Ini 7 Cara Alami Mengencangkan Payudara Setelah Menyusui


  • Ini 7 Cara Alami Mengencangkan Payudara Setelah Menyusui
    Cara alami mengencangkan payudara setelah menyusui. (Foto: Dok. Wendy Wei/Pexels)

    Ada banyak hal yang berubah dalam diri seorang wanita, perubahan fisik bukan pengecualian. Apalagi, bagi kamu yang sudah melalui masa kehamilan, melahirkan, hingga menyusui, banyak bagian tubuh yang membesar seiring kehamilan. Memang ada tugas mulia yang kamu jalani, membesarkan buah hatimu, tapi tak bisa dipungkiri perubahan tubuh yang dialami kerap menurunkan kepercayaan diri.


    Bagian tubuh yang mungkin perubahannya paling terlihat adalah area payudara. Jika selama kehamilan, payudara semakin membesar, mungkin proses menyusui membuatnya semakin kendur. Buat kamu, para ibu yang ingin merawat dan kembalikan kondisi payudara seperti semula, Her World sudah merangkum cara alami mengencangkan payudara setelah menyusui untuk kamu coba.




    (Baca Juga: Yuk, Simak Macam-Macam Model Bra untuk Berbagai Jenis Dress)


    1. Mandi


    Sebelum kamu berpikir bahwa ini bukan sesuatu yang perlu dimasukkan dalam daftar ini, mandi bisa jadi kebiasaan penolong untuk kencangkan payudara. Kuncinya terletak pada suhu air. Saat mandi setiap harinya, coba atur suhu air secara bergantian, satu hari mandi dengan air hangat, hari berikutnya air dingin.


    Pergantian suhu ini akan menstimulasi peredaran darah, khususnya di area payudaramu. Cara ini bisa memberikan tampilan payudara lebih kencang untuk sementara waktu. Setidaknya, kamu bisa lakukan ini selama menyusui untuk memudahkan proses pengencangan payudaramu setelah menyusui.


    2. Pakai bra yang menjaga bentuk payudara


    Bisa kamu mulai sejak masa kehamilan, hitung-hitung menghemat budget bra yang terkadang enggak ramah kantong, coba memakai bra yang bisa menjaga bentuk payudara. Mungkin memakai sport bra atau setidaknya mengganti bra lama dengan yang baru, pastikan payudaramu terjaga bentuk dan kekencangannya, apalagi selama menyusui, perubahan postur tubuhmu juga memengaruhi kondisi payudara.


    cara alami mengencangkan payudara setelah menyusui

    (Memilih bra yang bisa jaga bentuk payudara. Foto: Dok. Marta Wave/Pexels)


    3. Jaga postur tubuhmu


    Mungkin kamu ada tendensi untuk membungkuk ketika menimang anakmu selagi menyusui atau berat payudaramu saat menampung susu, postur tubuhmu jadi kurang baik. Jika, kamu tak memerhatikan postur tubuh, payudaramu justru akan lebih terlihat lebih kendur sehingga penting untuk menjaga postur.


    Mulai dari putar bahu ke belakang dan rileks, selagi meluruskan tulang belakang. Dengan postur tubuh yang terjaga, kondisi payudaramu juga bisa lebih terjaga.


    (Baca Juga: Kenali 6 Penyebab Tumor Payudara Agar Bisa Dicegah)


    4. Rutin memijat payudaramu


    Memijat payudara bisa jadi salah satu cara alami mengencangkan payudara setelah menyusui. Ketika menyusui berikan stimulasi pada otot payudara, banyak waktu ketika kamu tak menyusui, otot payudara yang kembali mengendur. Jadi, memijat payudara secara rutin bisa jadi solusi yang kamu cari.


    Bisa menggunakan minyak zaitun atau almond oil, ada ragam teknik memijat yang bisa berikan stimulasi pada payudara dari semua arah. Pemijatan ini akan kembali lancarkan sirkulasi darah dan membantu perbaikan jaringan sel payudara yang mengendur.


    5. Rutin berolahraga


    Lakukan beberapa jenis olahraga yang fokus mengencangkan otot di area payudara. Mungkin bisa dimulai dengan push up atau chest press, dengan beban tubuh dan perlahan menggunakan barbel secara perlahan. Plus, pastikan kamu lakukan olahraga itu secara rutin. Ketika rutin berolahraga, kamu tak hanya mendapatkan bentuk tubuh yang lebih ideal tapi juga menjaga bentuk payudara.


    cara alami mengencangkan payudara setelah menyusui

    (Push up bisa jadi salah satu olahraga rutin untuk mengencangkan payudara. Foto: Dok. Elina Fairytale/Pexels)


    6. Hindari menurunkan berat badan dengan cepat


    Jika ada satu hal yang dirasakan seorang ibu dalam menjalani proses kehamilan hingga menyusui adalah menikmati setiap proses yang dijalani, termasuk menurunkan berat badan. Sebab, proses diet yang cepat tak menjamin payudara kembali kencang. Justru sebaliknya, menurunkan berat badan secara perlahan bisa jadi cara untuk mengencangkan payudara.


    Kalau kamu ingin melakukan penurunan berat badan sekaligus mengencangkan payudara, pastikan pilihan makananmu mendorong pembentukan otot dan mengembalikan elastisitas kulit selagi menjaga pola makan. Lalu, kamu juga bisa mengurangi konsumsi lemak hewani untuk bisa kembalikan kekenyalan payudara.


    7. Eksfoliasi dan lembapkan kulit payudara


    Kamu harus rutin mengeksfoliasi kulit di area dada, entah menggunakan body scrub setidaknya satu minggu sekali atau menggunakan loofah setiap hari. Proses eksfoliasi ini akan mengangkat sel kulit mati yang juga melancarkan sistem peredaran darah.


    Setelah melakukan eksfoliasi, pastikan kamu melembapkan kulit payudara dengan rutin menggunakan moisturizer setiap hari untuk menjaga kekencangan dan hidrasi kulit di area payudara.


    (Baca Juga: Jus Detox, Ini 8 Manfaat Jus Tomat Untuk Kesehatan)


    Inilah beberapa cara alami mengencangkan payudara setelah menyusui. Semoga ini menjadi solusi yang kamu cari ya!





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below