6 Makanan Khas Sunda Yang Unik & Lezat, Dijamin Ngiler!


  • 6 Makanan Khas Sunda Yang Unik & Lezat, Dijamin Ngiler!
    (6 Makanan Khas Sunda Yang Unik & Lezat. Foto: Dok. MielPhotos2008/iStock)

    Menghabiskan waktu liburan di daerah Jawa Barat terasa tak lengkap tanpa menikmati kuliner khas daerah itu. Pasalnya, Jawa Barat merupakan salah satu daerah di Inodnesia yang memiliki ragam kuliner unik dan lezat, baik dari makanan ringan hingga makanan berat.


    Mulai dari makanan yang manis, gurih asin, asam segar, dan pedas, bisa kamu temukan di Jawa Barat. Bingung ingin menyantap apa ketika berlibur ke daerah Jawa Barat? Yuk intip enam makanan khas Sunda yang unik berikut ini.




    (Baca juga: Sambut Idul Adha, Ini Resep Rendang Daging Sapi Khas Padang)


    1. Empal Gentong

    Makanan Khas Sunda Yang Unik

    (Empal Gentong. Foto: Dok. Ika Rahma/iStock)

    Siapa di sini yang belum pernah mencicipi empal gentong? Meski dijual di berbagai tempat, empal gentong di Cirebon memiliki kenikmatan yang berbeda. Sama seperti namanya, makanan khas Sunda satu ini dimasak menggunakan gentong. Selain menggunakan daging sapi, kamu juga bisa menikmati empal gentong dengan jeroan seperti babat dan usus.


    Disiram dengan kuah yang serupa dengan kuah gulai, empal gentong akan lebih lezat jika disantap dengan nasi hangat dan lontong. Hidangan berkuah ini bisa membuat tubuh terasa lebih hangat, khususnya di musim hujan.


    2. Nasi Timbel

    Makanan Khas Sunda Yang Unik

    (Nasi Timbel. Foto: Dok. Poetra Dimatra/iStock)

    Makanan khas Sunda yang unik ini pasti sudah tidak asing lagi untuk kamu. Ya, nasi timbel banyak disajikan di berbagai restoran khas Sunda yang ada di Indonesia. Dibungkus dengan daun pisang, nasi timbel memiliki kekhasan rasa tradisional yang kuat.


    Nasi timbel juga disajikan bersama dengan sambal dan lalapan yang segar. Untuk kamu yang sedang berada d wilayah Jawa Barat, penyajian nasi timbel cukup berbeda dengan nasi timbel di daerah lain. Nasi timbel di Jawa Barat disajikan di atas piring anyaman yang membuat suasana tradisional semakin terasa. Kamu juga bisa memilih aneka pelengkap nasi timbel seperti, ayam goreng, empal, kerupuk, tempe, dan tahu.


    3. Nasi Tutug Oncom

    Makanan Khas Sunda Yang Unik

    (Nasi Tutug Oncom. Foto: Dok. MielPhotos2008/iStock)

    Selain nasi timbel, nasi tutug oncom juga merupakan salah satu makanan khas Sunda yang unik. Memiliki aroma yang khas, makanan khas Sunda dibuat dengan mengaduk oncom goreng dan bakar. Supaya lebih nikmat, kamu bisa menyantap hidangan ini selagi masi hangat.


    Hidangan nasi tutug oncom dilengkapi dengan tempe goreng, sambel terasi, ayam goreng, serta lalapan sayur. Meski berasal dari Tasikmalaya, nasi tutug oncom juga bisa kamu temukan di Jakarta atau wilayah Jawa Barat lainnya. Menariknya, nasi tutug oncom di daerah luar Jawa Barat memiliki lauk yang lebih beragam.


    (Baca juga: Resep Cumi Asam Manis Yang Mudah Dibuat Di Rumah)


    4. Soto Mie

    Makanan Khas Sunda Yang Unik

    (Soto Mie. Foto: Dok. Ahmad Darmansyah/iStock)

    Digemari oleh banyak masyarakat Jawa Barat, soto mie menjadi salah satu makanan khas Sunda yang unik dan dapat dinimati sehari-hari. Selain terkenal di Indonesia, soto mie juga dijual di Singapura dan Malaysia lho. Namun, memang soto mie paling terkenal dan nikmat adalah soto mie dari Bogor.


    Perpaduan antara mi, tomat, kol, dan risol dengan kuah yang kaya akan rempah, membuat soto mie hidangan tepat untuk disantap di cuaca Jawa Barat yang cenderung dingin. Tak hanya disajikan dengan aneka sayuran dan risol, beberapa soto mie disajikan dengan daging ayam, daging sapi, kaki sapi, atau babat.


    5. Nasi Liwet

    Makanan Khas Sunda Yang Unik

    (Nasi Liwet. Foto: Dok. Karina Mako Oktaviani/iStock)

    Makanan khas Sunda yang unik berikutnya adalah nasi liwet. Diolah dengan cara yang berbeda, nasi liwet dimasak menggunakan santan kelapa. Inilah yang membuat hidangan satu ini lebih gurih, manis, dan memiliki aroma yang khas.


    Nah, yang membedakan nasi liwet dengan olahan nasi lainnya adalah penyajiannya yang dipadukan dengan ikan teri, ayam goreng, daun serai, dan tahu. Jadi, nasi liwet menjadi hidangan wajib saat melakukan upacara adat maupun sekadar berkumpul dengan keluarga atau kerabat.


    6. Sate Manggarai

    Makanan Khas Sunda Yang Unik

    (Sate Manggarai. Foto: Dok. Fimela)

    Kuliner sate dari berbagai daerah di Indonesia memiliki keunikannya masing-masing. Sama halnya dengan hidangan sate asal Jawa Barat ini. Sate manggarai, sate yang menggunakan daging sapi sebagai bahan dasarnya. Cara mengolahnya, membuat sate manggarai salah satu makanan khas Sunda yang unik.


    Daging sapi akan direndam menggunakan bumbu khas sebelum kemudian dibakar. Inilah yang menjadikan sate manggarai memiliki rasa yang sangat kuat. Berbeda dengan sate Madura, sate manggarai biasanya disajikan dengan tomat segar dan irisan bawang. Kamu bisa menemukan hidangan ini di Purwakarta dan Cianjur.


    (Baca juga: Nikmati Senja Bersama Summer Afternoon Tea Fountain Lounge)


    Jadi, tunggu apa lagi? Yuk langsung coba berbagai makanan khas Sunda yang unik dan jangan lewatkan kelezatan setiap hidangan di atas. Selamat mencoba!


    (Penulis: Audrey Josephine)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below