5 Cara Eksfoliasi Wajah Yang Harus Dihindari, Sudah Tahu?


  • 5 Cara Eksfoliasi Wajah Yang Harus Dihindari, Sudah Tahu?
    Cara eksfoliasi wajah yang harus dihindari. (Foto: Dok. undrey/iStock)

    Mencuci muka menjadi rutinitas setiap orang tiap harinya. Selain untuk membersihkan kotoran di wajah, mencuci muka juga bisa mencegah timbulnya jerawat. Hal ini dilakukan untuk menjaga kulit wajah agar tetap sehat dan terawat. Selain mencuci muka, hal yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kulit wajah adalah dengan rutin melakukan eksfoliasi wajah. 


    Meskipun jadi perawatan wajah yang harus dilakukan secara rutin, cara eksfoliasi wajah tidak semudah mencuci muka! Padahal, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan ketika ingin mengeksfoliasi wajah. Eksfoliasi wajah dengan cara yang tidak benar akan berpotensi untuk merusak skin barrier dan bisa menyebabkan munculnya masalah kulit wajah lainnya, seperti iritasi, hingga merah-merah. 




    (Baca Juga: Coba Perhatikan! Ini 7 Tanda Kulit Butuh Eksfoliasi)


    Sudah tahu apa saja hal yang harus dihindari ketika melakukan eksfoliasi wajah? Yuk, mari simak di bawah ini agar kamu bisa merasakan manfaat baik dari eksfoliasi tanpa iritasi!


    1. Terlalu sering melakukan eksfoliasi

    Meskipun eksfoliasi bermanfaat baik bagi kulit wajah, terlalu sering melakukannya justru akan menyebabkan munculnya kerusakan dalam skin barrier. Jika kamu selalu melakukan eksfoliasi setiap mencuci muka atau setiap mandi, kamu harus menghentikan kebiasaan ini. Maka dari itu, jumlah eksfoliasi kulit yang baik untuk wajah adalah cukup satu hingga dua kali dalam satu minggu sehingga manfaat dari eksfoliasi wajah bisa dirasakan dengan maksimal. 


    2. Tidak memakai pelembap setelah eksfoliasi

    Seusai melakukan eksfoliasi, wajah bisa saja menjadi kering sehingga penting bagi kamu untuk menjaga kelembapan kulit dengan memakai pelembap. Tidak memakai pelembap setelah eksfoliasi wajah memiliki risiko tinggi munculnya iritasi dan masalah baru pada wajah. Sehingga, untuk menjaga wajah agar tidak dehidrasi, gunakan pelembap yang cocok untuk jenis kulit kamu.


    cara eksfoliasi wajah

    (Hindari eksfoliasi wajah terlalu sering. Foto: Dok. triocean/iStock)


    3. Eksfoliasi ketika wajah dalam keadaan kering

    Cara eksfoliasi wajah berikutnya adalah dengan tidak melakukannya ketika wajah masih kering. Berbeda dengan kulit tubuh, eksfoliasi dalam keadaan kulit wajah masih kering justru akan menyebabkan kulit semakin kering dan iritasi, bahkan menimbulkan ruam di beberapa kasus. Maka dari itu, selalu basahi terlebih dahulu wajah kamu dengan air untuk mencegah risiko tersebut. 


    4. Menggunakan produk eksfoliasi dengan bahan keras

    Sama seperti ketika memilih produk kecantikan lainnya, kamu harus memerhatikan kandungan apa saja yang ada di dalam produk eksfoliasi kamu, terlebih jika kamu memiliki kulit sensitif, kering, berminyak, dan rentan timbul jerawat. Pilihlah produk eksfoliasi dengan kandungan bahan alami yang bisa menenangkan kulit dan menjaga skin barrier. Sebelum melakukan eksfoliasi, pastikan juga bahwa kondisi kulit kamu sedang tidak bermasalah karena jika melakukan eksfoliasi saat kulit sedang iritasi atau berjerawat, kondisi wajah akan semakin parah dan menimbulkan rasa perih. 


    5. Over-scrubbing

    Ini adalah kesalahan yang paling banyak dilakukan namun paling penting untuk dihindari ketika melakukan eksfoliasi wajah. Cara eksfoliasi wajah yang baik adalah dengan tidak menggunakan scrub secara berlebihan. Kamu cukup menggunakannya dengan perlahan pada wajah. Perlu diperhatikan bahwa kamu harus menghindari scrubbing di satu area yang sama lebih dari 15 detik. Setelah jangka waktu tersebut, lakukan scrubbing di daerah lain. 


    Itulah cara eksfoliasi wajah yang harus dihindari agar manfaat eksfoliasi bisa dirasakan secara maksimal dan mencegah iritasi serta masalah kulit wajah lainnya. 


    Rekomendasi Produk Eksfoliasi Wajah


    Jika kamu bingung produk eksfoliasi wajah apa saja yang bagus, berikut rekomendasi para beauty enthusiast yang bisa kamu coba!

    1. Cetaphil Extra Gentle Daily Scrub


    cara eksfoliasi wajah

    (Cetaphil Extra Gentle Daily Scrub. Foto: Dok. Cetaphil)


    2. St. Ives Gentle Smoothing Oatmeal Scrub & Mask


    cara eksfoliasi wajah

    (St. Ives Gentle Smoothing Oatmeal Scrub & Mask. Foto: Dok. Sociolla)


    3. Sebamed Clear Face Gentle Scrub


    cara eksfoliasi wajah

    (Sebamed Clear Face Gentle Scrub. Foto: Dok. Sebamed Indonesia)


    4. St. Ives Fresh Skin Apricot Scrub


    cara eksfoliasi wajah

    (St. Ives Fresh Skin Apricot Scrub. Foto: Dok. St. Ives)


    5. Erha Exfoliating Cleansing Scrub


    cara eksfoliasi wajah

    (Erha Exfoliating Cleansing Scrub. Foto: Dok. Erha Store)


    (Baca Juga: 4 Rekomendasi Produk Eksfoliasi Untuk Kulit Sensitif)


    Itulah cara eksfoliasi wajah dan beberapa rekomendasi produk kecantikan yang bisa kamu coba agar kulit wajah lebih sempurna anti jerawat!


    (Penulis: Andrea Nathania)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below