Belajar Gaya Hidup Slow Living di 'Sejauh Rumah Kita'


  • Belajar Gaya Hidup Slow Living di 'Sejauh Rumah Kita'
    Sejauh Mata Memandang menghadirkan Sejauh Rumah Kita untuk ajarkan gaya hidup slow living. (Foto: Dok. Sejauh Mata Memandang)

    Label tekstil slow fashion bernama Sejauh Mata Memandang baru saja menghadirkan "Sejauh Rumah Kita" sebuah tempat untuk berbagi ilmu dalam merawat bumi dengan melibatkan berbagai komunitas di daerah Yogyakarta yang telah mempromosikan gaya hidup slow living melalui kegiatan Belajar Bersama yang diadakan secara rutin setiap hari Sabtu dalam dua sesi, pagi dan sore. 


    Bincang Santai bersama Chitra Subyakto




    Kegiatan Belajar Bersama pertama diadakan pada hari Sabtu, 16 Juli 2022, yaitu Bincang Santai tentang upcycle dan recycle bersama Chitra Subyakto, pendiri dan creative director Sejauh Mata Memandang. Kegiatan yang terbagi menjadi sesi pagi dan sore ini sukses dihadiri oleh 30 peserta. Selaras dengan komitmen Sejauh Mata Memandang tentang penerapan model bisnis sirkular untuk meminimalisasi limbah dan polusi dari industri tekstil, Chitra mengungkapkan cara untuk lebih bertanggung jawab terhadap barang-barang di sekitar kita, seperti pakaian, yang sering kali tidak kita pedulikan perawatannya ketika tidak terpakai lagi sehingga berakhir hanya menjadi sampah. 


    sejauh rumah kita, sejauh mata memandang, sejauh rumah gajah, akuna indonesia

    (Chitra Subyakto. Foto: Dok. Sejauh Mata Memandang)

    Dalam kegiatan tersebut, Chitra juga mengajak para peserta untuk memanfaatkan kembali kaos yang tidak terpakai dengan mengubah fungsinya menjadi tas kain lipat menggunakan kain perca produksi Sejauh Mata Memandang yang dijahit di bagian luarnya sebagai kantong untuk menambahkan aksen unik. 


    sejauh rumah kita, sejauh mata memandang, sejauh rumah gajah, akuna indonesia

    (Kegiatan bersama Chitra Subyakto. Foto: Dok. Sejauh Mata Memandang)


    Menggambar dan Mewarnai "Sejauh Rumah Gajah" bersama Cikgu Yustina


    Kegiatan Belajar Bersama minggu kedua diadakan pada hari Sabtu, 23 Juli 2022 untuk memperingati Hari Anak Nasional yang jatuh pada tanggal 23 Juli setiap tahunnya. Sejauh Mata Memandang mengajak Cikgu Yustina dari Art Class Cikgu untuk mengajarkan anak-anak untuk menggambar dan mewarnai bersama dengan tema "Sejauh Rumah Gajah" yang terinspirasi dari Gajah Sumatera, satwa yang terancam punah. Cikgu Yustina memaparkan bahwa ia ingin meningkatkan kesadaran anak-anak tentang gentingnya masalah lingkungan hidup sedini mungkin karena mereka adalah generasi penerus yang berperan menting untuk mencegah kepunahan satwa di masa depan. 


    sejauh rumah kita, sejauh mata memandang, sejauh rumah gajah, akuna indonesia

    (Kegiatan menggambar dan mewarnai bersama Cikgu Yustina. Foto: Dok. Sejauh Mata Memandang)


    (Baca Juga: Jaga Kulit & Bumi, Ini 5 Beauty Brand Yang Ramah Lingkungan)


    sejauh rumah kita, sejauh mata memandang, sejauh rumah gajah, akuna indonesia

    (Peserta kegiatan menggambar dan mewarnai "Sejauh Rumah Gajah". Foto: Dok. Sejauh Mata Memandang)


    Membuat Sabun Cuci Pakaian Ramah Lingkungan bersama Akuna Indonesia


    Akuna Indonesia, sebuah studio etnobotani yang membuat produk perawatan diri berdasarkan tradisi Indonesia turut mengisi kegiatan Belajar Bersama pada sesi sore hari Sabtu, 23 Juli 2022, dengan mengajarkan para peserta untuk membuat sabun cuci pakaian ramah lingkungan. Pendiri Akuna Indonesia, Wulan Hardjosoediro dan Dina Hardjosoediro, mengajarkan berbagai hal tentang proses pembuatan sabun, mulai dari proses saponifikasi, mengenali bahan-bahan yang aman dan alami, hingga pengaruh sabun terhadap warna kain dan kulit manusia. Sabun yang dibuat dalam kegiatan ini tidak merusak warna pakaian, tidak meninggalkan residu sehingga aman untuk pakaian bayi dan bahkan bisa dipakai sebagai sabun mandi. 


    sejauh rumah kita, sejauh mata memandang, sejauh rumah gajah, akuna indonesia

    (Kegiatan membuat sabun cuci pakaian ramah lingkungan bersama Akuna Indonesia. Foto: Dok. Sejauh Mata Memandang)


    Wulan mengatakan bahwa ia mengapresiasi kehadiran "Sejauh Rumah Kita" sebagai tempat untuk berbagi ilmu dan praktik tentang slow living serta mengadopsi hidup yang lebih sehat dan ramah lingkungan. Tak hanya itu, ia juga bersyukur atas kesempatan yang diberikan untuk memperkenalkan produknya sebagai produk lokal warisan tradisi leluhur yang ramah lingkungan.


    (Baca Juga: Mengenal Koleksi Sepatu Ramah Lingkungan Converse)


    "Sejauh Rumah Kita" dibuka setiap hari mulai tanggal 8 Juli sampai 4 September 2022 dari pukul 10 pagi hingga 6 sore WIB di Rumah Simbah Studio, NG I/1301 Jl. Kp. Ngadiwinatan, Ngampilan, Yogyakarta 55261. Di bulan Agustus, ada beberapa komunitas yang akan mengisi kegiatan "Sejauh Rumah Kita", di antaranya adalah Sekolah Pagesangan, Klub Masak Sirja, Vitarlenology, Tegel Kunci, Tactic Plastic, dan sebagainya. Segera daftar kegiatan Belajar Bersama dengan menghubungi Kiky di 0813-2549-8659 atau melalui email [email protected] Pendaftaran juga bisa dilakukan dengan mengunjungi akun Instagram resmi @sejauh_mata_memandang. 


    (Penulis: Andrea Nathania)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below