7 Cara Meratakan Perut Buncit Tanpa Olahraga, Apa Saja?


  • 7 Cara Meratakan Perut Buncit Tanpa Olahraga, Apa Saja?
    7 Cara Meratakan Perut Buncit Tanpa Berolahraga. (Foto: Dok. katleho Seisa/iStock)

    Siapa di antara kamu yang tidak percaya diri dengan perut buncit? Perut buncit memang terkadang sangat mengganggu penampilan. Selain mengganggu penampilan, perut buncit juga bisa memicu berbagai penyakit kronis lho. Sayangnya, masih banyak yang meremehkan perut bunci dan tidak segera mengatasinya.


    Cara meratakan perut buncit paling efektif adalah dengan berolahraga secara rutin. Namun nyatanya banyak orang yang menginginkan cara lain untuk meratakan perut buncit. Lantas, bagaimana cara meratakan perut buncit tanpa berolahraga? Her World berusaha memberikan penjelasan berikut.




    (Baca Juga: Cara Mengecilkan Perut Buncit Paling Efektif Untuk Wanita)


    1. Sarapan tepat waktu

    Cara Meratakan Perut Buncit

    (Sarapan Tepat Waktu Bantu Ratakan Perut Buncit. Foto: Dok. blackCAT/iStock)

    Bagi sebagian orang, mengurangi asupan makanan merupakan salah satu cara meratakan perut buncit. Memang hal ini benar, tapi mengurangi makanan tidak berarti kamu mengubah pola makanmu menjadi tidak teratur.


    Alih-alih melewatkan sarapan, kamu justru wajib untuk makan pada pagi hari supaya tubuhmu mampu beraktivitas dengan baik sepanjang hari. Terlebih lagi, dengan sarapan maka porsi makan siangmu tidak akan berlebihan.


    2. Minum air putih

    Air putih, minuman yang memiliki segudang manfaat. Meminum air putih secara tidak langsung membantu kamu menurunkan berat badan. Pasalnya, dengan minum air putih sebelum makan, kamu akan merasa lebih kenyang dan porsi makanmu akan lebih terkontrol. 


    Selain itu, air putih juga membantu membersihkan racun dalam tubuh dan membantu memperbaiki metabolisme tubuh. Dengan demikian, lemak yang ada dalam tubuhmu menjadi lebih mudah terbakar dan perut buncit bisa menjadi rata. Minumlah air putih sebanyak setengah liter, 30 menit sebelum makan.


    3. Tidur yang cukup

    Cara Meratakan Perut Buncit

    (Tidur Yang Cukup Untuk Cegah Penumpukan Lemak. Foto: Dok. FreshSplash/iStock)

    Tidur yang cukup juga merupakan salah satu cara meratakan perut buncit yang bisa kamu coba. Pada dasarnya, tubuh memang membutuhkan waktu istirahat yang cukup supaya dapat bekerja dengan maksimal. Apalagi, ketika kamu kurang tidur, hormon yang mengatur nafsu makanmu akan meningkat. 


    Tidur kurang dari enam jam akan menyebabkan berat badanmu bertambah. Hal ini disebabkan oleh penumpukan lemak yang disebut lemak visceral. Supaya tidak mengalami kesulitan tidur, kamu perlu rutin berolahraga dan mengonsumsi makanan-makanan yang bergizi.


    (Baca Juga: 7 Cara Mengecilkan Perut Buncit Setelah Melahirkan)


    4. Pilih makanan berserat tinggi

    Oatmeal Cara Meratakan Perut Buncit

    (Oatmeal Salah Satu Makanan Tinggi Serat. Foto: Dok. Arx0nt/iStock)

    Cara meratakan perut buncit berikutnya adalah memilih makanan dengan kandungan serat yang tinggi. Kandungan serat yang tinggi dalam makanan akan membuat kamu merasa kenyang lebih lama, sehingga kamu tidak akan makan dengan porsi berlebih.


    Selain itu, serat dapat bantu membuang racun dan kolesterol yang ada dari sistem metabolisme tubuhmu. Beberapa makanan tinggi serat yang bisa kamu coba adalah oatmeal, chia seeds, pisang, apel, alpukat, pir, dan sebagainya.


    5. Hindari minuman tinggi gula

    Minuman dengan kadar gula yang tinggi bisa menyebabkan perut kamu buncit, lho. Bahkan Kementerian Kesehatan Republik indonesia hanya menyarankan empat sendok makan gula per hari. Selain berisiko diabetes, minuman dengan kadar gula yang tinggi bisa meningkatkan kadar lemak di perutmu.


    Semakin sering kamu mengonsumsi minuman tinggi gula, semakin banyak lemak di perut yang akan menyebabkan perutmu tampak buncit. Oleh karena itu, kamu perlu membatasi asupan gula harianmu, supaya perut buncitmu lebih rata.


    6. Mengunyah dengan perlahan

    Cara Meratakan Perut Buncit

    (Jangan Mengunyah Terlalu Cepat. Foto: Dok. ProfessionalStudioImages/iStock)

    Tahukah kamu bahwa otak membutuhkan waktu untuk menerima informasi bahwa kita sudah mengonsumsi makanan dalah jumlah yang cukup. Mengunyah makanan secara perlahan, otomatis membuat kamu makan dengan lebih lambat. Nah, dengan cara ini kamu bisa merasa lebih kenyang dalam waktu yang lebih lama. 


    Mengunyah dengan perlahan juga dapat membuat kamu secara tidak sadar mengurangi asupan makanan, sehingga porsi makanan yang kamu konsumsi lebih sedikit. Asupan makanan yang lebih sedikit adalah cara meratakan perut buncit paling efektif.


    7. Tidak makan sesaat sebelum tidur

    Apakah kamu sering merasa lapar sebelum tidur? Sebenarnya kebiasaan ini sangat tidak baik bagi tubuhmu. Selain tidak baik bagi kesehatan tubuh, makan sebelum tidur akan membuat perutmu menjadi buncit. Pasalnya, tubuh seara alami membakar lemak saat kamu tidur, tapi jika kamu tidur dengan perut yang penuh, maka tubuh tidak dapat membakar lemak secara maksimal.


    Oleh karena itu, kamu perlu menghindari kebiasaan makan sebelum tidur, sekitar dua sampai tiga jam sebelum tidur. Jika memang kamu tidak bisa menahan rasa lapar, pilihlah makanan yang lebih sehat seperti buah-buahan.


    (Baca Juga: Sembunyikan Perut Buncit Dengan 6 Jenis Pakaian Ini)


    Sekarang sudah tahu cara meratakan perut buncit tanpa berolahraga? Yuk, langsung coba dan rasakan perubahannya. Semoga bermanfaat!


    (Penulis: Audrey Josephine)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below