8 Cemilan Untuk Penderita Asam Lambung, Apa Saja?


  • 8 Cemilan Untuk Penderita Asam Lambung, Apa Saja?
    (8 Rekomendasi Cemilan Untuk Penderita Asam Lambung. Foto: Dok. RossHelen/iStock)

    Untuk kamu para penderita asam lambung pasti sudah tidak asing lagi dengan rasa terbakar di dada. Bisa terjadi pada anak-anak maupun orang dewasa, gejala yang timbul akibat asam lambung memang sangat mengganggu aktivitas. Untuk itu kamu perlu melakukan pencegahan supaya asam lambungmu tidak naik.

    Salah satu hal yang bisa kamu lakukan untuk mencegah asam lambung adalah dengan mengonsumsi cemilan. Namun, tidak semua makanan bisa kamu jadikan cemilan. Beberapa makanan justru dapat memicu asam lambungmu. Jadi, apa saja cemilan untuk penderita asam lambung? Yuk simak delapan cemilan di bawah ini.


    1. Bubur

    Cemilan Untuk Penderita Asam Lambung

    (Bubur Mudah Dicerna Oleh Lambung. Foto: Dok. yipengge/iStock)

    Penderita asam lambung dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang lunak dan lembut. Pasalnya, makanan yang lunak dapat lebih mudah dicerna oleh lambung, sehingga sistem pencernaan dapat bekerja dengan lebih cepat.

    Salah satu cemilan untuk penderita asam lambung yang aman adalah bubur. Teksturnya yang lunak dapat mencegah dan meringankan rasa sakit di perut. Kamu juga bisa menambahkan telur rebus dan kecap asing supaya lebih nikmat. Hindari menambahkan daging ayam karena sulit untuk dicerna oleh lambung.

    2. Sari Kacang Hijau

    Cemilan Untuk Penderita Asam Lambung

    (Bubur Kacang Hijau Aman Untuk Asam Lambung. Foto: Dok. Teen00000/iStock)

    Cemilan untuk penderita asam lambung selanjutnya adalah sari kacang hijau. Kacang hijau dipercaya mampu memelihara kinerja lambung, khususnya mengatasi asam lambung. Dengan mengonsumsi sari kacang hijau, lapisan-lapisan di lambung akan terbentuk dan mencegah naiknya asam lambung.

    Selain itu, kacang hijau juga mengandung serat bernama pektin. Pektin mampu mempercepat pergerakan makanan saat melewati usus. Makanan yang lebih cepat melewati usus dapat mencegah perut kembung. Biasanya kacang hijau diolah menjadi bubur kacang hijau menggunakan santan. Nah, untuk kamu para penderita asam lambung, gantilah santan dengan susu almon.

    3. Mashed Potato

    Siapa yang tidak tahu mashed potato? Mashed potato biasanya dihidangkan bersama dengan steak. Selain rasanya yang lezat, mashed potato juga bisa dijadikan cemilan untuk penderita asam lambung lho. Pasalnya, kentang bersifat basa dan mampu menteralkan asam lambung.

    Tak hanya itu, kentang juga mengandung karbohidrat yang dapat membuat kamu merasa kenyang dalam waktu yang lama. Oleh karena itu, kamu bisa menjadikan mashed potato sebagai cemilan sehari-hari kamu.


    4. Salad

    Cemilan Untuk Penderita Asam Lambung

    (Salah Sayur-sayuran. Foto: Dok. bhofack2/iStock)

    Tidak hanya bermanfaat untuk kamu yang sedang diet, salad juga bisa kamu jadikan cemilan untuk meredakan asam lambung. Kandungan antioksidan dan nutrisi penting yang ada dalam sayur mampu menurunkan asam lambungmu.

    Tapi kamu perlu cermat dalam memilih sayur-sayuran yang ada dalam salad kamu. Sebab tidak semua sayuran aman untuk asam lambung. Hindari sayuran yang mengandung gas dalam jumlah tinggi seperti kubis, kembang kol dan brokoli, karena justru dapat memperparah asam lambung. 


    5. Yoghurt

    Meskipun memiliki rasa yang sedikit asam, yoghurt bisa kamu jadikan salah satu cemilan untuk penderita asam lambung. Pasalnya, asam lambung disebabkan oleh kerusakan lapisan kerongkongan. Nah, yoghurt bisa melapisi kerongkongan sehingga tidak menyebabkan iritasi pada lapisan kerongkongan.

    Hindari yoghurt yang tinggi lemak karena dapat menyebabkan asam lambung naik. Terlebih lagi, olahan susu yang tinggi lemak ini juga dapat menetap di perut lebih lama dan berisiko memicu asam lambung naik.

    6. Oatmeal

    Cemilan Untuk Penderita Asam Lambung

    (Oatmeal Cemilan Sehat Tinggi Serat. Foto: Dok. zeljkosantrac/iStock)

    Tinggi serat, oatmeal dapat membuat kamu kenyang lebih lama. Oleh karena itu, oatmeal adalah salah satu cemilan untuk penderita asam lambung yang aman. 

    Terlebih lagi, oatmeal bisa menyerap asam dalam lambungmu serta meredakan gejala-gejala yang muncul akibat asam lambung. Jika ingin oatmeal lebih lezat, tambahkan kacang-kacangan dan buah seperti apel atau pisang.

    7. Makanan dan Minuman Fermentasi

    Makanan dengan kandungan probiotik adalah cemilan yang aman dan bermanfaat untuk para penderita asam lambung. Natto, kimchi, dan kombucha, beberapa contoh makanan dan minuman fermentasi yang mengandung bakteri baik yaitu, Lactobacillus bulgaricus dan Lactobacillus acidophilus. Kedua bakteri baik ini mampu mengontrol asam lambung.

    8. Kacang-kacangan

    Cemilan Untuk Penderita Asam Lambung

    (Kacang-kacangan Membuat Kenyang Lebih Lama. Foto: Dok. MEDITERRANEAN)

    Untuk kamu yang suka dengan cemilan yang gurih, kamu bisa memilih kacang-kacangan sebagai cemilanmu. Almon, kenari, pistachio, macadamia, dan mete, adalah jenis kacang-kacangan yang tinggi serat.

    Bukan hanya itu, kamu juga bisa mencoba biji-bijian seperti chia seed dan flaxseed karena aman untuk asam lambung. Sama seperti oatmeal, kacang-kacangan dan biji-bijian bisa membuat kamu kenyang lebih lama. Sehingga cocok banget nih untuk kamu yang mudah lapar.



    Nah, itulah beberapa cemilan untuk penderita asam lambung yang bisa kamu coba ketika asam lambung sedang naik, atau untuk mencegah naiknya asam lambung. Apabila gejala asam lambungmu semakin parah, segera periksakan dirimu ke dokter. Jangan lupa jaga kesehatan, ya!

    (Penulis: Audrey Josephine)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below