7 Makanan yang Baik Dikonsumsi Penderita Asam Lambung


  • 7 Makanan yang Baik Dikonsumsi Penderita Asam Lambung
    Asam lambung salah satu penyakit yang timbul karena telat makan. (Foto:Dok/netdoctor)


    Telat makan dan jadwal makan yang tidak teratur bisa membuat asam lambung naik. Ketika itu terjadi, perut terasa nyeri dan sulit untuk menerima makanan. Akibatnya, tubuh pun terasa lemas dan sulit untuk bergerak.

    Untuk menghindari hal ini terjadi, kamu mesti memperhatikan asupan yang masuk ke dalam tubuh. Pilihlah makanan-makanan yang kaya akan serat dan rendah kandungan asamnya agar mudah dicerna, seperti buah, dan sayuran. 



    Sebagai pertimbangan, berikut makanan-makanan yang baiknya kamu konsumsi:

    (Baca Juga: 5 Cara Atasi Nyeri Akibat Asam Lambung)


    1. Sayuran


    (Ilustrasi sayuran. Foto: Dok/Pexels.com) 


    Mengonsumsi aneka sayuran bisa membantu untuk menurunkan asam lambung yang sedang naik. Bahkan, dengan memilihnya sebagai asupan setiap harinya, dipercaya bisa mengurangi asam lambung. Kamu bisa mengolah kentang, mentimun, asparagus, brokoli, kembang kol dan sayuran lainnya untuk santapan sehari-hari. 


    2. Jahe


    (Ilustrasi jahe. Foto: Dok/Pexels.com) 


    Kandungan anti-inflamasi yang dimiliki Jahe bisa jadi solusi pengobatan alami untuk banyak penyakit. Salahnya adalah masalah pencernaan, seperti mulas dan asam lambung. Kamu bisa meracik akarnya menjadi olahan minuman yang menghangatkan dan bermanfaat bagi tubuh.

    (Baca Juga: 7 Makanan ini Sering Disangka Sehat Tapi Ternyata Tidak)


    3. Oatmeal


    (Konsumsi Oatmeal baik untuk penderita asam lambung.Foto:Dok.Keegan/Pexels)


    Oatmeal kerap kali jadi pilihan untuk makanan di pagi hari. Berasal dari gandum utuh, membuatnya kaya akan serat yang bisa menyerap asam di perut. Selain oatmeal ada pula roti gandum yang juga memiliki serat tinggi. 


    4. Buah-Buahan


    (Ragam buah-buahan untuk redakan asam lambung.Foto:Dok.Pixabay/Pexels)


    Melansir laman Healthline, buah-buahan dipercaya bisa menetralisir asam lambung yang sedang naik. Kandungan asam yang rendah di dalam apel, pisang, melon dan pir, bisa meredakan gejala maag yang mengganggu.


    5. Makanan Rendah Lemak


    (Makanan yang rendah lemak bisa menetralkan asam lambung.Foto:Dok.OWPicture/Pexels)


    Saat kamu menderita asam lambung, Anda tetap bisa mengonsumsi berbagai daging, seperti ayam, ikan dan aneka makanan laut yang rendah akan lemak. Bahkan mereka bisa menyembuhkan dan meringankan risiko asam lambung. Kamu bisa mengolahnya dengan dibakar, dipanggang ataupun direbus agar lebih sehat di tubuh.

    (Baca Juga: 7 Rekomendasi Makanan Sahur Bagi Penderita Maag)


    6. Putih Telur 


    (Putih telur bisa jadi pilihan asupan yang baik bagi penderita putih telur.Foto:Dok.Pixabay/Pexels)


    Putih telur memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Sehingga para penderita sakit maag bisa mengonsumsinya untuk meredakan asam lambung yang naik. Hindari bagian kuning telur, karena ia memiliki lemak yang tinggi dan bisa memicu gejala refluks.


    7. Lemak Nabati

    (Ilustrasi lemak nabati. Foto: Dok/Pexels.com)


    Konsumsi lemak sehat bisa jadi makanan sehat untuk penderita asam lambung. Minyak zaitun, minym wijen dan kenari bisa jadi asupan sehat yang juga dipercaya bisa menyembuhkan penyakit maag.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below