Cegah Stroke, Ini 6 Manfaat Buah Pir Bagi Kesehatan


  • Cegah Stroke, Ini 6 Manfaat Buah Pir Bagi Kesehatan
    6 Manfaat Buah Pir Bagi Kesehatan. (Foto: Dok. syolacan/iStock)

    Rasa manis dan segar membuat buah pir digemari banyak orang. Selain rasanya yang lezat, ternyata buah pir memiliki ragam kandungan mineral dan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh lho


    Dalam satu buah pir saja kamu akan mendapatkan serat, mineral, vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin K, kalium, tembaga, dan magnesium. Itu sebabnya buah pir dianggap sebagai salah satu buah yang paling bernutrisi. Terdapat 3,000 jenis buah pir berbeda yang ada di dunia, namun kandungan nutrisi di dalamnya tidak jauh berbeda. Penasaran apa saja manfaat buah pir bagi kesehatan? Yuk, simak penjelasan berikut ini!




    (Baca Juga: Jus Detox, Ini 8 Manfaat Jus Tomat Untuk Kesehatan)


    1. Mencegah Diabetes

    Manfaat Buah Pir

    (Pir Mampu Menurunkan Risiko Diabetes. Foto: Dok. Suriyawut Suriya/iStock)

    Manfaat buah pir yang pertama adalah mencegah terjadinya diabetes. Buah pir mengandung senyawa flavonoid yang dipercaya mampu menurunkan risiko diabetes.


    Selain itu, buah pir memiliki indeks glikemik yang rendah. Makanan dengan indeks glikemik yang tinggi akan membuat gula darahmu naik. Rendahnya indeks glikemik buah pir disebabkan oleh tingginya kandungan serat. Satu buah pir mengandung tujuh gram serat, atau setara dengan 20% kebutuhan serat harianmu.


    2. Menjaga Kesehatan Jantung

    Kandungan antioksidan bernama prosianidin dalam buah pir dipercaya mampu menurunkan kadar kolesterol jahat, meningkatkan kolesterol baik, dan mengurangi kekakuan dalam jaringan jantung. Dengan mengonsumsi pir secara rutin, kamu juga bisa mengurangi risiko terjadinya stroke.


    Tahukah kamu bahwa kulit buah pir juga mengandung senyawa antioksidan yang penting dalam tubuh? Yep, bukan hanya daging buah pir saja, namun kulit buah pir juga memiliki kandungan antioksidan yang disebut quercetin. Nah, zat ini mampu menjaga kesehatan jantung dengan mengurangi peradangan dan menurunkan tekanan darah.


    3. Menjaga Kesehatan Kulit

    Manfaat Buah Pir

    (Buah Pir Bantu Menjaga Kesehatan Kulit dan Rambut. Foto: Dok. Nattakorn Maneerat/iStock)

    Menjaga kesehatan kulit dan rambut tak hanya dengan rajin menggunakan skincare dan haircare, namun kamu juga perlu memperhatikan apa yang kamu makan. Untuk melindungi kesehatan kulit dan rambut, kamu bisa mulai rutin mengonsumsi buah pir. Buah pir mengandung vitamin A yang bernutrisi untuk menjaga kulit dan rambut selalu sehat. 


    Menariknya lagi, buah pir juga bisa membantu menjaga kulitmu supaya tetap muda dan mengurangi bintik-bintik penuaan serta kerutan. Oleh karena itu, yuk jadikan buah pir cemilan sehari-hari kamu, agar asupan nutrisi dapat terpenuhi dengan baik.


    (Baca Juga: Bukan Cuma Untuk Diet, Ini Lho Manfaat Buah Plum)


    4. Melancarkan Pencernaan

    Manfaat Buah Pir

    (Buah Pir Atasi Sembelit. Foto: Dok. romrodinka/iStock)

    Manfaat buah pir selanjutnya adalah melancarkan pencernaan. Buah pir memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Inilah yang menyebabkan buah pir mampu melancarkan pencernaan dan mengatasi sembelit. Dengan kamu mengonsumsi satu buah pir, kamu sudah memenuhi 22% kebutuhan serat harianmu.


    Selain itu, buah pir mengandung serat yang disebut pektin. Sebuah penelitian dari Tiongkok telah membuktikan bahwa pektin adalah senyawa yang ampuh meringankan sembelit dan membantu pertumbuhan bakteri baik di usus.


    5. Menjaga Kesehatan Tulang

    Manfaat buah pir yang satu ini mungkin masih belum banyak diketahui banyak orang. Ya, buah pir memiliki vitamin dan mineral yang penting untuk kesehatan tulang yaitu, vitamin K dan boron. Vitamin K menjadi salah satu kandungan yang mampu menjaga kepadatan tulang dan mencegah pengeroposan pada tulangmu.


    Nah, boron membantu menambah kepadatan mineral tulang, menjaga kadar vitamin D dalam tulang, dan meredakan peradangan. Dengan kamu mengonsumsi buah pir secara rutin, dijamin tulang kamu akan menjadi lebih kuat dan padat.


    6. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

    Manfaat Buah Pir

    (Jaga Imunitas Tubuh Dnegan Mengonsumsi Buah Pir. Foto: Dok. Viktoriya Kraynyuk/iStock)

    Vitamin A dan vitamin C dalam buah pir ternyata juga bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh lho. Kaya akan vitamin C dan antioksidan, buah pir bisa memicu produksi sel darah putih yang penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh.


    Kandungan vitamin inilah yang membuat tubuh kamu menjadi lebih kuat dan mampu menangkal berbagai penyakit seperti, flu, sakit perut, dan sebagainya. Selain itu, kedua vitamin ini mampu mencegah kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. 


    (Baca Juga: Yuk Intip 5 Manfaat Buah Cherry Untuk Kecantikan)


    Ragam manfaat buah pir bagi kesehatan ini semoga bisa membuat kamu tertarik untuk mengonsumsi buah pir secara rutin. Sebab, tubuh kamu membutuhkan asupan nutrisi harian yang perlu kamu cukupi. Selamat mencoba!


    (Penulis: Audrey Josephine)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below