Kenali 6 Penyebab Tumor Payudara Agar Bisa Dicegah


  • Kenali 6 Penyebab Tumor Payudara Agar Bisa Dicegah
    Penyebab tumor payudara. (Foto: Dok. Laker/Pexels)

    Tak sama dengan kanker payudara, tetapi memiliki kemungkinan menjadi kanker, tumor payudara menjadi salah satu gangguan di area payudara yang penting diperhatikan. Biasanya dalam bentuk benjolan, tumor payudara ini terbagi ke dalam dua kategori, ganas dan ringan. Kategori ringan bisa perlahan ditangani dengan pengobatannya yang tetapi, sedangkan kategori ganas bisa jadi awal dari kemunculan kanker payudara.


    Namun, apapun kategorinya, tumor payudara bukanlah sesuatu yang baik untuk dialami oleh, tak hanya wanita, tetapi juga pria. Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah mengenali penyebabnya. Ada beberapa penyebab tumor payudara yang bisa kamu kenali agar bisa lakukan pencegahan. Penasaran apa saja? Simak deretannya di bawah ini.




    (Baca Juga: Ingin Payudara Tetap Kencang & Sehat? Ini 8 Cara Merawatnya!)


    1. Hormon


    Biasa dikenal dengan istilah fibrokistik, tumor payudara jinak yang hilang dan muncul sesuai dengan siklus haid. Kondisi yang kerap dialami wanita berusia 20 hingga 50 tahun, berkaitan erat dengan kondisi hormon dalam tubuh. Hormon yang tidak stabil biasanya jadi salah satu pemicunya.


    Ketika hormon estrogen mengalami peningkatan, ada kemungkinan terjadi penumbuhan tumor di area payudara. Selain itu, buat kamu yang melakukan terapi hormon, hal ini bisa jadi salah satu penyebab munculnya tumor payudara.


    penyebab tumor payudara

    (Siklus haid bisa berkaitan dengan kemunculan tumor payudara. Foto: Dok. Sora Shimazaki/Pexels)


    2. Pertumbuhan sel-sel di jaringan ikat payudara yang berlebihan


    Fibroadenoma menjadi salah satu tumor payudara yang masuk dalam kategori jinak. Biasa dialami oleh wanita muda, di antara usia 15 hingga 35 tahun, jenis tumor payudara ini muncul disebabkan oleh sel-sel di jaringan ikat payudara yang tumbuh secara berlebihan.


    Ketika muncul, fibroadenoma ini dapat hilang dengan sendirinya, tanpa memerlukan pengobatan tertentu. Namun, tak menutup kemungkinan tumor yang sudah tumbuh akan membesar atau menetap dengan ukuran awal.


    3. Kista payudara


    Penyebab tumor payudara juga bisa diakibatkan dengan kemunculan kista. Benjolan yang berisi cairan ini bisa terbentuk pada salah satu atau kedua payudara. Umumnya paling sering dialami oleh wanita berusia 35 hingga 50 tahun, tetapi tidak bersifat kanker sehingga kamu tak perlu khawatir.


    Namun, jika kista payudara itu dirasa mengganggu, kamu bisa konsultasikan kepada dokter untuk melakukan tindakan lebih lanjut.


    (Baca Juga: Kenali 5 Cara Mencegah Kanker Serviks Yang Bisa Kamu Lakukan)


    4. Terlalu sering bergadang


    Jika kamu memiliki kesempatan untuk mematikan laptopmu sebelum makan malam dan tidur sebelum tengah malam, nikmati. Rupanya, ketika kamu berusaha membayar waktu yang kamu dedikasikan untuk bekerja dengan menonton serial hingga larut, kemungkinan tumor muncul di area payudara justru lebih besar.


    Sebab, istirahat yang tak cukup bisa membuat hormon semakin tak stabil, ditambah stres yang kamu rasakan di kepala bisa jadi pemicu berbagai masalah dalam tubuh, termasuk kemunculan tumor di area payudara.


    5. Kelebihan berat badan


    Berat badan yang berlebihan bisa jadi salah satu penyebab tumor payudara muncul dan hal ini bisa dicegah. Kondisi ini disebabkan karena lemak berlebih dalam tumbuh bisa membuat hormon menjadi kurang stabil sehingga memperbesar kemungkinan pertumbuhan tumor di bagian payudara.


    Namun, kamu bisa melakukan pencegahan dengan lebih banyak mengonsumsi makanan-makanan sehat serta berolahraga secara rutin. Kebiasaan ini akan membantumu hidup lebih sehat sekaligus meminimalisir kemungkinan munculnya tumor payudara.


    penyebab tumor payudara

    (Berat badan berlebihan juga bisa jadi penyebab. Foto: Dok. Andres Ayton)


    6. Makanan yang kamu konsumsi


    Be mindful with what you eat! Ketika makanan menjadi hal yang esensial bagi semua manusia, termasuk kamu, pastikan memilih makanan sesuai dengan kebutuhanmu. Kemunculan tumor payudara juga bisa disebabkan oleh jenis makanan yang kamu konsumsi. Mulai dari makanan bersantan hingga minuman manis, meski memberi kenikmatan, kamu tetap harus memperhatikan jumlah asupannya karena ini juga bisa menyebabkan kemunculan tumor pada area payudara.


    (Baca Juga: Apa Itu Augmentasi Payudara? Inilah Yang Perlu Kamu Ketahui!)


    Beberapa penyebab tumor payudara di atas bisa jadi acuan kamu untuk lebih menjaga kesehatan diri, khususnya kesehatan payudara sehingga masalah-masalah yang muncul bisa dicegah. Semoga daftar di atas membantu kamu mengenali apa yang tubuh kamu perlukan dan apa yang harus dihindari agat hidup jadi lebih sehat.





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below