Intip 4 Manfaat Calendula Oil Bagi Kecantikan, Apa Saja?


  • Intip 4 Manfaat Calendula Oil Bagi Kecantikan, Apa Saja?
    Manfaat Calendula Oil Bagi Kecantikan & Rekomendasi Produk. (Foto: Dok. mescioglu/iStock)

    Beauty enthusiast pasti sudah tidak asing lagi dengan calendula oil. Minyak yang berasal dari bunga marigold ini telah digunakan selama berabad-abad oleh beberapa budaya dan tradisi, salah satunya pengobatan tradisional Tiongkok. Bunga marigold diolah dalam bentuk minyak untuk perawatan kulit, oleh karena khasiatnya dalam menyembuhkan luka.


    Dikenal sebagai salah satu bahan alami, penggunaan calendula oil tidak akan memiliki efek buruk pada kulit. Nah, selain pengobatan tradisional, kandungan calendula oil bisa kamu temukan di berbagai produk skincare. Pasalnya, calendula oil memiliki sifat antijamur, anti-inflamasi, dan antibakteri.




    Apakah kamu sudah tahu manfaat calendula oil bagi kecantikan? Kali ini Her World akan membagikan informasi seputar manfaat calendula oil bagi kecantikan dan berbagai rekomendasi produk yang mengandung calendula oil. Yuk simak penjelasan berikut ini!


    (Baca juga: 6 Rekomendasi Shampo Pemanjang Rambut Tercepat, Wajib Coba!)


    Manfaat Calendula Oil

    Calendula Oil

    (4 Manfaat Calendula Oil. Foto: Dok. Rawf8/iStock)

    1. Mempercepat Penyembuhan Luka


    Manfaat calendula oil yang pertama adalah mempercepat penyembuhan luka. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2013 membuktikan penggunaan calendula oil dapat mempercepat waktu pemulihan pembedahan di daerah vagina saat melahirkan. 


    Penelitian dilakukan pada wanita yang menggunakan calendula oil setiap delapan jam selama lima hari berturut-turut. Nah, wanita yang menggunakan calendula oil menunjukkan pemulihan gejala seperti, kemerahan, bengkak, dan memar. Penggunaan calendula oil dipercaya lebih efektif daripada perawatan standar lainnya.


    2. Menyembuhkan Jerawat & Melembapkan Kulit


    Calendula oil dipercaya mampu menyembuhkan dan mencegah jerawat. Kamu bisa mencoba mencuci wajah menggunakan sabun yang mengandung calendula. Selain itu, kamu juga bisa mengoleskan krim calendula atau minyak calendula di daerah yang rentan tumbuh jerawat. Kamu bisa menggunakan makser wajah yang menggunakan calendula setiap minggunya.


    Tak hanya menyembuhkan jerawat, calendula oil juga dapat memperbaiki kondisi kulit kamu secara keseluruhan lho. Krim dengan kandungan ekstrak calendula mampu meningkatkan kekencangan dan kelembapan kulit. 


    3. Mencegah Infeksi


    Infeksi yang disebabkan oleh gigitan serangga, luka kecil, lecet, hingga luka bakar ringan, dapat dicegah menggunakan calendula oil. Phyllis A. Bach, penulis buku Prescription for Herbal Healing, mengungkapkan salah satu manfaat calendula oil adalah membunuh bakteri Staphylococcus aureus. 


    4. Pengganti Sunscreen


    Manfaat calendula oil selanjutnya adalah menggantikan peran sunscreen. Sebuah penelitian menemukan kandungan SPF dalam calendula oil dengan formula krim. Oleh karena itu, calendula oil bisa kamu gunakan untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan menjaga pigmentasi natural kulit wajahmu. Kendati demikian, usahakan untuk tetap menggunakan sunscreen ya.

    (Baca juga: 5 Cara Eksfoliasi Wajah Yang Harus Dihindari, Sudah Tahu?)


    Rekomendasi Skincare Yang Mengandung Calendula Oil

     

    1. Kiehl's Calendula Serum-Infused Water Cream

    Calendula Oil

    (Kiehl's Calendula Serum-Infused Water Cream. Foto: Dok. Kiehl's)


    Ingin mencegah kulit kusam, kemerahan, tekstur tidak merata, dan tanda penuaan pada kulit? Cobalah Kiehl's Calendula Serum-Infused Water Cream. Krim yang mengandung calendula ini cocok untuk segala jenis kulit lho! Kamu bisa membeli produk ini di official store Kiehl's atau di berbagai e-commerce, dengan kisaran harga Rp 470.000


    2. Nacific Real Flower Calendula Toner

    Calendula Oil

    (Nacific Real Flower Calendula Toner. Foto: Dok. Nacific)

    Rekomendasi produk selanjutnya cocok banget untung kamu yang memiliki kulit berminyak. Nacific Real Flower Calendula Toner bisa bantu melembapkan kulit kamu. Toner ini yang mengandung calendula ini ampuh untuk mencerahkan kulit dan meredakan peradangan pada kulit. Nacific Real Flower Calendula Toner dijual di berbagai e-commerce dengan harga Rp 189.000.


    3. Neogen Calendula Real Flower Cleansing Water

    Calendula Oil

    (Neogen Calendula Real Flower Cleansing Water. Foto: Dok. Neogen)

    Neogen Calendula Real Flower Cleansing Water adalah salah satu produk dengan kandungan calendula oil yang memiliki berbagai manfaat. Selain dapat mengangkat sisa maekup dan kotoran pada kulit wajah, produk ini bisa kamu gunakan sebagai toner untuk melembapkan kulit. Neogen Calendula Real Flower Cleansing Water dijual dengan harga Rp 180.500, di berbagai e-commerce.

    (Baca juga: Inilah 2 Perawatan Untuk Bentuk Wajah Ideal Yang Natural)


    Well, inilah berbagai manfaat calendula oil yang perlu kamu ketahui, serta tiga rekomendasi produk dengan kandungan calendula oil. Jadi, produk mana yang ingin kamu coba?


    (Penulis: Audrey Josephine)

    Tags: calendula oil



  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below