Sambut Idul Adha, Ini Resep Rendang Daging Sapi Khas Padang


  • Sambut Idul Adha, Ini Resep Rendang Daging Sapi Khas Padang
    (Resep Rendang Daging Sapi Khas Padang. Foto: Dok. Ika Rahma/iStock)

    Siapa yang sudah tidak sabar menyambut Hari Raya Idul Adha? Hari Raya Idul Adha adalah salah satu hari raya yang paling dinanti-nantikan oleh umat Muslim. Selain untuk beribadah, Hari Raya Idul Adha menjadi hari di mana kamu dapat berkumpul bersama keluarga untuk menyantap hidangan lezat dengan bahan dasar daging.

    Hari Raya Idul Adha terasa tak lengkap tanpa adanya sajian gulai, sate, sop daging, rawon, nasi kebuli, dan rendang. Dinobatkan sebagai salah satu makanan terlezat di seluruh dunia, rendang adalah hidangan ikonik yang tak bisa dilewatkan.

    Daging sapi yang disajikan dengan rempah dan bumbu-bumbu khas Padang ini, bisa kamu temukan di berbagai rumah makan Padang yang tersebar di seluruh Indonesia. Bahkan, kini hidangan rendang bisa kamu temukan bukan hanya di Indonesia, namun juga di negara-negara lain.



    Nah, tak perlu repot-repot pergi ke rumah makan Padang untuk menyantap makanan legendaris ini, kamu juga bisa lho membuat rendang daging sapi khas Padang di rumah yang tak kalah lezat. Penasaran gimana caranya? Yuk intip resep rendang sapi khas Padang berikut ini.

    (Baca juga: Resep Cumi Asam Manis Yang Mudah Dibuat Di Rumah)


    Resep Rendang Daging Sapi Khas Padang

    Resep Rendang Daging Sapi

    (Resep Rendang Daging Sapi Khas Padang. Foto: Dok. bonchan/iStock)

    Bahan-bahan:

    - 1/2 kilogram daging sapi tanpa lemak

    - 300 ml santan kental

    - 5 buah bawang putih

    - 10 buah bawang merah

    - 50 gram cabe merah keriting

    -  1 cm jahe

    - 1cm lengkuas

    - 1 sendok teh ketumbar

    - 1 lembar daun kunyit

    - 3 lembar daun salam

    - 2 lembar daun jeruk

    - 2 biji asam kandis

    - 2 batang sereh yang sudah digeprek

    - garam secukupnya

    - gula pasir secukupnya


    Cara memasak:

    1. Haluskan bawang merah, bawang putih, cabe, jahe, lengkuas, dan ketumbar. 

    2. Ungkep 1/2 kilogram daging sapi yang telah dipotong-potong dengan bumbu yang sudah dihaluskan. Diamkan hingga ungkepan menjadi kering. 

    3. Lalu tuangkan santan kental dan masukkan sereh, asam kandis, daun jeruk, daun salam, garam, dan gula pasir. Aduh hingga rata.

    4. Diamkan hingga santan mendidih dan mengeluarkan sedikit minyak, lalu kecilkan air.

    5. Jangan lupa untuk terus mengaduk rendang supaya tidak menempel pada wajan. Kemduian tunggu hingga rendang berubah warna lebih cokelat dan agak kering.

    6. Voila! rendang daging sapi kamu sudah siap dihidangkan dengan nasi hangat.

    (Baca juga: 5 Resep Cemilan Enak Dan Mudah Dibuat Di Rumah)


    Tips Memasak Rendang Daging Sapi

    Resep Rendang Daging Sapi

    (Tips Memasak Rendang Daging Sapi. Foto: Dok. Kadek Bonit Permadi/iStock)

    Meskipun resep rendang daging sapi khas Padang di atas cukup mudah, kamu perlu tahu beberapa tips memasak rendang supaya daging rendangmu empuk. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu ikuti untuk memasak rendang daging sapi.


    1. Pilih Bagian Daging Sapi Yang Tepat

    Memilih bagian daging sapi yang tepat adalah kunci memasak rendang daging sapi yang empuk. Apalagi rendang dimasak dalam waktu yang lama supaya bumbu rendangnya dapat meresap secara sempurna.

    Kamu bisa menggunakan bagian daging yang padat seperti paha. Jangan gunakan bagian daging sapi yang lunak, karena dapat hancur dengan mudah jika dimasak dalam waktu yang lama. 


    2. Gunakan Santan Dalam Jumlah Yang Cukup

    Memberikan rasa gurih pada rendang, santan merupakan salah satu bumbu yang cukup penting. Oleh karena itu, kamu perlu menggunakan santan dalam jumlah yang cukup. Perbandingan yang direkomendasikan adalah 1:3, 1 untuk rendang dan 3 untuk santannya.


    3. Olah Daging & Bumbu Dengan Benar

    Kamu perlu menggunakan bahan-bahan yang segar untuk membuat bumbu rendang yang lezat. Selain itu, haluskan bumbu-bumbu dengan cara digiling, jangan diblender. Saat memasak bumbu, tunggu hingga bumbu mengental dan mengeluarkan minyak, baru masukkan daging dan ungkep hingga bumbu meresap.

    (Baca juga: 3 Resep Puding Cokelat Yang Enak, Yuk Bikin!)


    Nah, inilah resep rendang daging sapi khas Padang dan beberapa tips memasak rendang yang bisa kamu ikuti untuk menyambut Hari Raya Idul Adha. Selamat mencoba!


    (Penulis: Audrey Josephine)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below