7 Cara Menghilangkan Lemak Perut Yang Harus Kamu Tahu!


  • 7 Cara Menghilangkan Lemak Perut Yang Harus Kamu Tahu!
    Simak 7 Cara Menghilangkan Lemak Perut Yang Harus Kamu Tahu! (Foto: Dok. Andres Ayrton/Pexels)

    Memiliki lemak di area perut bukan hal yang bagus, karena selain membuatmu tidak percaya diri, lemak ini juga tidak baik untuk kesehatan. Lemak yang ada di perut disebut juga dengan lemak visceral, di mana dia dapat menyebabkan sejumlah penyakit berbahaya seperti gangguan jantung, diabetes, kanker dan lain-lain. Oleh karena itu, pelajari apa saja cara menghilangkan lemak perut yang efektif.

     

    (Baca Juga: Cara Cepat Mengecilkan Perut Buncit)



     

    Untuk menghilangkan lemak perut bisa dengan cara alami, agar lebih sehat. Walaupun mungkin prosesnya tidak mudah dan memakan waktu yang cukup lama, tapi setidaknya inilah yang bisa kamu lakukan. Lantas apa sajakah cara dalam menghilangkan lemak yang ada di perut?

    1. Kurangi Konsumsi Gula

    Gula atau minuman apapun yang sifatnya manis dapat membuat lemak di dalam perut meningkat. Selain mengakibatkan terjadinya kenaikan berat badan, ini juga bisa membuat resistensi insulin juga ikutan tinggi sehingga kurang baik untuk kesehatan.

    Sekarang ini banyak sekali minuman yang mengandung gula tinggi, apalagi yang dijual kemasan di minimarket dan sebagainya. Jadi, sebaiknya sebelum mengkonsumsi minuman kemasan perhatikan dulu kadar gula yang tertera. Atau lebih gampangnya kamu membawa air putih sendiri dari rumah.

     

    2. Konsumsi Makanan dengan Kandungan Lemak Sehat

    (Alpukat merupakan salah satu makanan dengan kandungan lemak sehat. Foto: Dok. Laker/Pexels)

    Lemak jenuh sama sekali tidak dibutuhkan oleh tubuh, oleh karenanya harus dihindari. Tapi selain lemak jenuh, ada pula lemak sehat yang sangat dibutuhkan dan baik untuk dikonsumsi. Ada banyak sekali variasi makanan yang mengandung lemak sehat ini.

    Kamu bisa menemukan lemak sehat dalam beberapa makanan seperti alpukat, telur, kacang-kacangan, minyak zaitun, biji chia dan lain sebagainya. Makanan tersebut aman dan mengandung lemak baik yang bisa membuat tubuh lebih sehat, bahkan ada juga kandungan vitamin lainnya yang tak boleh dilewatkan.

     

    3. Wajib Olahraga

    cara menghilangkan lemak perut

    (Melakukan olahraga seperti sit up dapat mengurangi lemak di perut. Foto: Dok. Yan Krukov/Pexels)


    Olahraga sangat baik untuk kesehatan tubuh dan sebagai cara menghilangkan lemak perut yang alami. Sayangnya banyak orang tak memiliki waktu untuk itu. Padahal olahraga ringan selama beberapa menit saja bisa dilakukan setiap harinya, tak perlu pergi ke gym dan sejenisnya. Dengan olahraga, lemak yang ada di perut bisa diatasi dengan baik dan membuat berat badan jadi turun.

    Beberapa olahraga seperti sit up juga mampu membuat otot perut menjadi lebih kuat. Sehingga perutmu tampak lebih kencang dan pastinya rata. Kamu juga bisa mencoba alternatif olahraga lainnya yang bagus untuk mengecilkan perut dan membuat lemaknya sedikit demi sedikit menghilang.

     

    (Baca Juga: Sejumlah Makanan Yang Bisa Hilangkan Lemak di Perut)

     

    4. Konsumsi Teh Hijau

    cara menghilangkan lemak perut

    (Mengonsumsi teh hijau. Foto: Dok. Vlada Karpovich/Pexels)

    Teh hijau mengandung kafein sekaligus antioksidan epigallocatechin gallate alias EGCG yang bisa meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Bahkan ada beberapa penelitian yang menyatakan jika kandungan EGCG mampu menghilangkan lemak perut secara efektif.

    Apalagi jika kamu mengonsumsi minuman ini dibarengi dengan olahraga yang rutin. Tak heran jika teh hijau kadang disarankan untuk dikonsumsi saat kamu sedang ada program diet.

     

    5. Kurangi Makan Karbohidrat Olahan

    Karbohidrat olahan memang sangat enak, tapi akibatnya kurang baik bagi tubuh. Ini bisa menyebabkan lemak di perutmu semakin menumpuk. Contoh makanan karbohidrat olahan di antaranya seperti roti putih, makanan atau minuman manis dan lain sebagainya. Gizinya sangat rendah, tapi kalorinya sangat tinggi.

    Kamu harus bisa menggantikan konsumsi karbohidrat olahan dengan karbohidrat kompleks. Contohnya saja makan lebih banyak sayur dan buah agar peningkatan lemak di dalam perut tidak begitu banyak.

     

    6. Banyak Konsumsi Makanan Tanpa Lemak

    (Kurangi mengonsumsi makanan yang berlemak. Foto: Dok. SenuScape/Pexels)

    Nah, makanan berlemak boleh dikonsumsi asal dalam batas wajar. Sebagai gantinya kamu bisa mengonsumsi makanan tanpa lemak seperti kacang-kacangan, sayur atau daging tanpa lemak. Pemilihan daging tanpa lemak ini bisa dibilang sangat membantu untuk menghilangkan lemak dalam perutmu.

    Kamu masih bisa tetap kenyang meskipun makanan yang dikonsumsi tanpa lemak sama sekali. Selain itu, jadinya tubuh akan lebih sehat karena tak banyak lemak jenuh yang masuk ke dalam tubuh.

     

    7. Perbanyak Aktivitas

    Selain olahraga rutin, memperbanyak aktivitas juga dapat membuatmu menghilangkan lemak dengan efektif. Sebab, jika kamu banyak bergerak, maka kalori yang ada dalam tubuh pun akan terbakar dan bisa memperkuat otot.

    Adapun gerakan-gerakan yang dimaksud seperti misalnya naik turun menggunakan tangga, memilih berjalan daripada naik kendaraan, lakukan peregangan secara teratur jika pekerjaanmu lebih banyak duduknya dan lain-lain. Hal-hal kecil seperti ini yang dilakukan secara rutin akan membantu tubuh jadi lebih sehat lagi.

     

    (Baca Juga: 7 Cara Mengecilkan Perut Buncit Setelah Melahirkan)

     

    Nah, itulah beberapa cara menghilangkan lemak perut yang bisa kamu coba tanpa harus konsumsi obat-obatan tertentu. Jangan minum obat yang bukan resep dari dokter, karena kemungkinan bisa sangat berbahaya untuk tubuh.


    (Penulis: Ellyza Aurelia Purwadi)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below