Kenali 5 Penyebab Kerontokan Rambut & Cara Mengatasinya


  • Kenali 5 Penyebab Kerontokan Rambut & Cara Mengatasinya
    Penyebab Rambut Rontok Dan Cara Mengatasinya. (Foto: Dok. Doucefleur/iStock)

    Rambut rontok, salah satu masalah rambut yang kerap terjadi khususnya pada wanita. Sebenarnya, rambut rontok adalah hal yang normal. Setiap harinya, rambut kamu akan rontok sekitar 50-100 helai. Kerontokan ini tidak akan menyebabkan kamu menjadi botak, karena setiap hari ada rambut yang tumbuh untuk menggantikan rambut yang hilang. 


    Namun, rambut rontok secara berlebihan bukanlah hal yang wajar. Rambut rontok berlebihan ditandai dengan rontoknya lebih dari 100 helai rambut per hari. Masalah rambut ini akan semakin parah jika kamu mengalami pertumbuhan rambut yang cukup lama. Jadi, apa saja penyebab rambut rontok dan bagaimana cara mengatasinya? Mari simak informasi lengkap seputar rambut rontok berikut ini.




    (Baca juga: Penyebab Rambut Rontok Berlebihan Pada Wanita)


    Penyebab Rambut Rontok

    Penyebab Kerontokan Rambut

    (Penyebab Kerontokan Rambut Paling Umum. Foto: Dok. spukkato/iStock)

    1. Kekurangan Nutrisi


    Kekurangan nutrisi adalah salah satu penyebab kerontokan rambut yang paling umum. Untuk kamu yang sedang menjalankan program diet ketat, biasanya kamu akan mengalami kerontokan rambut. Pasalnya, rambut membutuhkan protein, vitamin, serta zinc supaya tetap sehat. 

    Kekurangan protein membuat rambut menjadi kering dan mudah patah. Sedangkan, zinc berfungsi untuk merangsang pertumbuhan rambut. Itu sebabnya jika kamu kekurangan kedua nutrisi ini, rambutmu menjadi mudah rontok.


    2. Perubahan Hormon


    Perubahan hormon akibat kehamilan, persalinan, atau menopause dapat menjadi penyebab kerontokan rambut. Ketika mengalami ketiga hal ini, hormon dalam tubuhmu menjadi tidak seimbang. Padahal, hormon berperan besar dalam merangsang pertumbuhan rambut.

    Estrogen, salah satu hormon wanita, berperan untuk merangsang pertumbuhan rambut secara maksimal dan tepat waktu. Itu sebabnya ketika kamu mengalami perubahan hormon, maka rambut kamu akan menjadi mudah rontok. 


    3. Styling Rambut Berlebihan


    Rambut akan lebih mudah rontok ketika kamu terlalu sering menggunakan catokan atau hair dryer. Hal ini disebabkan oleh jarak antara alat styling rambut dengan kulit kepala yang terlalu dekat. Sehingga, akar rambutmu menjadi rentan patah dan kering.

    Terlebih lagi, ketika kamu mencatok, rambut kamu secara otomatis akan tertarik. Inilah yang menyebabkan rambut menjadi patah dan bercabang. Tak heran jika kamu mengalami kerontokan rambut yang berlebihan.


    4. Gangguan Emosional


    Bukan hanya gangguan secara fisik, gangguan emosional juga menjadi salah satu penyebab kerontokan rambut. Ketika kamu sedang tertekan atau stres, oto saraf yang ada di kepala kamu akan tegang. 

    Otot saraf yang menegang menyebabkan akar rambut menjadi lemah. Oleh karena itu, rambutmu akan lebih mudah rontok ketika kamu mengalami gangguan emosional.


    5. Faktor Keturunan


    Penyebab kerontokan rambut satu ini tidak dapat dihindari. Untuk kamu yang memiliki orang tua atau anggota keluarga dengan riwayat rambut rontok, maka kemungkinan besar kamu juga mengalami hal serupa. 

    Kerontokan rambut akibat faktor keturunan biasanya ditandai dengan penipisan di garis rambut, bahkan di umur 20-an. Selain itu, faktor keturunan menyebabkan rambut yang baru tumbuh memiliki tekstur yang lebih halus dan tipis. Hal ini memang tidak dapat dihindari karena folikel rambut lama kelamaan akan berhenti bertumbuh.


    (Baca juga: Rekomendasi 7 Produk Vitamin Untuk Rambut Rontok Terbaik)


    Cara Mengatasi Rambut Rontok

    Penyebab Kerontokan Rambut
    (3 Cara Mengatasi Kerontokan Rambut. Foto: Dok. RyanKing999/iStock)

    Meski penyebab kerontokan rambut di atas terdengar menyeramkan, tapi kamu tak perlu khawatir. Kali ini, Her World akan menjelaskan cara mengatasi rambut rontok yang harus kamu lakukan.


    1. Penuhi Kebutuhan Nutrisi 


    Rambut membutuhkan berbagai nutrisi supaya tetap kuat dan sehat yaitu, zat besi, zinc, vitamin, dan protein. Zat besi membantu kamu mencegah anemia yang menjadi salah satu penyebab kerontokan rambut. Sedangkan zinc dibutuhkan oleh rambut supaya rambut tetap sehat. Nah, protein mampu menguatkan akar rambut dan mempercepat pertumbuhan, supaya terhindar dari kebotakan.


    2. Hindari Penggunaan Alat Styling Rambut


    Alat styling rambut memiliki suhu yang sangat panas, sehingga menyebabkan rambut menjadi tipis. Untuk menghindari penipisan rambut, hindarilah penggunaan kedua alat styling rambut ini jika memang tidak dibutuhkan. Biarkanlah rambut kering dengan sendirinya supaya rambutmu bisa beristirahat. 


    3. Keramas Dengan Benar


    Mengatasi rambut rontok harus dimulai dengan cara kamu keramas. Pilihlah sampo dan kondisioner khusus untuk rambut rontok. Jangan lupa untuk memijat kulit kepala dengan lembut supaya rambut tumbuh dengan lebih cepat. Gerakan memijat kulit kepala mampu melebarkan arteri kulit kepala dan meningkatkan aliran darah ke folikel rambut. 


    (Baca juga: Rambut Rontok Parah? Rawat dengan 5 Rekomendasi Serum Ini)


    Nah, itulah beberapa penyebab kerontokan rambut serta cara mengatasinya. Mudah sekali bukan? Yuk jaga kesehatan rambutmu supaya rambutmu sehat, tebal, dan badai.


    (Penulis: Audrey Josephine)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below