh
    Tips Menghilangkan Stretch Marks. (Foto: Dok. Jan Canty/Unsplash)

    Dilansir dari Her World Singapura, guratan yang kerap tampak di permukaan kulit atau lebih familier dengan nama stretch marks datang dari berbagai hal – pubertas, berat badan yang bertambah maupun berkurang, hormon, kehamilan, dan juga pasca melahirkan. Banyak perempuan yang membagikan rasa kagetnya ketika melihat garis-garis putih dan cokelat muncul setelah melahirkan, meski semasa hamil tidak mengalaminya.

    Namun, ingat! Bukan salahmu jika kamu memiliki stretch marks, ini adalah cara tubuh untuk mengingat momen-momen penting dalam hidup kita. Meski tidak sepenuhnya hilang, ada beberapa cara untuk mengurangi stretch marks yang kita miliki (maupun yang akan didapat). Inilah beberapa cara yang dapat dilakukan perempuan (dan juga laki-laki) untuk menghilangkan stretch marks.

    (Baca Juga: Kenali Manfaat Peppermint Oil Untuk Kecantikan)



    1. Melembapkan kulit luar dan dalam

    Mulai dari hal yang mendasar, menutrisi dan melembapkan. Gunakan minyak atau krim untuk melembapkan kulit dan konsumsi air putih yang banyak untuk menghidrasi kulit dari dalam. Hindari minuman kafein seperti kopi dan teh terlalu banyak karena minuman-minuman tersebut akan menyerap air keluar dari tubuhmu.

    Tips Untuk Menghilangkan Stretch Marks Pada Tubuh

    (Scrub badan yang dapat dibuat di rumah. Foto: Dok. Monstera/Pexels)

    2. Gunakan vitamin E

    Selain lembap, kulit juga butuh nutrisi yang cukup, salah satunya adalah vitamin E. Jenis vitamin yang dikenal dapat meningkatkan elastisitas kulit sehingga berpotensi untuk mengantisipasi perubahan pada kulit, kontraksi maupun kerusakan kolagen pada kulitmu yang memunculkan stretch marks.

    Gunakan minyak atau krim dengan kandungan vitamin E tanpa campuran hal-hal lainnya secara rutin. Kamu pun dapat menggunakan produk kandungan vitamin E ini sebagai pelembap sehingga kamu langsung menghidrasi sekaligus menutrisi kulit di saat bersamaan.

    (Baca Juga: 7 Penyebab Bruntusan Di Dahi Yang Semestinya Diwaspadai)

    3. Eksfoliasi secara rutin

    Cara untuk menghilangkan stretch marks pada tubuh ini dapat kamu lakukan di rumah dan terbukti menjadi solusi jangka panjang untuk hilangkan garis-garis halus pada tubuh ini: Eksfoliasi. Mulai cari-cari resep membuat scrub gula.

    Lakukan eksfoliasi secara rutin setiap minggu atau gunakan sabun dengan butiran scrub jika kamu ingin eksfoliasi saat mandi. Gunakan scrub yang halus sehingga lebih nyaman di kulit ketika kamu mengeksfoliasinya.

    Namun, jika kamu tidak menyukai scrub jenis tersebut, coba eksfoliasi kimiawi dengan memakai produk dengan kandungan asam glikolat setiap malam, tetapi ingat untuk menggunakan tabir surya keesokan harinya, khususnya di area pemakaian.

    Proses eksfoliasi dilakukan untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang terbentuk menjadi stretch marks pada kulitmu. Kemudian, kulit akan meregenerasi dan garis-garis halus akan tersamarkan di permukaan. Namun, pastikan kamu tidak lakukan eksfoliasi berlebihan atau terlalu keras karena dapat menyebabkan kulitmu iritasi dan justru memperburuk kondisi stretch marks pada tubuh.

    4. Mungkin kamu dapat mencoba tretinoin

    Jika kamu sudah mencoba berbagai krim dan minyak tetapi stretch marks tidak kunjung samar, mungkin kamu dapat berkonsultasi dengan dokter kecantikan dan meminta resep tretinoin. Kamu harus pastikan untuk memakai tabir surya ketika kamu mengekspos area tersebut ketika beraktivitas di luar ruangan.

    Apa itu tretinoin dan apa yang membedakannya dengan retinol? Seperti yang kita ketahui, retinol dikenal sebagai vitamin A bagi kulit. Tretinoin adalah jenis retinol yang lebih kuat dan memiliki konsentrat tinggi.

    Secara klinis, tretinoin terbukti dapat menyamarkan stretch marks pada tubuh. Namun, pastikan kamu tetap mengonsultasikannya kepada dokter kecantikan sebelum menggunakannya.

    Tips Untuk Menghilangkan Stretch Marks Pada Tubuh

    (Garis-garis halus pada bagian-bagian tubuh. Foto: Dok. Karolina Grabowska/Unsplash)

    5. Lakukan perawatan laser

    Jika kamu ingin mengeluarkan biaya lebih untuk hilangkan stretch marks pada tubuh, konsultasikan kepada dokter kecantikan untuk perawatan laser. Perawatan ini dapat membantu tingkatkan produksi kolagen yang dapat memperbaiki tisu-tisu di dalam kulit yang rusak dan menjadi penyebab kemunculan stretch marks.

    Laser juga dapat memperbaiki tampilan stretch marks secara signifikan. Namun, proses ini tidak menghasilkan efek instan, kamu perlu lakukan perawatan sebanyak 20 kali secara rutin sebelum melihat perubahan yang jelas.

    (Baca Juga: Sebelum Kamu Membuat Tato, Pikirkan Hal Ini)

    Inilah beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk menghilangkan stretch marks pada bagian-bagian tubuh sehingga kamu dapat tampil lebih percaya diri.




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Maudy Ayunda dan Amanda Khairunnisa Cover Agustus 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below