5 Penyebab Stretch Mark Pada Remaja Dan Cara Memudarkannya


  • 5 Penyebab Stretch Mark Pada Remaja Dan Cara Memudarkannya
    Penyebab Stretch Mark Pada Remaja dan Cara Memudarkannya Menggunakan Bahan Alami. (Foto: Dok. Huha Inc/Unsplash)

    Stretch mark adalah kondisi kulit pada tubuh yang mengalami perubahan dengan munculnya garis-garis seperti akar, yang dapat ditemukan di daerah bagian paha, perut, payudara, bokong, dan pinggul. Stretch mark umumnya dialami oleh ibu-ibu yang sedang mengandung, terutama pada trimester terakhir kehamilan.




    Selain wanita hamil, stretch mark ternyata juga bisa terjadi pada remaja, lho. Bukan kehamilan, penyebab stretch mark pada remaja dapat diakibatkan karena kenaikan berat badan yang tidak terkontrol. Diduga adanya peregangan pada kulit tubuh, faktor lain yang menjadi penyebab stretch mark bisa dialami remaja adalah faktor genetik, dimana ada seorang anggota keluarga yang memiliki riwayat mengalami stretch mark dan menjadi warisan turun temurun.


    (Baca Juga : Tips Percaya Diri dengan Stretch Mark dan Cara Perawatannya)


    Di samping itu pula,  beberapa alasan yang dapat menjelaskan penyebab stretch mark pada remaja laki-laki maupun perempuan serta cara penanganannya. Yuk, simak! 


    1. Masa pubertas


    Selama memasuki masa pubertas, baik remaja laki-laki dan perempuan pasti akan mengalami perubahan signifikan pada bentuk tubuh mereka. Salah satu alasan penyebab stretch mark bisa muncul pada kulit para remaja ini karena hal tersebut merupakan bagian dari masa pubertas seseorang. Bukan tanpa alasan, stretch mark yang muncul ini karena penambahan berat badan dengan sangat cepat ketika para remaja melewati fase pubertas.


    Jadi, kalau kamu punya adik yang bingung kenapa pada kulit tubuhnya mulai muncul bentuk guratan aneh berwarna kemerahan atau abu-abu, jelaskan secara singkat padanya jika hal tersebut adalah kondisi normal yang dialami semua orang.


    2. Obesitas


    Penyebab stretch mark pada remaja

    (Obesitas pada remaja juga menjadi salah satu penyebab munculnya stretch mark. Foto: Dok. i yunmai/Unsplash)


    Seiring berjalanannya waktu, peningkatan berat badan yang tidak terkontrol bisa menjadi penyebab stretch mark muncul pada kulit tubuh. Hal ini disebabkan karena ketidakseimbangan kulit yang meregang sehingga mengakibatkan robekan pada jaringan kulit dan membekas. Pada umumnya, stretch mark yang timbul karena obesitas tidak hanya dialami remaja saja, tetapi juga orang dewasa.


    3. Turunnya berat badan


    Tahukah kamu? Jika munculnya stretch mark tidak hanya karena faktor obesitas semata. Berhasilnya seorang remaja menjalankan dietnya dan berakibat penurunan berat badan yang drastis, juga menjadi alasan normal stretch mark timbul di kulit tubuh bagian tertentu. Namun tenang saja, jika hilangnya berat badanmu terpangkas secara perlahan dengan melewati proses olahraga yang tidak berlebihan, maka peluang timbulnya stretch marks bisa menurun.


    (Baca Juga : Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan)


    4. Olahraga membentuk otot


    Tidak ada salahnya dalam melakukan olahraga tertentu sesuai keinginan, tapi jangan sampai berlebihan sampai menyakiti diri sendiri. Selain itu, adapun olahraga membentuk otot tubuh yang juga bisa menyebabkan stretch marks, lho. Olahraga yang intens terutama meningkatkan massa otot yang cepat berpeluang besar menimbulkan guratan merah atau abu-abu disekitar paha maupun lengan.


    Maka dari itu, untuk mencegahnya kamu wajib mengatur intensitas olahraga yang diiringi dengan mengonsumsi makanan kaya akan nutrisi secara seimbang. Bahkan,binaragawan yang sudah profesional sekalipun akan mengalami timbulnya stretch mark karena latihan-latihan berat yang ia lakukan.


    5. Mengidap kondisi medis tertentu


    Penyebab stretch mark pada remaja

    (Pengidap sindrom Marfan dan sindrom Cushing berpotensi mengalami stretch mark di bagian tubuh tertentu. Foto: Dok. Christina Victoria Craft/Unsplash)


    Secara medis, penyebab timbulnya stretch marks pada remaja juga dapat disebabkan oleh kondisi medis tertentu. Misalnya, ada seorang remaja yang mengidap sindrom Marfan dan sindrom Cushing. Remaja pengidap sindrom Marfan sering mengalami stretch mark karena jaringan di kulit mereka melemah dan kulit tidak elastis seperti orang pada umumnya. Jika seorang remaja memiliki sindrom Marfan, stretch mark kemungkinan besar akan muncul di bagian bahu, pinggul, dan punggung bawah.


    Cara mengatasi stretch mark pada remaja


    Biasanya tindakan medis untuk menghilangkan stretch mark, pada remaja sendiri stretch mark bisa dipudarkan dengan bahan-bahan alami. Di antaranya, kamu dapat menggunakan bubuk cokelat tawar yang belum diberi pemanis. Jadikan seperti bentu pasta, lalu oleskan ke area yang terdapat stretch mark.

    Penggunaan minyak zaitun secara rutin juga akan membantu kamu memudarkan guratan merah muda ini, lho. Caranya, campur jadi satu sesendok minyak zaitun dan madu, kemudian lakukan hal yang sama dengan mengoleskan di bagian-bagian kulit yang kelihatan meregang.


    (Baca Juga : 6 Tips Efektif untuk Menghilangkan Selulit Dengan Cepat)


    Stretch mark merupakan hal normal yang terjadi pada tubuh manusia. Tidak perlu malu dengan sesuatu yang kerap dianggap sebagai kekurangan ini, stretch mark dapat hilang secara perlahan jika kamu menemukan terapi yang tepat atau rutin menggunakan bahan alami untuk memudarkannya.



    (Penulis : Nabila Marshanda Aliescha)





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Vanesha Prescilla Cover September 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below